Thursday, 28 November 2013

DOKTER LANGKA

Dokter Lo (Foto: Solografi.com)


Giliran dokter-dokter lagi disorot, karna satu kasus saja.
Kesian....dokter2 yang lurus hati, berani berkorban,nampak maupun sembunyi jadi kena bias.
Seorang dokter sepuh, namanya sudah terkenal diseluruh Solo. Rumah prakteknya selalu dikunjungi banyak pasien. baik kaya maupun dhuafa ,dari pelosok desa sampai kota2 sekitarnya. (Sukoharjo,Sragen,Karang Anyar,Boyolali,Klaten Wonogiri)

Bagi yang kaya, dr. Lo Siaw Ging 78 th ini adalah pemberi resep tokcer/cespleng !
Bagi tukang becak,buruh,pedagang,ia adalah sandaran, tidak pasang tarif ! bahkan marah bila ada pasien yang keliatan tidak punya uang tapi tanya ongkos periksa.

Ia dokter yang istimewa.Selain tak mau membedakan pasien miskin dan kaya Ia jg mau membantu pasien yang tak bisa tebus obat.Tiap akhir bulan pihak apotik datang menagih.
Uangnya dari mana? Ia dan istrinya mencari donatur . Untuk pasien rumah sakit dimana ia bekerjapun mau ia bantu,meski untuk operasi. Tagihan dalam 1 tahun bisa mencapai 8 sampai 10 juta.

"Dokter itu pensiun sampai tak bisa berbuat apa-apa.Saya senang masih dapat kepercayaan dari pasien,untuk apa mereka mampu bayar dokter dan obat kalau setelah itu mereka tidak dapat beli beras..? Dengan sehat mereka bisa cari nafkah lagi untuk anak2nya"...katanya. Sungguh beda yaa...dengan yang bilang : "Orang miskin tak boleh sakit"!

Galaknya keluar kalau ada ibu2 yang telat membawa periksa anaknya, atau yang mebesar-besarkan jasanya....itu saja !

Ia teguh memegang nasehat orang tuanya :
"Tugas dokter itu melayani orang sakit, bukan mau jual obat ! Kalau mau berdagang jangan jadi dokter,sebaliknya kalau mau  jadi dokter,jangan berdagang"..

(Akh..jadi inget, pernah lama tunggu panggilan dokter,krn dia lagi terima tamu dari perusahaan obat)

Saat kerusuhan Mei ,banyak yang memperingatkan,agar tutup saja tempat prakteknya.
Tapi peringatan itu tak digubris. ia tetap buka.
Maka....masyarakat yang mencintainya ramai2 melindungi rumah dan klinik tuanya itu. Rumah yang tak pernah ganti model sejak tahun 60-an. Cuma ganti cat saja,padahal ia mantan direktur rumah sakit besar di kota. "Akh..untuk apa rumah besar ? kami hanya tinggal berdua kok.."!


(*Sumber: Solografi.com)

No comments:

Post a Comment