Monday, 31 December 2012

TIADA AIR MATA

Tangga rasa menembus langit
Dalam kilat badai hujan
sayap gelepar bertahan naik
menuju tujuan pasti

Ketika tabir tersingkap
Terpancar sinar rahmah
Bintang berguguran
Langit bagaikan runtuh

Rahasia berkibar meliputi
Diri berselimutkan bahagia
tiada air mata...

                                      HAMSA,Jakarta 30 Januari '98

Tak Suka Keramaian




Saya tidak suka keramaian dan hingar bingar
Apalagi macet,dan liat sampah....!                                                
Maka tak pernah tertarik dengan acara "Tahun Baru"

Tapi.......
Kalau liat kembang api dipekatnya malam..?
Waaaw..!!   love it !!......:)

Sunday, 30 December 2012

Tausiah Pagi Ini




Pesan Tausiah pagi ini :

Allah menurunkan ampunannya pada  3 tidur :

1. Dalam tidur sehari-hari
2. Dalam keadaan sakit
3. Dalam keadaan wafat.

Allah mengizinkan ruh untuk bertemu dengan ruh lainnya di alam Barzah...
Bila kita bermimpi kedatangan orang yang sudah meninggal,dia berpakaian putih atau wajah ceria,itu pertanda Allah mengampuni segala dosanya.
KemurahanNya lah yang mampu mengabarkan keadaan ruh kepada keluarganya...

R I N D U RIFKY


Foto: Adakah disana kau rindu padaku meski kita kini ada di dunia berbedaa..bila masih mungkin waktu kuputar..kan kutunggu dirimuu....biarlah kusimpan sampai nanti aku.. Kan ada disanaa...tenanglah dirimu dalam kedamaian.. Ingatlah cintakuu..kau tak terlihat lagii..namun cintamu abadiii..:'( ..:'(




Rifky.......
menulis aksara namamu saja ,sdh membuat air mata bunda mengalir.....
Maafkan bunda ,sayang........
belum sanggup melihat pusaramu sejak kepergiannmu
Membuka kain penutup wajahmu waktu itu saja Bunda tidak sanggup

Semoga kau mengerti nak...
Bunda hanya ingin membungkus dan menyimpan gambarmu
seperti terkhir kita bertemu saja.

Bunda menyesal.....!! mengapa tidak menyuruhmu membuka helm malam itu !
Supaya sempurna Bunda memandang wajah kanakmu..

Bunda menyesal....
Mengapa menolak ajakanmu untuk mengantar pulang
Sebab Bunda takut,angin akan menambah sakitmu

Bunda menyesal....
mengulur-ulur waktu untuk masak makanan apa saja yg kamu suka.
Bahkan yg paling sedih...bunda malah pulang
disaat kamu pesan martabak .

Pakaian yang kamu kenakan dlm mimpi,bagus betul,sayang......
Warna putih,dengan bordir emas...di leher dan dada
Walaupun tak ada kata yg kau ucap
tapi...senyum ceriamu mewakili
kau ada ditempat yg indah.........

Kau memang ponakan Bunda yg teristimewa nak...
Walau sibuk di dunia seni yang gemerlap
dan selalu dalam pujian karna ketampananmu
Tapi ....kau tetap penyayang..
Tetangga,kerabat dan sahabat semua menikmati cintamu.
mengenangmu selalu dari kebaikan,sedekah dan permintaan maafmu yg berulang
di setiap pertemuan.

Rifky tau ??
Pembantu tetangga kita,masih saja terkenang
waktu kamu goreng risol utnuk mereka dan menikmatinya bersama.
dia masih saja belum parcaya,dan bilang......

"Kok om ganteng  meninggal ya....."??























T A X I

Taxi yang saya tumpangi tampilannya tidak umum seperti taxi lain di Jakarta.
Keingin tahuan saya bikin sopir jadi bercerita panjang.
Dia bilang,sebetulnya trayek taxi nya hanya untuk daerah Kerawang. Tapi pada hari tertentu di setiap bulan dia melayani 1 orang pasien cuci darah RSCM.

"Alhamdulillah bu,tiap saya nganter,disana ada lagi langganan laen yang nunggu ! penumpang itu cuci darah jg,tapi udah kelar ,minta di anter pulang. Kan lumayan tuh.....sambil nunggu yang satu di cuci.
Seumpanya saya balik belom kelar, biasa deh tuh.....! pasien2 yg baru dateng pada minta tolong  beliin nasi .  Udah sering nemu,jadi saya ngerti dah ,kedemenan nya apa aja....tapi kudu nasi padang !

"Kesian tapi lucu bu kalo ngeliat. Bayangin aja ! sebulan penuh makanannya adeeem aja !  naaah .....!! giliran begitu, langsung deh...puas2in  makanan yang di pantang ! Napsuuu banget makannya ! udah gitu abis makan nasi,pada makan kueh,gorengan ,cemilan,macem2 deh... ! segitu doang bu !! sehari doang senengnya ! Keluar dari ruang cuci ,yaa mantang lagi !!

"Langganan saya mah...udah g begitu napsu makannya,kesian bu........badan lemes,kurus tapi perut gendut.Padahal  umur nya masih muda,18 taon !! Saya kagak tega ngeliatnya ! Dia minta saya anter ke Bogor sini,karna kangen sama neneknya." Saya curiga bu,kayaknyaaaa g lama lagi tuh !!

Akh....18 tahun !!
Saya,suami saya,dan 3 anak saya sudah melewatinya,tanpa ada penyakit serius. Tidak pernah berpantang dalam makanan !! tidak pernah melakukan perjalanan jauh agar bisa bertahan hidup 1 bulan.Tidak pernah berlangganan Taxi ! Bisa nikmati makanan Padang kapaaaaan saja !!....
Cerita sopir taxi mebuat saya malu  !!......Apapun ibadah yang kami lakukan ,tetap saja masih jauh dari rasa Syukur yang seharusnya.............ampuuun !!!

Sopir masih cerita banyak. Tentang istrinya yang sudah 3 tahun hatinya kecantol laki2 lain dan pergi meninggalkan dia dengan 3 anak usia SD. Urusan pelajaran sekolah sampai cuci pakaian dia sendiri yg mengurusi sebelum kerja cari setoran,dan tentang anak2nya yang sering kangen sama ibunya.

Saya...tidak menangkap semua cerita....krn hati saya sibuk dg tanya...."dengan apa saya wujudkan rasa syukur saya yang kurang dan tertinggal.................."???

Bersyukur tidak pernah bisa sempurna ,walaupun kita ingin. Nikmat Allah selalu mendahului rasa syukur,tak pernah terkejarr !! beriringanpun tidak !! Punya ide untuk bersyukur ??,itu suatu nikmatNya,krn tdk semua hati bisa.

Ada saat Allah mengilhami kita untuk mencoba bersyukur.
Lalu kita bilang :  "Hari ini saya tidak mau melakukan apapun...tak mau bertemu dengan siapapun....! saya hanya mau menyediakan waktu untuk bersyukurr .ituuuuu saja,lain tidak !!!

Tak disadari........ otak yg menerima ilham,waktu yg dimiliki,proses keinginan sampai terucap,bibir,hati dan suara,itu semua fasilitas Allah.
Si empunya bibirpun dalam keadaan nyaman,keamanan dan makanan yang sudah dijamin.
Jadi........kenikmatan itu tak bisa dihitung dan selalu mendahului. Syukur adalah sebaliknya.....Wallhu a'lam.

Saturday, 29 December 2012

MIMPIKU

Seorang kakek berbaju putih
jenggot panjang,putih pula.
Mengajakku terbang ,berkeliling.

Tanpa sepatah kata pun!
Terus menuntunku.
Jauh di bawah..
lautan,danau, cemerlang seperti kaca hijau,biru.
Pucuk2 pohon pinus di atas hamparan indah rerumputan

Menyusul  .... Terdengar  gemuruh. Alam bertasbih dari semua penjuru.
Mereka berzikir !!
Menembus cakrawala. Langit menyambutnya  dengan gelegar zikir

Angin semakin keras
Badanku dingin....
Si kakek membawaku turun disaat aku masih terkesima..

Aku terbangun..!
Dingin itu masih tersisa.
Samar...
Tapi terlihat
Si kakek berlalu menutup pintu.

*Takut, tapi ingin mengulang!



Rindu




Hhmm....
Rindu...
titik hujan di kaca
daun perlahan jatuh
tersapu  air....

Kebunku  basah...  
gemericik air
menambah rasa indah bergetar

Mahal rasa keindahan
tergantung bawaan diri
Memerlukan kesiapan rasa.

HAUS PUJIAN

Berlomba-lomba merebut pujian.
Benci bila dihina

Padahal Puji dan hina adalah ujian
Bagi yang bijaksana
Dipuji tidak menambah apa-apa
Dihinapun tidak mengurangi apa-apa
.......................


Friday, 28 December 2012

BATU KAPAL

Ale dong mau ke saparua ?
Hasa-hasa pante lia kiri kanan
Laut Banda Luas deng dalam

Kalau su dekat Haruku
Ada batu kapal game-game
Su lama badiri disana...

Batu kapal anyo-anyo..
Persis Nusa Laut anyo-anyo

Jangan lupa bawa oleh-oleh
Par basudara deng kawan-kawan.

Ati-ati deng Batu Kapal
Jang sampe dia marah
Nanti laut Banda iko-iko
Omba-omba hantam kamorang

Pulang jang asik Laipose
Nanti tar bisa bale ke Jakarta.

                                                            HAMSA,2004

Di Pondok Nasi Goreng





#kids by desiree





Kemarin malam saat turun hujan. Saya ada di Pondok Penjual Nasi goreng.
Sambil menunggu pesanan masak,saya coba sapa anak laki-laki penjual nasi yg umurnya 3 tahun-an.
Dia cuma menatap saya dengan dingin,lalu palingkan muka !  , sedikitpun tak mau menjawab pertanyaan saya. bahkan kasih mata galak dan menjauhi saya.


Ibu nya nampak hafal dg  kebiasaan anaknya dalam menerima pelanggan.Tapi si ibu cuma menegur tanpa menoleh,sementara tangannya asik meracik bumbu.

Untuk menarik perhatiannya,saya pura2  asik sendiri memainkan tissue,lama-lama dia mendekat,tapi saya berlagak tidak melihat.
Lalu saya membuat gerakan seperti pesulap.Tissue hilang dan muncul lagi.
Dari ekor mata,terlihat wajahnya terperangah takjub !!. Mulutnya sampai terbuka sedikit.
Wahhh ....!!! berhasil !! Saya paling senang kalau bisa menundukan anak yang galak atau judes.

Hahahaha........Badannya makin mendekat...mendekat...,lama-lama tangannya sudah bertumpu di pangkuan saya.harum minyak kayu putih tercium jelas.saya senang menikmati kedekatannya .

Nasi goreng sdh selesai dibuat, saya ingin cepat2 pulang menikmati nasi goreng panas di malam dingin itu...
Tapi tiba-tiba anak tersebut menarik baju saya.ditutupnya jalan keluar dengan badannya yang mungil.
Dia melarang saya pulang !! mukanya nampak kesal tapi sedih. Sekuat tenaga sambil menahan nafas dia mendorong badan saya untuk  duduk kembali.
Sementara sang  ibu masih sibuk masak, suara sodet berisik bersaing dg suara kompor gas yg keras.

Ini anak usahanya gigih betul ! saya bujuk sambil tertawa krn liat wajahnya yg cemberut dan nafas cepat.Sedikitpun dia tidak mau mendengar permohonan saya ,malah duduk dilantai  memeluk kedua kaki saya  erat2.
Akhirnya sang ibu meraihnya sambil sedikit memarahi,dan keluarlah tangisan kerasnya ...

Duuh...kasihan...saya menyesal...!!!


LIANG LAHAT

Menggali kubur
Mengatur kifayah di liang lahat
Membariskan papan hari
Menutup merapikan kubur
Sudah tugas hariannya

Mengapa melamun Udin ??
Sepi hari ini...!
Belum ada yang meninggal

Pada hari yang lain
Gembira anak-anak menyambut udin
Banyak buah2an dan bawaan
Ditenteng kanan dan kiri
Banyak yang meninggal Pak ?
Benar Nak !...

Adzan berkumandang dari Mesjid
Udin diam saja
Anak-anak ikut diam
Mereka tidak bersama sholat.

PUPUS SEMUA KATA





Sheikh Zayed Mosque, Abu Dhabi by charmaine






Aku sudah banyak berkata....
Kini tinggal bagiku hanya
kata Allah dan Rasul

                                                                                                     
Pupus sudah semua kata
Milikku terakhir
Tiada satupun selain allah

Yaa Rabb....
Yaa Ilahi....
Ampuni aku.....

                                                HAMSA,jakarta 1681998.

AKU


Science and nature by annette

Akulah embun
Laut luaspun aku
Diriku samudra lepas..!!

Padaku alam berkaca
Pada alam aku juga berkaca
Kami sama tersenyum bahagia

Sejak lama aku termenung
mencari jejak rahasia diri..
kemana-mana gelap dan buntu !!

Kini datang petunjuk
memahami jejak rahasia alam
ternyata diriku alam juga !!

Padaku alam berkaca
Pada alam aku berkaca pula
kami sama tersenyum bahagia

ternyata diriku alam saghir....
Alam diluar diriku alam Kabiir....
Kami bersama dari "Kun Fayakun "


                                                      HAMSA,Jakarta 2002








PUISI BAPAK KU

Otty.....
Tolong bacakan Puisi Bapak ! ini bapak buat tgl 4 Juli 2002 di Jakarta.


Mulailah saya membaca :

.........................................
Semalam dia itu embun
Turun perlahan bergayutan
menghias mawar bertambah indah

Mentari pagi
Berkaca didalam embun
Embun bercahaya seperti intan

Angin pagi berhembus
Ranting mawar bergoyang
Embun jatuh kedalam got
Aaaaaakh.....kotor,dan bau !

Lihat halimun selendang gunung
Awan berarak menghias lazuardi
Surya bersinar menghangati bumi
Got menguap bertukar rupa
                                                         

                                                          HAMSA  Jakarta 4 juli 2002.


-Saya masih awam waktu itu dan saya lebih suka puisi2nya Taufiq Ismail,sederhana,mudah dicerna !
Tapi Bapak cuma senyum memandang saya yang berusaha menangkap makna.

-Nak,itu maknanya :
"Jangan menghina sesama !! Mulia dan hina itu silih berganti !
Suatu saat akan tiba,mungkin yang dihina akan lebih mulia dari siapa yang suka menghina !




Gunung Salak






Hari ini Gunung Salak tampil genit
Cantik sekali !!
Lekat pandanganku,terkesima...!!
Alur2 lerengnya nampak jelas !
Pohon2  seperti brocoli,dan...
Ada garis panjang warna putih,diantara rimbunan hijau tua
Hhmmmm.... Sungai ?? atau air terjun ??
Akh sudahlah........
Masih banyak yg harus kunikmati
Gunung Gede dlm pelukan lapisan bukit.
Gradasi warna yang menyejukkan
Biru tua pekat,biru sedang ,dan biru muda,sampai abu-abu.........

DI TEGUR BAPAK


Kalau bapak saya bicara,suaranya lembut
kata-katanya teratur,tertib,teliti,dan halus.
Bukan karna beliau mantan penyanyi ambon waktu zaman Jepang.
Tapi karna menyukai hal2 yg serba indah dan teratur.
Pernah saya dimarahi karna menggunakan kata2 ;  "Anu lho Paak !" atau  "Hmmm...apa tuh namanya?
dan ada beberapa kallimat yg sdh saya lupa.
Wahh !! wajahnya langsung berubah,dan tegas bilang :
"Nak...!! Kamu kalau bicara dengan orang,jangan bikin orang lain susah berfikir menangkap maksud kamu !"......Hadeeehhhh !!! sejak hari naas itu,saya lebih berhati-hati lagi dalam menyusun kata.

Tapi,pengalaman itu membuat saya sadar,dan mau berusaha utk tidak menyusahkan orang,walaupun dari kata2 !!   Saya pelajari bagaimana Rasulullah berinteraksi dengan lawan bicara.Diiringi sikap sopan,beliau sangat  pandai dan teliti memilih kata dlm percakapan.
Menurut baginda Rasul, CARA BICARA  MENUNJUKAN AKHLAK SESEORANG,SEDANGAKAN AKHLAQ SESEORANG MENUNJUKKAN  TAQWA SESEORANG.Kalau kata Aa Gym,teko itu akan mengeluarkan apa yg didalamnya.

Dalam berbicara Rasulullah amat fokus. Beliau tidak suka bila dipotong pembicaraannya. Bila ada pesan penting,beliau mengulangnya 3x agar mudah diingat oleh lawan bicara.Selalu benar dan tak mau berdusta walaupun dalam canda.

Kita masih kurang memperhatikan kata2 yg keluar dari lisan kita. Berbicara hrs meninggalkan kesan dan pesan yg baik.Mudah ditangkap dan mudah difahami. Kata2 bisa membimbing kita ke syurga atau menjerumuskan kita ke neraka.Yuk...kita belajar dan berlatih ! :)







Thursday, 27 December 2012

BAPAK KU

Begitulah Bapak.Dari dulu tidak berubah.
Kalau aku datang,beliau yang menentukan di kursi mana aku harus duduk.
agar enak jalannya pembicaraan diantara kami.
Setelah menanyakan cucu-cucu,keluarlah buku kumpulan puisinya.
dan...pasti !! seperti yg sudah2,
aku harus membacanya dg alunan yg pas !!
persis seperti bacaanku dulu sebelum berumah tangga.

Aku membaca saja.....
Dari sekian puisi hanya sedikit yang mudah ku fahami.
Sering aku terhanyut dalam paparan keindahan ungkapannya
tentang kerinduannya pada Ambon Manisee...

Bila ada yang tidak ku mengerti
Muncul suka cita di wajahnya ! dengan semangat beliau menerangkan
terkadang keluar air matanya,dan nafas tersekat.
sudah kuhafal,pasti ada jeda....

Sejenak pandangannya menerawang
berusaha pelan2 menjelaskan tentang suatu makna
dengan suaranya yg agak bindeng krn tangis
Ungkapan cintanya pada Allah dan alam
membuatku terbawa arus....

Akhirnya....
Aku dan Bapak sama-sama berenang di laut cintanya Allah




BISIKAN NURANI


Lepaskan dirimu dari jahanam
Mulai dengan sebutir kurma

Jika sebutirpun tak kau miliki
gantilah dengan sebuah kata yang indah
Berbicaralah dengan bahasa bunga

Pelihara lidah
karna bisa membuat nesatapa
bahkan darah bersimbah......

HAMSA

TAMAN HATI


In the Garden by butterflydances



Kalau hatimu taman
Luaskan tanpa ukuran

Jika juta bunga mekar
semerbak mewangi
anda dalam bahagia

Dimanapun engkau berada
Sebarkan rasa berbunga-bunga

Berkatalah dengan bunga
Prilakupun membunga
juta rasa berhias bunga
Ini percakapan anak saya dengan teman2 nya mengenai Ibu:

- Gue heran lho....! kalo cari baju di lemari atau cari apapun selaluuu  g ketemu.
  Giliran emak gw yg cari,pasti ketemu !! padahal tadi gw udah nyari kesitu !

- Ya tuh...gw jg heran, kalo mau pergi dengan bawaan banyak,bisaaa aja emak gw  ngakalin tas.
Dengan berbagai cara dia usaha masukin semua barang.Kita semua yakin kagak muat ! eeeh taunya bisa !

MERBOT

Ruang kajian Majelis ta'lim Alghifari-IPB bersih dan tertata dengan baik.Ruang yg mampu diisi oleh 150 orang itu rutin dirawat oleh Pak Adi.
Pihak masjid memberinya kamar ukuran kecil berbagi dengan ruang perpustakaan yang cuma terpisah tripleks dengan ruang kajian.
Ibu2 ta'lim baru bicara dengannya jika minta bantuan,atau menyuruhnya makan saat perayaan hari besar Islam.

Sudah beberapa kali pengajian tapi saya tidak melihat beliau. Biasanya duduk didepan pintu kaca menuju toilet.Karna ada amanat infaq utk beliau,terpaksalah saya mencari ke biliknya. 
Dia sambut salam saya dengan lemah,badannya terbaring lemas . Entah penyakit apa yg menyerang,mengakibatkan kakinya tiba-tiba tak mampu berjalan.

Amat sedih melihat keadaanya,teringat kembali ceritanya pd saya ,saat saya bertanya,mengapa beliau tak pernah mudik saat menjelang hari Ied ? 

Sejak kecil dia tidak pernah tau siapa orang tuanya,tak tersisa sedikitpun gambaran wajah mereka.
Hidupnya berpindah-pindah tangan dari orang yg mengasihaninya.
Begitu usia SD,mereka melepasnya.Sejak itulah dia bekerja sebagai tukang bersih Masjid sampai kini diusia 60-an. Jangankan nama saudara ataupun kerabatnya,nama kampungnya saja tidak tau.

Dia masih terlalu kecil saat bermain-main di gerbong kereta.Kenikamatannya bermain berubah menjadi tangis saat kereta bergerak meninggalkan stasiun. Teriakannya tak tertangkap oleh masinis yg jauh didepan sana. perasaannya diliputi  sedih, takut dan tidak berdaya saat melihat kampungnya lama-lama mengecil teritnggal jauh ..... Perut lapar membuat  tangisannya melemah dan akhirnya tertidur. 
Tak banyak lagi yg dia ingat,selain tatapan kasihan dari orang2 yang mengerubunginya disuatu tempat.

Dalam sakitnya kini,mahasiswa pengurus masjid rajin bergantian mengurus.
Walau tenaganya tak bisa diharapkan lagi, tapi dia tak pernah terbuang. Saya terharu memandang mahasiswa berjaket almamater mengantarkan makanan siangnya dan merapihkan tempat tidurnya.Hari lain 2 orang memapahnya ke kamar mandi. Dan itu dilakoni berbulan-bulan.

Alhamdulillah.....Pak Adi sdh dapat sumbangan kursi roda dari Pak Rektor..wajahnya cerah walau kaki lemah.
Dia tetap bersyukur dan tidak mau mengasihani diri sendiri.Dia bangga Allah mengizinkan dia mengurus "Rumah Nya" sepanjang usia sehat.
Cinta Allah selalu jelas terlihat di matanya lewat tangan-tangan mahasiswa.
Dia pasrah bila kedepan berbeda cerita........baginya bisa mensyukuri saja sdh suatu kenikmatan.

Kamar pak Adi dan ruang kajian hanya dipisahkan tripleks ! tipis....amat tipis....!
Tapi ilmu kajian yang sering terdengar hanya sedikit  meraih hati jemaah dan membimbing langkahnya menuju Pak Adi....mungkin karna sumbangan dirasa sudah cukup.....Wallahu a'lam....





Main Kata

Permainan kata membutakan hati
Cuma hampa yang terbungkus kemilau
Keindahannya hanya menipu
Menghibur sesaat
Lalu........sirna tanpa makna
untu apa ???

Puaskah?
Mengais-ngais masa lalu
yang mestinya telah terkubur.

Mengapa harus terhibur dg kesedihan?
Padahal nikmat dari sang Khalik
datang lebih cepat dari kedipan mata
tak pernah putus....

Aku ingin kembali !
ke dlm hening yang bening
agar ku dengar detak jantungku sendiri
sambil berusaha menangkap cahaya hati
yang lepas dari genggaman

Disini bising....!!!

Tuesday, 25 December 2012

Bersama Adik

Adikku.....
Memang pedih penyebab pertemuan ini
Terlalu banyak air mata dan penyesalan yg susul menyusul
bahkan....harus ada yg hilang diantara kita
Tapi malam ini...setelah 6 tahun
Kita nikmati lagi kebersamaan...
Canda dan kehangatan kita mengalir ....
pecah dlm gelak tawa

(mdh2n tetangga tdk terganggu...)

Monday, 24 December 2012

Laki-Laki

Kagum,dg mahluk tuhan yg satu ini...
Tidak banyak bicara
Tapi dari tangannya bisa muncul kota gemerlap
Dunia khayalnya bikin perempuan terbuai
jadi rakus , ingin menelan bumi 

Kata dan  fikirnya sederhana
Tidak perlu repot menebak
Mengalir,apa adanya...

Sesekali biarkan
dia kembali ke dunia rahasianya
Krn kehidupannya keras,sesak dan melelahkan.

Lalu hibur telinga dan perutnya
maka akan kau dapati
dia menjelma menjadi balita
yang menggemaskan dan teramat manis
Manjanya membuat perempuan semakin merasa perempuan.








Wednesday, 19 December 2012

SAHABATKU

Sholat dan zikir sdh usai
Tapi masih saja dia duduk diatas sajadahnya yg bersih
wajahnya tertunduk dan bibir tertutup
Saya tdk tau, apa yg ia bisikkan pd Allah
Seakan asik berahasia dg Khaliqnya

Lalu.....
Tangannya menggenggam Quran dg hati2
seperti memegang mahkota yg amat berharga
lafaz2 di lantunkan lembut,quran msh tertutup
seperti matanya..
Ia setoran hafalan kepada Pemilik Ayat.
Tenang,sopan,dan teliti menyambung ayat demi ayat,
seolah  Maha Guru itu ada dihadapannya.

Sikapnya nasehat !
Saya Cemburu.....!

















???

Apa yg dirasa Rasulullah ?
Saat menyaksikan ruh paman yg dikasihinya
terlepas dari raga,tanpa menyebut asma Allah??

Apa yg dirasa Nabi Ibrahim?
Saat ia mendoakan ayah tercintanya
namun tertolak ??


Garis hukum dan ketentuan Allah amatlah tegas
Rahasia taqdir tak teraih oleh akal
Itukah sebabnya Nabi Musa tdk lulus
saat berguru pd Nabi Khaidir ??

Ayat-ayat Allah jg ujian 
Apakah sang hamba menerima total,setengah2,atau lari darinya  ??
Apapun reaksi hamba,ayat itu tetap suci dan agung

Poligami,waris,nasab, masih saja di cibirkan
Padahal umur dan pandangan terbatas
Sementara kehendak Allah adalah samudra luas
mendekatpun tak mampu,apalagi menyelaminya ???




Wednesday, 21 November 2012

MENINGGALKAN KALIMAT ISLAMI

Sering saya dengar kata-kata seperti :

"Indah pada waktunya"
"Rencana Allah selalu indah"
"Dia sudah ada di syurga"
"Dan malaikat itu bernama(....)"
 "Oh my god.....!"
"God bless you..!"


Dan itu keluar dari mulut seorang saudaraku seiman (muslim).Bagaimana mungkin ??
Padahal kita punya junjungan dan panutan yang sama.Yang mengajarkan bahwa Allah sudah menyiapkan kalimat yang baik untuk segala keadaan.Jika mencintai Allah pasti lebih suka segala sesuatu yang dipilihkan Allah untuknya.Dan pilihan Allah selalu tepat dan terbaik.

Indah pada waktu nya,dan Rencana Allah selalu Indah:

Adalah isi ayat injil  (3: 1-15) .Pengkhotbah 3 (pengkhotbah 3/PKH/Ecclesiatess 3) yang paling banyak digunakan pada injil saat ini.

Dia sudah ada di syurga:

Tak sedikit muslim yang percaya bahwa orang2 yg telah wafat sudah tenang di alamnya,bahkan sudah menempati syurga,berpatokan pada istilah RIP  (Rest in Place) yang tertera di setiap makam kaum Nasrani.

Padahal dalam ajaran Islam, semuanya berada di alam alam Barzakh (Boarding Room).Mereka menunggu di ruang penantian sampai Hari Qiyamat dan Hari Hisab yang jarak waktunya tidak pernah kita ketahui. Syurga dibuka setelah manusia bangkit dari kubur2nya,dikumpulkan,diberi kitab amal,ditimbang amalnya,dan setelah melewati Shirot.Itupun harus antri dari sekian milyar manusia,generasi sebelum dan sesudah kita.

Syukur,bagi yg sudah banyak menanam deposito jariah selama di bumi,dia bisa tenang menunggu sambil terus menerima transfer-an doa dari anak2 shalehnya atau dari orang2 yang pernah menerima kebaikannya.
Berbahagia juga mereka yang pernah membangun MLM di bumi.Ilmu dan hartanya bermanfaat dan terus beranak.

Tapi bagi yang perampas haq orang lain dan  meremehkan aturan Allah,tentu terlalu berani bila kita mengatakan mereka beristirahat,malah ada masalah baru yang lebih besar dan lebih dahsyat.Bukankah jelas dari kisah-kisah Rasulullah bahwa siksa Kubur itu ada ???

Rencana Allah selalu Indah:
Dalam Islam dikenal dengan "Qadarullah" atau Ketetapan Allah,kita wajib meng-imani "Qadar baik dan buruk".Setiap manusia punya takdir buruknya masing2.Bisa diawal,ditengah,atau diakhir perjalanan kehidupan.Namun masalah  taqdir ada ilmunya tersendiri.Mempertanyakan dan Membicarakannya harus pada orang yang tepat.

Sikap kepada Malaikat:

Mengimaninya adalah bagian dari rukun Iman.Nama-namanya sudah tercantum dalam Al-quran.Penciptanyalah yang berhak dan lebih tau tentang mereka.Kita hanya patut menghormatinya dan tidak pantas memberi mereka nama sesuai dengan keinginan /nafsu kita.

OMG dan GBU.

Kalimat2 thoyibbah seperti hadiah buat Muslim. Diibaratkan seorang kekasih memberi tahu pasangannya,panggilan apa yang paling di sukainya,senang bukan ??
Kita seperti di beri kesempatan dan diberi kemudahan untuk menyampaikan risa cinta dan rindu kita pada Khaliq kita.Itu tidak ditemui pada kitab2 suci lain.....!!
Subhanallah,Alhamdulillah,Allahu Akbar....! Adalah merupakan pujian yang seharusnya selalu membasahi bibir-bibir muslim..

God bless you,adalah  "Yarhamukallahu" (semoga Allah merahmatimu..),banyak lagi ucapan2 mengandung doa yang telah Rasulullah ajarkan.

Seorang sahabat saya di San Francisco-USA mengatakan,ada moment paling  menyenangkan disana,saat bertemu dengan wanita2 muslim berkerudung,dari berbagai macam warna kulit saling menebarkan salam dan  kalimat thoyibah dimanapun mereka bertemu,tanpa ragu,percaya diri,dan penuh kasih sayang.....
Mengapa harus malu dan asing dalam menggunakan ucapan2 islami ? Sementara teman2/org2 non muslim di sekitar kita ada yg dengan mudahnya meminjam kata2 Insya Allah...Alhamdulillah...Ya Allah...dll.

.








Sunday, 18 November 2012

Terjemahan shalawat Tarhim

Semoga shalawat dan salam tercurah kepadamu
Duhai pemimpin para pejuang.....
Ya Rasulullah....semoga shalawat dan salam tercurah kepadamu

Duhai penolong petunjuk Ilahi...
Duhai mahluk Allah yang terbaik...
Semoga shalawat dan salam tercurah kepadamu

Duhia penolong kebenaran,yaa Utusan Allah
Semoga shalawat dan salam tercurah kepadamu

Wahai yang memperjalankanmu di malam hari,
Dialah yang maha melindungi
Engkau memperolah karunia saat semua manusia tertidur
Semua penghuni langit sholat di belakangmu
Dan engkau menjadi imam mereka

Karena kemuliaanmu, engkau di berangkatkan ke Sidratul Muntaha
Disana engkau mendengar suara  "Salam atasmu"...
Duhai yang paling mulia akhlaknya...

Yaa Rasulullah...
Semoga shalawat dan salam tercurah kepadamu
Kepada keluargamu dan sahabatmu

Friday, 16 November 2012

Ingin Kenal Allah




Tiap menjelang subuh,  lantunan shalawat tarhim sayup2 datang dan pergi
terbawa alur angin, diselingi gemerisik pohon bambu tak jauh dari rumah gerdek ku
Mata ini kerap terjaga pada saat yang pas.
Tak kenal bahasa.....tak kenal arti.....tak kenal si empunya suara..
Yang ada hanya rasa sedih yang menyayat
Seolah takut akan sesuatu tapi merindukannya.

Waktu Ibu bercerita tentang Tuhan
Aku melukisnya dalam alam fikir kanak-kanak
Dan jadilah teman mengisi malam saat mata sulit terpejam
Aku ingin kenal dengan Allah-ku,tapi bagaimana ?

Ada gambar ka'bah di dinding gerdek kamar
beberapa orang berjubah ,duduk melingkar menatap bangunan berjubah hitam
Mungkinkah Allah-ku ada didalam nya?


Bapak dan Ibu tidak tau...
Di larut malam kuhitung dosa siang hari tadi.
karna kata ibu,Allah akan marah.
Mereka juga tak tau, pernah aku  ketakutan melihat bayangan di kelambu
Sosok hitam pendek, kepala berbentuk lonjong.
dengan gemetar dan polos kubaca surat al-akhlas,satu2nya surat yg ku suka dan kuhafal.
lalu...bayangan itu menghilang.
Sungguh pengalaman pertama kali kusaksikan efek dari 1 doa

Bila shalawat tahrim menggema,
Kesejukannya memupuskan ketakutanku
Sesejuk gemericik air wudlu Babeh Kasum tetanggaku.












Thursday, 15 November 2012

HAMBA YG PANDAI MEMILIH



"Pergaulan yang berlebihan ,bukan dalam rangka memperoleh manfaat atau ilmu,atau saling tolong menolong dalam kebaikan adalah sia-sia...Seperti  penyakit kronis yang membawa banyak kejelekan.
Pergaulan seperti ini banyak menyia-nyiakan nikmat dan banyak pula menimbulkan permusuhan.Akhirnya rugi dunia akhirat."  (Ibnul Qayyim,Jus 1 Kitab: Madarijus Salikin)

Dengan jatah umur yg misteri dan jatah waktu yg tidak pernah lebih dari 24 jam,seorang hamba di ajarkan oleh Maha dari segala Guru,untuk pandai menggunakan kesempatan dg memperbanyak amal dan manfaat  disetiap helaan nafas,lihai  mencari keuntungan dari waktunya,dan berani dalam menyingkap kebenaran kepada orang-orang disekelilingnya (QS: Al-Ashr).Untuk mewujudkannya,tentulah kita harus kenal golongan2 dalam pergaulan.




Bergaul dengan Golongan  Obat :
Dibutuhkan pada saat sakit.Bergaul dg mereka hanya dalam perkara-perkara kehidupan,kerja sama,saling tukar pendapat.Seperti dokter,rekan kerja,dll

Bergaul dengan GolonganVirus:
Bergaul dengan mereka membuat kita sakit. Yg lebih merugikan apabila  kita telah tertular penyakitnya tanpa terasa.Orang ini punya ciri bebal dan bodoh.Kata2nya sia-sia tanpa faedah dan tidak baik.Selalu saja mengambil manfaat darimu.Ia tidak tau kadar dirinya.Bahkan apabila ia berbicara,maka pembicaraannya seperti tongkat yang jatuh diatas hati kaum muslimin.Sementara dia sendiri mengagumi dan berbahagia dengan perkataannya.

Bergaul dengan Golongan Racun :
Mereka membuat kita binasa laksana meminum racun.Bila kita mempunyai obat penawar racun (taqwa) maka selamatlah kita ! Bila tidak maka cepat2lah menjauhinya dengan cara yg baik.
Mereka menghalangi kita dari berbuat baik dan dari jalan Allah.
Menjadikan Mungkar sebagai Ma'ruf dan jadikan Ma'ruf sebagai Mungkar.Bermaksiat dengan terang-terangan dan gemar menghina orang-orang shalih.

Bertindak tegaslah pada mereka demi ridlo Allah dan RasulNya.Meskipun mereka marah,jangan pedulikan kata2/cemooh/celaan mereka terhadapmu,hanya karena engkau teguh dalam menjada waktumu dengan baik.Jangan mencari muka di depan mereka (dengan berpura-pura mencari kerelaan hati mereka).
Tepis ejekan dan kebencian mereka karena itu adalah kesempurnaanmu yang sesungguhnya"

Bergaul dengan Golongan Makanan:
Kita harus mencari mereka karna mreka seperti asupan yang tubuh kita butuhkan siang dan malam .Mereka senang menasehati dan senang menerima nasehat.Dia tidak hanya Mengetahui tentang Allah dan takut padaNya,tapi dia juga kenal tipu daya musuh Allah.Bergaul dengan golongan ini adalah keuntungan yang sebenarnya.....


Thursday, 6 September 2012

SERBA JADUL


Thread: Mengenang Indonesia jaman dulu
Thread: Mengenang Indonesia jaman dulu





Jajanan Tempo Dulu ~ VITAMIN 4 US
dan teko antik sandal bakiak bahkan minyak rambut jaman dulu

I LOVE THE RAIN......


Gambar milik : Indulgy.com