Thursday, 31 October 2013

Dimarahi Dokter ( Scoliosis)


Gambar milik : Zullies Ikawati's Weblog


Bayangkan bu !.....saya tuh  merasa batu besar tiba-tiba menimpa kepala saya..
Waktu dokter bilang :  "anak ibu ada kelainan tulang atau SCOLIOSIS....! Masya Allaah..!!
"Saya blank !...sedih...dan kaget..!

Tapi tidak sampai situ saja, tiba2 dokter bilang :
"....Masa ibu tidak tau sih...?  Harusnya ibu teliti sama perubahan anak..! Memangnya waktu memandikan anak dulu,tidak diperhatikan...?

Teman saya bercerita dengan matanya yang merah merembang air mata.
Sungguh saya tak sanggup menatapnya....apalagi sumbang saran atau mencoba menyabarkan
Saya cuma terdiam.

Sudah pasti seorang ibu akan bertindak cepat jika tau dari awal. 
Masalah tulang seperti ini kan kasus seribu satu,tidak nampak...tak ada keluhan seperti penyakit lain..?

Tidak hanya anak teman,  keponakan sayapun kena.Dan kedua ibu itu sama2 dimarahi dokter.
Semoga dengan keterangan sedikit ini dapat membantu supaya pembaca yang bernasib serupa tidak terlalu sedih,khawatir/takut.

Scoliosis  adalah kelainan tulang punggung,tidak bisa disamakan denga penyakit biasa/organ tubuh .
Manusia normal bentuknya  tegak lurus,sementara penderita ini berbentuk huruf S atau C, nampak jelas pada hasil ronsen.
Saat usia kanak-kanak tak terlihat,tapi setelah SD,SMP,baru keliatan,misalnya :

-  Bahu kiri dan kanan tidak seimbang
-  Ada benjolan dipunggung kiri/kanan,
-  Kalau pakai rok/celana,gespernya tidak lurus.
-  Berdirinya agak miring
-  Lebih jelas lagi bila dia dalam posisi ruku', 

Pukulan pertama memang berat sekali..Tapi dengan berkonsultasi, bisa sedikit lega atas dasar ilmu,bukan main perasaan atau mengira-ngira.
Keputusan dokter hanya 2 yaitu Operasi atau Therapy. 
,Tergantung kemiringan tulangnya berapa derajat..?
Bagi yang 45 drajat keatas biasanya operasi. Dibawah itu bisa dengan jalan therapy alat menggunakan Kemben/Brush,atau bernang khusus yang diawasi dokter ahli.Tempatnya di Jl.Bangka-Jakarta Selatan.
Lama therapy ada yang 2 tahun bahkan lebih,tergantung kemiringan dan ketelatenan.
Pengalaman teman,ia membeli Brush seharga 4 juta-an,tapi hanya dipakai cuma 2 hari. Si anak tidak nyaman karna harus memakainya selama 18 jam/hari

Tindakan operasi punya perhitungan sendiri,melihat pada :

- jenis kelamin
- Usia
- Lambat atau cepatnya  pertumbuhan badan
- Mengganggu aktifitas sehari-hari atau tidak
- Kesiapan mental

Jika anak anda kemiringannya 25 drajat ,dengan perhitungan tulang tumbuh 2 drajat setiap tahun,maka bisa dihitung berapa derajat kemiringan tulangnya di akhir usia pertumbuhan. 

Febby (anak teman saya) kemiringannya sudah 57 drajat,sedang Nauval (Keponakan saya) 37 drajat.
Bagi anak perempuan,walau kemiringan sedikit dibawah 45drajat, baiknya operasi mengingat kelak ia akan hamil,perlu dudukan tulang yang aman.
Beda dengan laki2 atau orang dewasa perempuan yang sudah melahirkan.

Kemanapun anda berobat,pasti R.S.C.M jadi tempat rujukan,karna dokter ahli dan alat canggih kumpul disana. Tapi...mereka akan menunjuk lagi ke seorang dokter di RS.Bintaro,namanya DR.Luthfi ahli Sclerosis yang handal setelah seorang Profesor (lupa namanya) yg sudah terlalu tua,dan lemah tangannya .

Teman saya konsultasi sekaligus  memilih  DR.Luthfi untuk menangani. Alhamdulillah ...Febby  adalah pasien ke 600 yang berhasil operasinya.

Yang perlu di catat bagi anda yang mungkin punya keluarga/sahabat dengan kasus yang sama adalah:

- Jangan menganggap ini sama dengan penyakit2 lain seperti Jantung,Paru dll. Dia tidak berbahaya, kecuali kalau lama didiamkan dan menghimpit jantung hingga kadang penderita suka sesak nafas (Tapi beda dengan sakit jantung biasa...)
Ada seorang direktur aktif ,cuma minum obat sesak nafas sesekali,karna orang tuanya dulu tak memilih operasi. Dia tetap bertahan  sampai usia 50 tahun.

- Selama anak masih beraktifitas biasa, anda tak beralasan untuk panik,walaupun tetap harus periksa

- Jangan sembunyikan apapun dari anak. Terbukalah...dan lebih baik Bapak+Ibu+Anak datang  konsul bersama-sama ke ahlinya.Sebab menghadapi ini harus saling menguatkan dan meyakinkan. Perlu kompak.

- Dokter tidak akan mau operasi jika si anak menolak. Maka keyakinan harus ditumbuhkan. Suara anak lebih didengar  oleh dokter .

- Apa kelebian dokter luthfi hingga saya sebut disini? krn dia bukan hanya mampu atasi 600 pasien saja. Tapi pendekatannya luar biasa...! Dia menerangkan dengan sederhana,mudah difahami oleh anak kecil sekalipun ! Pasien akan merasa kecil sakitnya. Karna Dokter Lutfi adalah mantan penderita sclerosis juga waktu kecil. Beliau sudah 3 kali operasi. Maka tanda syukurnya ia membagi ilmu  untuk dokter2 lain.

- Bergabunglah dengan orang tua lain yang sama2 mengalami ,untuk sharing pengalaman.
 Itu penting..! sebab akan mengurangi bayangan/ketakutan  anda yang berlebihan, Alhamdulillah...Febby sudah 2 tahun ini ditunjuk Dr.Lutfi jadi  "Duta Scoliosis"  Ia bukti keberhasilan operasi sekaligus  penyemangat pasien sclerosis.
Beberapa orang dari daerah datang langsung kerumahnya. Namun ada juga yang lewat telephone.

- Peralatan sekarang alhamdulillah sudah canggih.Mengurangi resiko lumpuh paska operasi. Tulang belakang kan seperti pipa yang didalamnya menyimpan banyak kabel saraf sampai yang terhalus. Jadi begitu alat operasi bekerja,alat sensor itu yang memperingatkan dengan sinyal bahwa ada saraf yang hampir terjepit.
Selain dokter ahli ortopedi, dokter ahli sarafpun mengawasi alat yang di produksi di Jerman itu.

- Memang biaya operasi mahal , teman saya menyiapkan 180 juta, krn  tercover Asuransi, jadi menciut  124 Jt.
Jangan kecil hati,pengalaman orang2 yg sudah menjalani,ada saja pertolongan berupa keringanan atau pertolongan dalam bentuk lain...yang penting langkah pertama adalah konsultasi dengan Allah dan dokter dulu. agar ringan hati...insya Allah kan terbuka akal dan jalan rejeki .

Wallahu a'lam...Semoga bermanfaat...









Pecinan- Jakarta


wanderlustandwonder.com 

Saya dari dulu penasaran ! ingin masuk ke daerah Pecinan Jakarta,yang disebut Orang "China Benteng".Tapi tepatnya yang disebut Cina Benteng itu , menetap di Tangerang.
Masyarakat China  berbuyut-buyut lahir disini . Senang rasanya bisa melihat kehidupan keseharian mereka secara langsung.
Wilayah  jarang  terekspos seperti film2 Hollywood ,yang membuat penonton jadi tak memisahkan antara San Francisco dengan China Town.

Kita tau nenek moyang mereka tak sedikit membantu negara dalam perjuangan. Terbukti ada yang bangga memasang foto kakeknya dengan seragam Tentara Rakyat .
Belum lama saya tau  bahwa mereka tidak semua berkulit kuning.
Kalau generasi lawas,mungkin tak asing krn terwakili oleh bintang Film kawakan Tang Ceng Bok.
Baguslah...sinteron "Bajay Bajuri"  menyertakan Fanny Fadilla (Si Ucup), asli warga Benteng.
Maka terbukalah mata generasi muda sekarang...

Sejak tahun 1407 Tjen Tjie Lung kepala rombongan warga cina ,mengajak mendarat di Jakarta /Batavia.
Melewati sungai Cisadane yang dikenal waktu itu dengan sebutan Sungai Naga.
Kasihan ...mereka seringkali jadi  bulan-bulanan VOC ,hingga sering berpindah-pindah kesekitar P.Jawa.

Waktu berbelanja Stasionary yang terkenal murah di Petak Sembilan-dekat Glodok, isenglah kaki melangkah ke daerah itu..
Waaahhh....serasa ada di negri lain..! Mereka sibuk ! Banyak jualan makanan yang tak biasa saya lihat.
Memang tempatnya padat, kotor, sesak, tapi itulah....menurut mereka Rumah/tempat  harus begitu,bau uang namanya..!  hi hi hi ...salut yaa..!
Rumah mereka..ya toko mereka. Warung2 makanan penuh dengan orang2 yang saling kenal. Terlihat akrab.
Menikmati kopi dan lontong Bacang.

Saya membayangkan,bagaimana bila sebaliknya...? Di Negri Panda sana ada perkampungan Indonesia yang penduduknya sudah 4 atau lebih generasi berkumpul dengan aman....senangkan ?



Gambar milik : Flickr.com

Penasaran sayapun ditunjang dengan pertanyaan2,mengapa ditempat lain masih ada yg kasih kesan "Tertutup"..?
Lihat, mereka bisa tinggal di bangunan atas, dibawahnya toko yang tertutup full Rolling door, tanpa ventilasi, tanpa pintu darurat . Dari keadaannya saja bikin enggan orang untuk bertamu.
Sementara jendela ruang kamar2 mereka di lapisi teralis besi. Mirislah  hati  tiap melihat kabar kebakaran menimpa rumah mereka.Terpanggang nenek2, balita ,atau para pembantu. Akh....!

Kalau hati saya ber-corong Toa, rasanya ingin bilang,"Tidak apa-apa.,Jangan Khawatir! Membaurlah..!Buang rasa tidak aman..

Tapi ada juga sebagian yang senang membaur . Seperti tetangga kami dulu,di Kampung Pisangan Jakarta Timur, Akrab sekali kami bergaul dengan keluarga Toton (nama anaknya) . Kebersamaan membuat kami tak merasa dia punya kebudayaan ,iman,dan cara pandang yang berbeda...
Atau tetangga  di Bogor sekarang, Bu Lien yang tak segan membagi resep makanan,masakannyapun enak, ia mengolah gulai kambing untuk aqiqah anak kami.

Saya yakin  jika mereka  mau  luwes seperti keluarga Toton atau Bu Lien, insya Allah terbentuk rasa nyaman. Teralis2 itu tak perlu lagi.
Membaur saja...! jangan ada kesan menutup diri hingga sulit diraih hatinya.Sama-sama kita menutupi kekurangan.
Dengan demikian mata luar tak lagi menilai negara ini negara paling RASIS ke 5 setelah Malaysia  ,seperti yang diberitakan media MERDEKA.com kemarin ( Rabu,30 Oktober 2013 pukul: 09.03)....:(


Gambar milik: Flickr.com

Larut Dalam Kepakmu..

Gambar Filckr.com

Geiranger fjord and Eagle Road, Norway by Eva0707Sayap gagah lebar membentang
Kepakan lembut  merayu angin
Tajamnya mata menembus negri awan
Melayang... selembut alunan flute

Hei...
Nampak teduhkah bumiku ...?
Nampak damaikah bumiku...?                                                        

Kutitip salam dalam cengkrammu
Untuk pucuk2 pinus
Ranting2 dingin sunyi
desir air terjun diujung liuk sungai
gemeretak batu gunung
debur biru laut
yang tak tak pernah jemu
memuji Khaliq....

Penjual Es Lulus Cumlaude

Kamis, 31 Oktober 2013 14:39 WIB (Tribun News.com)
Penjual Es di Kampus Lulus Cumlaude dari UTP Surakarta
Tribun Jateng/Galih Priatmojo
HADIRI WISUDA - Witri Suwanto mengayuh becak dari rumahnya di Sragen untuk menghadiri wisuda di UTP, Senin (28/10/2013). 
Warga kampung Jagan, Gentan Banaran, Plupuh, Sragen itu lulus dari bangku kuliah setelah menyelesaikan seluruh mata kuliah di Jurusan Pendidikan Keolahragaan, spesifikasi Tenis, selama tiga tahun sembilan bulan. “Targetnya bisa lulus 3,5 tahun meleset,” ujar remaja yang memeroleh nilai A pada 18 mata kuliah tersebut.
Widri sebenarnya sudah lulus SMA pada 2006, tapi baru bisa kuliah 2009. Selama tiga tahun, ia harus bekerja untuk menyiapkan biaya masuk kuliah. Saat sudah resmi menjadi mahasiswa UTP, ia membiayai seluruh kebutuhan pendidikannya dari cucuran keringat berjualan es sari kacang hijau.
Widri menceritakan, ia mulai merintis usaha berjualan es Sari kacang hijau sejak lulus SMA. Saat itu, ia melihat peluang berdagang di depan kampus UTP. Setelah beberapa lama berjualan es, ia mendapat tawaran bekerja sebagai marbot (penjaga masjid) di Masjid Kantor Pajak Yogyakarta.
Setelah tiga tahun mengabdi bekerja di Yogyakarta dan bisa menabung. Widri pun memutuskan hijrah ke Solo untuk mewujudkan mimpinya berkuliah dan mendaftar di UTP Surakarta. "Gaji Rp 900 ribu dari Kantor Perpajakan dan saat jual es, saya pakai biaya awal kuliah selama satu semester," ungkap bungsu dari tiga bersaudara itu.
Setelah masuk kuliah, Widri praktis tak lagi mempunyai pendapatan untuk membiayai kuliahnya. Uang di tangan yang tersisa Rp 800 ribu, kemudian digunakan untuk modal berjualan es sari kacang "Setelah satu semester, saya ngga ada biaya lagi. Orangtua juga cuma tani dan ngga sanggup membiayai. Akhirnya saya jualan sari kacang ijo dan jual pakaian untuk mencukupi kebutuhan saya sendiri," akunya.
Bila mahasiswa lain berangkat ke kampus sekitar pukul 07.00, Widri pun sudah tiba di depan kampus sekitar pukul 06.00. Bukan untuk membaca buku kuliah atau mengerjakan tugas, tapi untuk membuka lapak es sari kacang hijau di sekitar pintu gerbang kampus.
Saat ada jam kuliah, Widri menutup sementara lapaknya dan menitipkannya pada Satpam kampus dan berjualan lagi setelah keluar kelas. Selain teman di kampusnya, pelanggan setianya adalah para dosen di UTP. Bahkan banyak di dosen pelanggannya yang memberikan uang lebih saat membeli es sari kacang hijaunya.
Selama berjualan es di kampus, Widri kadangkala harus menanggung rugi karena cuaca tidak bersahabat. Bila menghadapi situasi seperti itu, laki-laki itu pun memilih membagikan es kacang hijau pada teman-teman kuliahnya secara gratis.
Biasanya, lanjut Widri, sehari setelah membagi-bagikan es kacang hijaunya, dagangannya malah makin lancar dan laris. “Kalau rata-rata, sehari bisa mendapat keuntungan sekitar Rp 100 ribu. Cukup untuk biaya kuliah dan biaya hidup di Solo,” katanya.
Meski harus berjualan es di depan kampusnya dan para konsumennya adalah teman kuliahnya, Widri mengaku tidak pernah merasa rendah diri. Bahkan, ia makin termotivasi untuk belajar lebih baik. Hasilnya, ia berhasil menyelesaikan studinya hanya dalam tiga tahun sembilan bulan dengan predikat Sebagai bentuk suka citanya menyelesaikan kuliah, setelah resmi diwisuda Senin (28/10/2013) lalu, Widri memenuhi nazarnya menggenjot becak dari Solo menuju Sragen dalam waktu empat jam.
Kini, putra ketiga dari pasangan Paino Notowiyono dan Mulyati tersebut ingin merantau ke Australia untuk belajar beternak sapi. Untuk mendukung cita-citanya, Widri kini harus bolak balik Solo-Kediri untuk kursus bahasa Inggris.
"Aku punya jiwa wirausaha yang tinggi dan menurutku beternak sapi itu prospeknya bagus," tandas peraih IPK 3,55. (galih priatmojo).
                                                                          ****
                                                    


Wednesday, 30 October 2013

Biar Miskin Tapi Punya Nona



Ada pepatah Ambon bilang :
"Biar kalah nasi, asal jangan kalah aksi" ! :)
Sifat orang Ambon biar susah,tapi tdk mau dibikin susah....mungkin menyanyi menari yang jadi hobby itu alat untuk melipur laranya ya..?

Lirik lagu tua dibawah ini menggambarkan seorang pria yang miskin tapi berhati luas.
Ia merasa kaya jika dapat tidur dengan perut kenyang dan.. punya pacar...!.
Biar miskin tapi taunya senaaang saja...:)


TAU SNANG SA..

Beta ini orang miskin,nona eee...
Beta tinggal di Paparisa Nona eee
Beta tidur di Tapalang Nona..ee
Biar miskin  tapi punya Nona ee..

Biar bagini tapi beta dapa sono
Asal saja be pung poro su tare
Beta hidop sama juga orang kaya
Biar miskin tapi tau snang sa...

Tra..ra..ra ..tau snang sa...






****



 PAPACEDA 
     
Papaceda kayu saika...
Taru akang la di para-para
makang papeda,sio sondo ikang
Ibu dan Bapa punya la piara

Sungguh manis lawange sio
Ibu Bapak punyalah piara
Baeta tra lupa waktu beta
Kacil slalu di pangkuan
Ibu Bapae..

***

Gubernur Jenaka

Gambar yang saya suka.
(Foto milik: Kompas.com)
Gubernur Joko Widodo tergopoh-gopoh ingin mengalungkan tanda pemenang kepada pelari marathon dari Kenya Stephen Tum,saat Lomba Lari Mandiri Jakarta Marathon di Monas 2 hari lalu.
Stephen terengah menuju garis Finish,tapi setelah sampai malah terus berlari melewati Bubernur. Kontan semua hadirin tertawa.
Komentar beragam.
"Our funny Governor. Jokowi jahil banget! Hahaha! at last Jakarta Marathon 2013," tulis pemilik akun @SIG_architect di Twitter.
Gubernur gw dewa srimulat! Hahahaha!" sebut pemilik akun Facebook Ganesha Tamzil

Kuliner Kota Bogor

Referensi Kuliner Kota Bogor

Oleh Pesan-Antar Makanan pada 25 September 2013 pukul 6:20
Berikut daftar beberapa referensi Kuliner Kota Bogor:

- Apple pie - Jl.Gunung Gede ,dekat Hotel Mirah
- Aneka Kuliner - Jl. Ciremai ,Kios Taman Kencana No 1
- Ayam Geprek - Jl. Bangbarung No.54 Ruko Taman Yasmin Sektor VI no 100
- Ayam Bakar Ponorogo 24 Jam di samping V-Point (Roti Venus)
- Ayam Bakar Panas Jln Tangkuban parahu Taman kencana
- Ayam Cacah-Jl. Adna Wijaya (Panda Raya) No 88 Bogor Tlp: 0251 368 4567
- Ayam Gepuk "Echo Raos" Komp.IPB Baranang Siang Blok B/I Baranang Siang Bogor
- Ayam Goreng Dinar - Jl. Siliwangi
- Ayam Goreng Tepung "SARI" - Jln Malabar Ujung No 19
- Ayam Goreng Kalasan Jl. Baru Telp. 8331053
- Ayam Goreng Pemuda Jl. Bangbarung no. 1 Telp. 8362082
- Ayam Bakar Galuga  Jl.Raya Terminal Bubulak  Tlp. (0251) 8624288
- Ayam Bakar Panas - Taman Kencana & Gg. Aut
- Ayam Betutu /Full Menu Bali- Bale2 House,Semplak-Bogor (0251)2152435/754 1174
- Ayam Kari Bakar- Warung Kebun. Jl.Ahmad Yani II no 110  ( 085-776-5282-98 c/p Manda)
- Asinan Bogor Gedung Dalam - Jl. Siliwangi no 27 C (0251) 8326843
- Asinan Bogor- Jl.Juanda 96 (depan Musium Zoologi-Kebun Raya)
- Asinan Jl. Roda - Jl. Roda, samping Alfamart (0251) 8357624 / 8377854
- Asinan Gang Aut- Jl.Pahlawan (ujung Gang Aut)
- Asinan Betawi - Imah Yoghurt -Jl Bangbarung
- Asinan Ny.Yenni - Jl Binamarga,samping Tol
- Asinan Bogor- Depan Swalayan Ngesti,samping terminal Baranangsiang
- Asinan Jagun Bang Sabur- Depan Alfa Mart Gang Aut
- Ashida (dodol khas Arab) - Daerah Empang.
- Batagor Ikhsan cab bogor Jln Bangbarung (samping bakso boboho)
- Batagor dan siomay Kang eddy Jln raya taman cimanggu
- Batagor Lada Hitam dll - 0856 1869 435 -Bogor- Pesan antar
- Bakmi Lois Jln Suryakencana samping gereja
- Bakmie OK (Mie Rica)- Gg.Aut no.291-(0251) 8392431
- Bakmie Tasik - Jl.Surya Kencana no 124 (0251) 317645
- Bakso Boboho jl Bangbarung Raya No 51 Bantarjati
- Bakso Jaja Jln Sholeh Iskandar Dinata (Dekat UIKA) dan Jln Ceremai Kios (dekat warung taman)
- Bakso Jeletot - Jalan KS Tubun, dekat Asrama Brimob, Kedung Halang
- Bakso Kikil Pak Jaka (gerobak)  - Gg Aut Jln Suryakencana
- Bakso Tahu Pontianak  (gerobak)- Jl. Ranggading,dekat sekolah Kesatuan-(0251) 321950
- Bakso Seuseupan- Jl. Bangbarung
- Bakso Tulang Sum-sum , Jl. Pemuda , sebelum Gedung Olah Raga.
- Bakso Cak Man- Jl. Pajajaran No 601
- Bakpau Unyil Chi Sean (gerobak)- Jl.Pajaran pinggir jembatan
- Bambu Kuring- Jl.Pajajaran no: 43  (0251) 323707
- Bambula Resto- Jl.Pajajaran Indah - (0251) 326549
- Bandrek (bansus) Air Mancur - Jl.Sudirman
- Bale Kabayan Jl.Bina Marga 1 No. 2 Telp. 8311884
- Bebek goreng H. Slamet Jln Bangbarung Jln Sholeh Iskandar Dinata /081210 70 481
- Bebek Goreng Pak Gendut Jln pemuda
 Bebek Sambal ijo ( Itiak Lado Mudo ) Khas Bukit Tinggi) "Resto Mama Yani"
Jalan  Ahmad Yani Air Mancur Bogor
Reservasi hotline : 0877-882-533-45  c/p Firmansyah
Operational Hours : 10.00 - 22.00  
- Brownies Amanda Jl. Pajajaran No. 84FTlp : 0251-9245745 Jl. Pajajaran No. 21 Bogor UtaraTlp: 0251-9773607 Jl. Jenderal Sudirman No 22 Bogor TengahTlp : 0251-9773708
- Bubur ayam kampung Psr Bogor Jln Otista
- Bubur Ayam Kang A'ata di depan Gd. Setyajaya, Jl. Pajajaran
- Bubur Ayam Cianjur Jl Pajajaran dkt Apotik Indonesia
- Bubur Ayam Cianjur Mang Asep Jln Sudirman
- Bubur Ayam Raharja (Tenda)- Jl.Pajajaran no 17
- Bubur Sumsum ketan hitam- Jl.Surya Kencana (Tempat Nasi Goreng Guan Tjo)
- Buah Nangka Kupas Jln Pahlawan Bondongan (Depan TMP dreded)
- Buah Semangka Jln Merdeka (dekat PGB)
- Buah Jambu Biji Jln Sholeh Iskandar Dinata (depan kampus UIKA)
- Buah Pisang Jln Siliwangi (deretan Asinan Gedong dalem)
- Buah Alpukat dab buah2an lokal Jln Otista (pasar Bogor)
- Bumi Aki (Saung Kuring) , Jl.Pajaran , seberang gerbang perumahan Villa Indah Pajajaran 
- Cafe Oh Lala Jl.Pajajaran No.7 Tlp : (0251) 8346433
- Cafe Gumati Jl.Paledang No.20 Tlp : (0251) 8313422
- Cafe Mangire Jl.Pakuan No:21 Bogor
- Cafe Dedaunan Komplek Kebun Raya Bogor
- Cafe Teras Jl. Ahmad Yani no. 78
- Cafe Gue- Jl.Pajajaran No. 14
- Cafe O la la- Jl.Pajajaran No 7-: (0251) 346433
- Cafe Box Office-Jl. Bina Mrga 1 no:1
- Cafe Gumati- Jl.Peledang no 20-(0251) 313422
- Cafe Mangiare- Jl.Pakuan n0 21-(0251) 371450
- Colenak Suka Mulya Pak Hasim (Gerobak)-Jl.Siliwangi depan no: 54
- Cungkring Pak Jumat (Pikul).Surya Kencana-Gg Aut
- Chinese Food Sumber Sari - Jl. Roda.
- Cakue Bandung Ranggagading - Jl. Ranggagading (Samping Toko Ngesti, Suryakencana)
- Coto Makasar Daeng Kebo Jln Pajajaran
- Cotto Makasar- Jl Ahmad Yani
- Cungkring Cimanggu pertigaan cimanggu warungkondang
- Dapur Mas Indro- Jl.Sholeh Iskandar 26,Cimanggu
- Daiiji Ramen-Jl.Pajajaran Indah 1 No.7
- Dim Sum Kampoeng - Samping Pangrango Plaza, Bogor (www.dimsumkampoeng.com).
- DBC Spaghetti Jl. Ceremai No. 22
- Dodongkal Keju, sebrang Sate Gate-Empang-Bogor
- Doclang - Jl.Jembatan Merah
- Doclang Mak Icoh - Jl.Mantarena
- Doclang Bapak Odih- Jl.Pasir Kuda Ciomas
- Es Bang Doto -Jl.Siliwangi
- Es Pala Gg Aut Pa Ujang (pas perempatan)
- Es dawet banjarnegara Jln Dadali Ujung
- Es Cincau Tajur - Komp. Toko Tas Tajur
- Es Doger Kesatuan (gerobak)- Pinta Masuk Jl.Ranggading
- Es Duren Bang Didi (gerobak) - Jl.Pakuan Samping Hero
- Gepuk Karuhun dan Ikan Balita Jln Sukasari I No 12A (0251) 8375444
- Gepuk Emak- Samping pombensin jl Dadali
- Gado-Gado Suryakencana - Jl. Suryakencana (Depan Agape Cellular)
- Gado-gado gg mekkah Pasar Anyar
- Gado2 dan Rujak Bu Min-  Jl.Martadinata,ujung Bubulak
- Gudeg komplit - Jl . Abesin , sebelum Pasar Anyar
- Gudeg Abesin - Warung Legok,Taman Cimanggu, Jl.Topas no 23
- Gudeg - Jl.Dadali, Warung Jambu
- Gudeg Lesehan- Jl.KS.Tubun- Talang. Dekat Pabrik Olympic.
- Gudeg komplit- Ruko Villa Bogor Indah
- Gurih 7 Restaurant (Kuring)- Jl.Pajajaran 102-(0251) 317889
- Harvest Toko Kue  Jl. Pajajaran, dekat RS.Azra
- Holland Bakery - Jl.Pajajaran , sebelah Kentucky- Baranangsiang
- Ikan Bakar Berkat Jln RE Martadinata (Ciwaringin) No 25 Bogor no telp (0251) 9336757
- Ikan Bakar Galuga - Jl.Raya Terminal Bubulak  (0251) 624288
- Imah Nini (Resto Vintage)- Jl.Bangbarung
- Jajanan Gang Selot (Pujasera)- Jl.Juanda Gg.Selot
- Kue Lapis Bogor Pemesanan sms ke 0818 0898 33 22 | jalan Raya Soleh Iskandar (Dekat Yogya dept.store)
- Kue Gaul- Jl Cendawan Blok B.22 Bogor Utara.( Pesan antar). Tlp. 08151  151  0182
- Kue Bolu Talas - Pondok Ponyo Warung Jambu, atau Terminal DAMRI-Baranangsiang
- Ketupat Sayur Pa Adka Jln Suryakencana
- Ketupat Sayur Bu Mimin- Perempatan Gg.Aut -Surya Kencana
- Kebab isi- Jl.Bangbarung. Imah Yoghurt.
- Ketupat Sayur Jln Siliwangi (pertigaan arah batutulis)
- Kedai Sate Margajaya Jl. Sindang Barang Telp. 8422528
- Kedai Serba SOTO - Jalan Pajajaran, dekat RS Azra.
- Kedai Kita - Jl. Pangrango No 25 (Samping Hotel Pangrango I)
- Kerak Telur - Jl. Suryakencana (Diseberang Bank Hana)
- Ketupat Sayur Pitallah Jln RE Abdullah (Depan Komplek Kehutanan Pasir Mulya)
- Klapertart Huize Jl. Pangrango No. 25 Bogor telp 0251-4787-000
- Kue Lapis Talas Bogor- Ruko Bantar Keman,Jl Pajajaran no 20 E
- Kue Lapis Talas - Jl.Kopem (KS Tubun)-Kedung Halang-Bogor Utara
- Kripik Singkong Maicih jln Artzimar 3 No. 12 B Indraprasta Bogor Baru
- Laksa Kp Cincau Jln Ranggagading (belakang Supermarket Grand- Suryakencana)
- Laksa Gg Aut Perempatan Jln Suryakencana
- Laksa Cibinong (Pengharapan Resto)- Jl.Raya Cibinong 36,setopan Sentul Jagorawi Km 21
- Larissa Restaurant- Jl.Pajajaran no: 47-(0251) 327678
- Lasagna Gulung - Jl Salak 24
- Lemon Grass (Makanan Sunda)- Jl.Pajajaran
- Leepde - Jl.Pangrango no 16
- Legong Bistro -Jl.Bangbarung Raya no 2
- Lele Bakar- Belakang Mall Pangrango  (Ex.Internusa)
- Legong Bistro Jl.Bangbarung Raya No.2 Ruko VIP Bogor
- Lilly Catering+Warung Makan- Jl.Batu Tulis Belakang no.251-(0251) 8328419
- Lontong Medan- Jl.Juanda, gerbang kantor KEJAKSAAN.
- Lumpia Basah Pak Anton (gerobak) -Surya Kencana ,depan Ngesti
- Makaroni Panggang- Taman Kencana Bogor
- Makaroni Panggang- Jl.Salak no 24-(0251) 324046
- Martabak Manis SUN Jln Ranggagading (Samping Toko Ngesti-Kesatuan, Jln Suryakencana)
- Martabak Telur Mas Mail - Jl. Ranggagading (Samping Toko Ngesti, Suryakencana)
- Martabak Bolu Mirah Jln Sudirman
- Martabak Air Mancur Jln Sudirman NO 64 dan Jln Pajajaran ruko no 20 Telp. 8328388
- Martabak Aidolai Jln cilendek timur, tidak jauh dari perempatan semplak.
- Menu Rantangan (pesan antar) - Ciomas 085 777 850628/BB 2681 B 515
- Martabak Mesir. Jln.Bangbarung- Imah Yoghurt
- Mie Ayam Gaya tunggal Komplek Ruko depan di Jln Bangbarung
- Mie Ayam dan Es Bangka Yun, Jl.Kapten Muslihat 13-14
- Mie Ayam dan Es Bangka Yun ,Jl. Sudirman 15
- Mie Cadas (pedas sampai 5 level)- Jl.Semeru pertigaan Mawar-0813-1559 3395/0877-1878380
- Mie Ayam Mardi Yuana - Depan SMA Mardi Yuana Sukasari
- Mie Ayam NV Sidik - Jl. Batutulis
- Mie Ayam nikki Abesin
- Mie Ayam & Bakso Sido Mampir - Jl. Pahlawan (Bondongan)
- Mie Ayam Bojoloro Jln Semeru seberang pom bensin
- Mie Ayam Jojo di Gelanggang
- Mie Ayam Pa Mien Jln raya taman cimanggu
- Mie Ayam Bakso Apollo- Psr.Anyar Blok CD-Hi  (0251-353378)
- Mie Bandung Jl. Sukasari 1 No. 5 D Telp. 8318552
- Mie Jogja Pak Karso (Tenda)- Jl Pajajaran 288
- Mie Sehat (warna warni)- jl Surya Kencana 303 (0251-838 0114)
- Mie Yamin Apollo Pasar Anyar (di depan Blok A)
- Nasi Uduk Pa Hasan Gg Pekojan- Empang, belakang bank BRI
- Nasi Goreng Kepiting Rest. Delima - Jl. Raya Ciheuleut, Bogor
- Nasi Goreng Pete Guan Tjo - Jl. Suryakencana no 199
- Nasi Goreng Pete RM. Kita- Jl.Batu Tulis no 24-belakang Toko Gas
- Nasi Kebuli- Jl.Sudirman,samping Rumah Sakit Salak.
- Nasi Timbel M 11 - Jl. Malabar
- Nasi Timbel Mpo Cin - Jl. Pahlawan
- Nasi Tutug Oncom "Saung Kiray" Jl. Binamarga No. 13 Barangsiang Bogor Telp. 8323392
- Ngo Hiang Bogor (Non Halal) - Gg. Aut/Jl. Siliwangi
- Nasi Bakar Sumsum-Jl.Pemuda .untuk catering... 08988892709
- Nasi Uduk Bansus- Jl.Pahlawan Empang Gang.Murni no 7-0251) 8314050
- Onde-Onde, Sagurangi & Bubur Jali - Jl. Suryakencana & Jl. Pajajaran
- Pancake Durian (Pesan Antar)-Kedung Halang 08521 33 741 33
- Palm Garden- Jl.Pajajaran no 21-(0251) 334837
- Pisang Goreng+Combro Setan Mang Eman- Pintu Masuk jl.Ranggading
- PIA Apple Pie Jln Pangrango No 10
- Pecel Ibu emah Jln Roda depan Apotik Garuda
- Pempek Bondongan di Jl. Pahlawan (sebelah RS Melania)
- Pempek Juk Fin - Jl. Pajajaran (Depan Ngesti Swalayan)
- Pempek Andis Jln Pandu Raya Bantar Jati
- Pisang Goreng Kang Dadi Jln Ranggagading-Jln Suryakencana
- Pizza Hut Pajajaran Jl.Pajajaran No.146-148 Tlp : (0251 ) 834687
- Pizza Kayu Bakar- Jl. Pangrango dekat Aple Pie
- Pizza Paparons- Jl Pajajaran no 26 (0251-3232 33)
- Pondok Bunaken Jl.Pajajaran no 28 (0251-387962)
- Rumah Makan Saung Mirah Jl.Raya Pangrango No.32 Tlp : (0251) 8327675
- Rumah Makan AMPERA  Jl.Warung Jambu
- Rumah Makan Gang Musholla- Jl.KH.Sholeh Iskandar
- Resto Bogor Steamboat Jl.Baru Kemang Tlp : (0251) 8355111
- Resto Cimori- Jl.Raya Puncak Km 77
- Resto and Cafe Aljazeera-Jl.Raya Puncak Km 85 no 866
- Resto Bambula Jl.Pajajaran Indah Tlp : (0251) 8326549
- Resto Gili-Gili- Jl Pajajaran
- Resto Italian CAPPRICIO- Novotel Bogor Raya
- Resto D'leuit Jln Pakuan No 3 Ciheuleut
- Resto Sapo Oriental - Botani Square
- Resto Macaroni panggang Jl Salak 24
- Resto Jala-Jala Restaurant - Jl. Kantor Pos (Belakang ADA Swalayan)
- Resto White Steam - Plaza Ekalokasari
- Resto Pantasteik - Botani Square
- Resto Rumah Air- Bogor Nirwana Residence,Samping Area Renang Jungle
- Roti Tan Ek Tjoan- Jln Siliwangi 176-Bogor. Tlp : +0251-8322635
- Roti Deli  (Delicious)- Jl. Menteng- Mawar.
- Roti Bogor Permai Jln Sudirman No. 23 A Telp. 8321115
- Roti Ka Nung , Roti Jala+Gulai kambing- Empang-Bogor.
- Roti Unyil Venus - Pertokoan V-Point (Ekalokasari)
- Roti Venus-Samping Terminal Baranangsiang
- Roti Bakar Sari Rasa - Jl. Pajajaran
- Roti Bakar Saras - JL.Sudirman Air Mancur
- Roti Maryam Sambosa dan Aneka menu khas Timur Tengah Jln Lolongok- Empang
- Roti Maryam/Cane- Jl.Bangbarung - Imah Yoghurt.
- Rumah Makan.Saung Kuring Pajajaran   Jl.Raya Baru Kemang
- Rumah Makan. Trio Permai Jl. Baranang Siang Telp. 8322286
- Rumah Makan. Gurih 7 Jl. Padjajaran No. 102 Telp. 317889
- Rumah Makan Balad (Arabian Food)- Jl.Sadane no 23. Pasar Ledeng Empang (8372477)
- Rumah Makan Bunut Sari Jl. Merdeka No. 32
- Rumah Makan Gaya Tunggal - Jl. Ir. H. Juanda, Botani Square.
- Rumah Makan Sahabat/Yun Sin - Jl. Jend. Sudirman
- Rumah Makan Ampera (Sunda) - Jl. Raya Tajur dan Jln Raya Sholeh Iskandar
- Rumah Makan Trio - Jl.Pajajaran samping terminal- 0251 360635
- Rumah Makan Bambu Kuring jl.Pajajaran No.43 Tlp : (0251) 8323707
- Rumah Makan Saung Merak Jl. Merak no. 15
- Rumah Makan Fatmawati Jl. Sawojajar No. 7 Telp. 8323219
- Rumah Makan Saung Kuring Surya Kencana Telp. 8321870
- Rumah Makan Bumbu Desa Jl. Raya Padjajaran no. 18, Bogor
- Rumah Makan Purwakalih - Jl.Lawang Gintung Batu Tulis no:11
- Rumah Makan Saung Kuring Jl. Baru Soleh Iskandar Telp. 8331885
- Rumah Makan Sunda Sari Wangi- Jl.Pajajaran  Kav.9 (0251-836 3441)
- Rumah Makan Hijau Bu Tuti- Jl.Cimanggu Pahlawan no 11
- Samosa  Jl.Bangbarung- Imah Yoghurt
- Sea Food Bonex 69- Jl.Sudirman, sebelah RM> Bogor Permai
- Safo Oriental Bogor Trade MallLt. Upper Ground Tlp. (0251) 83147654 / pusat
- Sate Padang Nagari di Jl. Binamarga
- Sate Padang Ampek Limo - Puteran Tugu Kujang/
- Sate Padang depan Giant Mesjid Raya/Air Mancur Jl.Sudirman
- Sate Sapi Pak O'O - Jl. Suryakencana no: 199
- Sate Kambing PSK (Pondok Sate Kiloan) - Jl. Ir.H. Juanda (dekat Kantor Pos Bogor)
- Sate Kambing Pak Kumis - Jl. Paledang
- Sate Kambing Pak Rebing- Alun2 Empang, Jl Artawiria,Mesjid Attaqwiriah (0251 8382104)
- Sate kikil Abah +Bubur Ayam Abah Ujang- Jl,Sudirman Air Mancur
- Sate Gondrong- Jl.Raya Bogor (KS Tubun) 19-Kedung Halang (0251-657291)
- Sate "Gate"  /sate Kambing+ Nasi Kebuli+menu Arab lainnya, Belakang BTM -Empang-Bogor.
- Sate Ayam Madura Haji Ismail- Taman Kencana- Jl Ciremai,no:9 (0251-339051)
- Saung Mirah - Jl.Raya Pangrango 32 (0251-3276 75)
- Saung Kuring Pajajaran - Jl.Raya Baru Kemang (0251-321664)
- Saun Kabayan - Jl.Binaraga 1 no:2  (0251- 311849)
- Saung Hejo - Jl.Pakuan Raya No 15 -Baranangsiang
- Sop Ayam Pak Min Klaten Jln Rd Abdullah Bin Nuh (Taman Yasmin sektor 1)
- Sop Ikan - Jl Sudirman,sebelah Rumah Sakit Salak
- Sop empal di Ayam Geprek Istimewa (jln Bangbarung raya)
- Sop buntut Mang Endang (incu ma emun) Jl. Jend Sudirman 604  (0251-8379635)
- Sop Buntut Ma Emun cab jln Bangbarung
- Sop Buntut Mbak Par- Jl.Malabar Ujung , belakang Mall Pangrango (Ex.Internusa)
- Sop Duren Lodaya Jln Lodaya belakang Mcdonalds seberang Hotel Pangrango 1
- Sop Duren Jln Bangbarung
- Soto Ambengan Pak Atmo Jl. Padjajaran No. 68
- Soto Bu Rahayu (Kedai)- Jl Pajajaran 117
- Soto Lamongan "Ibu Lungit" - Jl. Siliwangi (depan Kantor Pos)
- Soto Oseng Kedai Soto Ibu Rahayu Jln Pajajaran (samping pom bensin Shell)
- Soto Banjar Warung Bumi Khatulistiwa-  Jl.Pajajaran 28 A (0251-8332709)
- Soto Babat Pak Ropi'i  -Jl Surya Kencana,de[an gereja Bethlehem
- Soto Bogor Haji Didih- Jl.Siliwangi no:53 (depan kantor KPU)
- Soto Bening Pak Roy-  Jl.Pengadilan no 31  (0856 837049)
- Soto Pak Bongkok (Pikul)-  Gg.Aut Surya Kencana,depan toko Favorite
- Soto Pak Aming - Jl.Roda Ujung no 137 ,samping Alfamart
- Soto Karak Jln Suirman (Seberang Museum PETA-ZENI)
- Soto Kikil, - Jl.Sudirman, Ruko Winerra
- Soto Mie Sukabumi "Agih" Jln Suryakencana no 311
- Soto Mie Mang Ohim Jln raya Taman Cimanggu
- Soto Mie Kesatuan - Jl. Ranggagading
- Soto Mie NV sidik - Jl Batutulis (dkt sinar kasih)
- Soto Mie- samping Bogor Permai
- Soto Mie - Jl.Kota Paris, dekat Mawar.
- Soto Bogor Pak Salam - Jl.Siliwangi depan Bank Mandiri
- Soto Santan Bang Ali - Jln Pemuda (samping pabrik ban goodyear)
- Soto Kuning Pak Yusuf - Jln Suryakencana
- Soto Santan Pak Pendi- Jl.Pengadilan no.9-depan TELKOM
- Soto Santan Pak Uci- Jl.Pengadilan
- Sop Iga Mbak Par - Jl. Malabar (Belakang Pangrango Plaza)
- Soto Lamongan & Rawon - Jl. Sudirman
- Soto Kaki Pak Jaja - Pol Bus Damri, Jl. Pajajaran
- Sop Buah Pa ewok Jalan Tunggul no. 5 Taman Kencana
- Sop Buntut Mang Endang (Ma'emun) - Air Mancur, Jl. Jend. Sudirman
- Siomay & Es Sekoteng Bogor Permai - Jl. Jend. Sudirman
- Seafood & Ayam Goreng Bonex 66 - Jl. Jend. Sudirman
- Seafood Aquarius - Jl. Raya Tajur
- Spageti DBC- Jl. Ciremai 22- (0251) 377725
- Steack 21 - Ekalokasari Plaza
- Steack OBONK - Samping Mall Internusa /Pangrango Plaza
- Steack and Shake Bogor. Jl Ahmad Yani ll no 109
- Surabi Durian- Sukasari
- Tan Ek Tjoan / Eita Jl. Siliwangi 176 Telp. 8322635
- The Paris Bakery and Cake- Jl.Suya Kencana 99
- The Paris Bakery and Cake- Jl.Sudirman No 1 B
- The Paris Bakery and Cake- Jl.Tajur no.67 H
-  Tengleng Solo- Pak Won Tukul (Ciawi),Lapangan Empang arah Pasir Kuda, Ciputih-Bubulak
- Toge Goreng (pak Inin) Jl.ir.H.Juanda No.62 (Samping KPKN)
- Toge Goreng Mang Gebro- Jl.Pengadilan,Psr Anyar
- Toge Goreng Pak Iwon- Depan Supermarket Ngesti-Terminal Baranangsiang
- Toge Goreng Gg. Selot - Gg. Selot/SMA Negeri 1
- Toge Goreng Pak Ca'i - Gg. Aut/Jl. Siliwangi
- Toge Goreng Ibu Evon Gg Besi (Jl Suryakencana, belakang Bank CIMB Niaga)
- Toge Goreng Ibu Mamah Jln Sawojajar samping Toko Roti Bogor Permai
- Warung Doyong (Masakan Sunda, Ayam Goreng, Nasi Tim, Nasi Uduk, Bubur Ayam) - pertigaan Gang Aut dan Jl. Pahlawan
- Toko Bahan Kue terkomplit- YOEKS, Jalan Sawah Dalem, belakang Hotel Salak
- Wedang Ronde Pak Azis (gerobak)- Jl.Ranggading sebelah Swalayan Ngesti
- Warung2 Taman - Jl.Ciremai ,Taman Kencana
- Warung Nasi Parahiyangan -Jl.Binamarga no: 70
- Warkop Arbonex (Waung tenda)- Jl.Pajajaran