Sunday, 30 December 2012

T A X I

Taxi yang saya tumpangi tampilannya tidak umum seperti taxi lain di Jakarta.
Keingin tahuan saya bikin sopir jadi bercerita panjang.
Dia bilang,sebetulnya trayek taxi nya hanya untuk daerah Kerawang. Tapi pada hari tertentu di setiap bulan dia melayani 1 orang pasien cuci darah RSCM.

"Alhamdulillah bu,tiap saya nganter,disana ada lagi langganan laen yang nunggu ! penumpang itu cuci darah jg,tapi udah kelar ,minta di anter pulang. Kan lumayan tuh.....sambil nunggu yang satu di cuci.
Seumpanya saya balik belom kelar, biasa deh tuh.....! pasien2 yg baru dateng pada minta tolong  beliin nasi .  Udah sering nemu,jadi saya ngerti dah ,kedemenan nya apa aja....tapi kudu nasi padang !

"Kesian tapi lucu bu kalo ngeliat. Bayangin aja ! sebulan penuh makanannya adeeem aja !  naaah .....!! giliran begitu, langsung deh...puas2in  makanan yang di pantang ! Napsuuu banget makannya ! udah gitu abis makan nasi,pada makan kueh,gorengan ,cemilan,macem2 deh... ! segitu doang bu !! sehari doang senengnya ! Keluar dari ruang cuci ,yaa mantang lagi !!

"Langganan saya mah...udah g begitu napsu makannya,kesian bu........badan lemes,kurus tapi perut gendut.Padahal  umur nya masih muda,18 taon !! Saya kagak tega ngeliatnya ! Dia minta saya anter ke Bogor sini,karna kangen sama neneknya." Saya curiga bu,kayaknyaaaa g lama lagi tuh !!

Akh....18 tahun !!
Saya,suami saya,dan 3 anak saya sudah melewatinya,tanpa ada penyakit serius. Tidak pernah berpantang dalam makanan !! tidak pernah melakukan perjalanan jauh agar bisa bertahan hidup 1 bulan.Tidak pernah berlangganan Taxi ! Bisa nikmati makanan Padang kapaaaaan saja !!....
Cerita sopir taxi mebuat saya malu  !!......Apapun ibadah yang kami lakukan ,tetap saja masih jauh dari rasa Syukur yang seharusnya.............ampuuun !!!

Sopir masih cerita banyak. Tentang istrinya yang sudah 3 tahun hatinya kecantol laki2 lain dan pergi meninggalkan dia dengan 3 anak usia SD. Urusan pelajaran sekolah sampai cuci pakaian dia sendiri yg mengurusi sebelum kerja cari setoran,dan tentang anak2nya yang sering kangen sama ibunya.

Saya...tidak menangkap semua cerita....krn hati saya sibuk dg tanya...."dengan apa saya wujudkan rasa syukur saya yang kurang dan tertinggal.................."???

Bersyukur tidak pernah bisa sempurna ,walaupun kita ingin. Nikmat Allah selalu mendahului rasa syukur,tak pernah terkejarr !! beriringanpun tidak !! Punya ide untuk bersyukur ??,itu suatu nikmatNya,krn tdk semua hati bisa.

Ada saat Allah mengilhami kita untuk mencoba bersyukur.
Lalu kita bilang :  "Hari ini saya tidak mau melakukan apapun...tak mau bertemu dengan siapapun....! saya hanya mau menyediakan waktu untuk bersyukurr .ituuuuu saja,lain tidak !!!

Tak disadari........ otak yg menerima ilham,waktu yg dimiliki,proses keinginan sampai terucap,bibir,hati dan suara,itu semua fasilitas Allah.
Si empunya bibirpun dalam keadaan nyaman,keamanan dan makanan yang sudah dijamin.
Jadi........kenikmatan itu tak bisa dihitung dan selalu mendahului. Syukur adalah sebaliknya.....Wallhu a'lam.

No comments:

Post a Comment