Wednesday, 16 October 2013

Kemana Hati ...?


FotoFoto


Mall terbesar di Kota Tasik ini bermaksud menarik  dan menghibur pengunjung dengan  Kebun Binatang Mini . Tapi...coba lihat ! betapa tidak siapnya mereka untuk mempertanggung jawabkan nyawa binatang2 tersebut.

Kebun bintang yang sudah berjalan 2 tahun ini tak terawat,dari 22 kandang,cuma 50% binatang  masih hidup.Atap tidak utuh,kandang kering,kotor, makanan tak mencukupi. Nampak sampah jajanan anak2 mengotori kandang monyet yg enak ditonton. Sementara binatang lain pemakan biji2an terpaksa menatap piring kosong,tempat minum kosong.

Satu kuda bermata kuyu tak sehat. lama berdiri ditempat ,kelihatan 1 kakinya tak mampu berpijak.
Kuda lainnya menggigiti serabut2 bambu. Ember makan dan minumnya kosong.



FotoFoto



Pak Iwan , petugas yg rutin mengurus.1 orang teman jarang sekali masuk kerja.
Gaji Rp 700.000,-/bulan memaksanya untuk segera berhenti kerja,tapi dia tak tega meninggalkan binatang2 tersebut sebelum ada penggantinya.

Diantara cicit burung dan suara monyet "Kwong..kwong..!!"  ,pak Iwan jadi curhat.
"Boss saya asal Singapur Bu, cuma beberapa kali datang dan tak mau tau.
Gaji  saya 700rb  itu sudah termasuk upah mencari rumput untuk kuda ke kampung2. Binatang pemakan buah ada jatah makannya tapi tidak cukup.
Dengar tuh bu..!  monyet besar kalau bunyinya seperti itu bertanda lapar lagi  . Kadang saya kasih lontong sarapan saya, biar dia diam.


FotoFoto

Menyakitkan memang, melihat sesuatu yg tidak benar,tanpa bisa berbuat apa2. Hanya mampu membesarkan hati Pak Iwan sekaligus mengingatkan nasihat tua, seorang pelacur yg masuk syurga karena menolong memberi minum seekor anjing yg kehausan.
Berharap pak Iwan tidak ikut2an berbuat kesalahan dengan membiarkan ember2 minum dalam keadaan kosong.
Semoga Allah memberinya keberanian / kemampuan  bicara, dan mampu menyentuh hati sang pengelola Mall ini....

Sebetulnya banyak pilihan lain bila dana Mall terbatas. Kolam ikan dengan hiasan alami lebih mengundang orang untuk duduk disekelilingnya seperti di Outlet "Haritage"-Bandung.
Senang bukan..?, mendengar ricik air,batu basah,daun segar, dan lembut lenggok ikan ditengah ramainya lalu lalang orang dan riuhnya musik.

FotoFoto

FotoFoto




Sisi baiknya,Mall-Tasik ini punya kolam air luas,dimana angsa besar manis hilir mudik.
Walaupun banyak sampah bulu2 angsa,dan daun2 kering.....walaupun ada angsa yg 1 kakinya lumpuh dan cuma diikat dengan tali rapia...

Kelebihan lainnya, menyediakan mesjid  di pintu jalan masuk.Bagus !
Tapi...masalah binatang2 ...itu masalah hati....:(


Foto
Foto: Mini zoo tak terurus dia salah satu Mall-Tasik

Foto
Foto

No comments:

Post a Comment