Friday, 13 July 2012

ISLAM DI NEGARA NYA FABREGAS



Sevilla FC , tim sepak bola Spanyol,berbasis di Kota Sevilla.Hari2 kemarin nama group Spanyol ini menghiasi halaman muka Media2 kita.Ya !dia sang juara Sepak bola Eropa .Disusul dengan berita kedatangan Fabregas ke Indonesia.

Tapi tahukah anda,bahwa negara itu pernah menjadi PUSAT KEBUDAYAAN ISLAM?
Seperti yang dikatakan rasulullah SAW bahwa,Islam suatu saat akan berkilau seperti permata,dia jadi perhatian seluruh mata didunia.

 Dalam sejarah Peradaban Islam,saya mengagumi Panglima Tariq bin Ziyad ,karena keberaniannya membawa tentara Islam keluar dari tanah Arab dan Afrika negara kekuasaannya,untuk menaklukan Eropa .Dia ahli dalam ilmu perang,tapi amat menghormati orang tua dan mengasihi yang muda.
Panglima yang lembut hati di balik baju perangnya yang garang itu,hanya seorang budak awalnya.

Tgl 29 April 711 pasukannya mendarat di Gibraltar.Kedatangan yg mendadak  membuat kecut Angkatan Laut negara  Gotic .Sang jendral terengah-engah  melaporkan kemunculan musuh yang mendadak , pada Raja Roderick penguasa penuh.

"Wahai Raja...saya tidak tau dari mana asal Pasukan2 gagah berani itu! kalau dari bawah,entah dari bumi mana mereka keluar,kalau dari atas,entah dari langit mana mereka turun !??




Sementara itu, Panglima Tariq bin Zaid sedang memberi perintah pada pasukannya untuk membakar semua kapal2 yang mereka tumpangi,dan berkata :

"Kita datang kesini,tidak untuk kembali !! kita hanya punya pilihan menaklukan negeri ini dan menetap disini,atau mati syahid !!

Beberapa tentara protes,dan mengatakan bahwa itu perbuatan Zolim,tapi Panglima gagah itu menghunuskan pedangnya,dan berkata:  "Semua negri adalah milik Allah ! dan kampung halaman kita,Raja yang menguasai tanah ini telah lama menzolimi rakyatnya !!

Ucapan Tariq yang penuh semangat itu bagaikan cambuk yang melecut sebangat prajurit muslim.
Tentara muslim yang 12.000 mampu mengalahkan 100.000 tentara Gotik yang memiliki peralatan canggih.
Taktik perang Tariq adalah dengan membagi 4 kelompok yang masing2 menguasai Cordoba,Malaga,Granada,sementara dia sendiri memimpin pasukan sisanya menyerang Toledo Ibu kota Spanyol .Disanalah Raja Roderick mati tenggelam.

2 tahun mereka berkuasa dan melanjutkan kekuasaannya sampai Portugis.
Panglima Tariq adalah pencinta Ilmu,dia dicintai rakyat Spanyol karna memberi kebebasan dalam beragama.Pendeta yang meninggalkan rumah karena ketakutan ahirnya dapat kembali dengan tenang.

Islam sebagai rahmatan lil 'alaimiin,mereka mengajarkan ilmu pengetahuan dan peradaban.
Keadilan ditegakkan tanpa pandang bulu.Jika tentara Islam melakukan pelanggaran akan dihukum berat.
Sistim pajak yang tidak memberatkan,dan membiarkan orang kristen memiliki hakim sendiri untuk memutuskan perkara2 mereka.

Beberapa tahun kemudian Panglima mematuhi perintah atasannya di Damaskus Khalifah Walid I,tak lama setelah perjalanannya yang tergesa-gesa itu,beliau wafat.

Kejayaan Islam di Spanyol melemah karna Pemerintah2 setelahnya.Mereka Raja muslim tapi terpengaruh oleh harta dunia dan ada juga yang tunduk pada wanita non muslim yang akhirnya mempengaruhi jatuhnya Kerajaan Islam disana.

Gedung2 dan misium peninggalan Islam masih banyak ditemui disana.
Sebuah Gereja masih berhiaskan Kaligrafi tulisan Arab.
Di musium Louvre ada piring antik bertuliskan :

"Al'ilmu nurrun syadidun fil bibayah,wa ahla minal 'asali fin-nihayah" yang artinya : Ilmu Pengetahuan itu oahit pada awalnya,tapi manis melebihi madu pada akhirnya"....

Ada satu judul musik klassik yang saya paling suka, "Blue Danube" karya Johan Strauss.
Ternyata judul lagu itu terinspirasi dari nama salah satu sungai disana.
Konon,Sungai itu dulu pernah berwarna biru karna tinta dari buku2 ilmuwan muslim yang ditenggelamkan pihak musuh setelah Islam Jatuh.
Mereka mengklaim penemuan2+pemikiran2 muslim sebagai milik mereka.

Hhmmm...jadi rindu denga zaman keemasan Islam.....

stock photo : Ancient moorish style door in Toledo, Spain 







 











No comments:

Post a Comment