Saturday, 30 November 2013

Murid Sepuh





Kurang lebih 10 tahun yang lalu
Ada teman sepengajian usia jelang 80 tahun,ingin melancarkan bacaan quran.
Liat semangat dan usianya, saya berinisiatif  mengajar dirumahnya, namun tegas-tegas dia menolak.
Alasannya  ingin cari pahala dari langkahnya.
Tidak tega sebetulnya, membiarkan beliau harus naik angkot lalu jalan kaki 200 meter.
Perasaan serupa dengan anak-anaknya yang measing-masing memiliki kendaraan

Sebelum belajar saya biarkan beliau beristirahat dulu, sebab diperjalanan harus lewati 2x turunan,1x kali tanjakan lumayan tinggi.
Kami ngobrol sambil makan kue yang rutin ia bawa. Melihat beliau seperti melihat nenek sendiri, rasa sayang selalu muncul.

Keinginan saya untuk mengantarnya pulang sampai angkot pun ia tolak.
Untuk menghibur hati saya berfikir, baguslah! beliau sedang mensyukuri nikmat sehat kaki. Bukankah seumurannya sudah banyak yang duduk dikursi roda? bahkan ada yang mengangkat sendok pun tak mampu.

Pernah beliau memberi saya scarf  coklat muda,motifnya unik cantik
kepengen nangis rasanya!... segitu usahanya cari tau tanggal lahir saya, sementara saya sendiri tak  menganggap ultah itu istimewa...Hik!

Waktu menceritakan alasannya kenapa ia semangat diusia senja,
matanya menerawang...sesekali senang, sesekali sedih. 
Tugas almarhum suaminya sebagai  Duta Ahli Morse, membawanya ke berbagai negara non muslim selama Puluhan tahun, hingga anak-anak lahir di beda negara.
Kesibukan duniawi membuatnya rugi kehilangan banyak waktu. Alhamdulillah Allah masih memberinya kesempatan di usia senja mempelajari agama. Entah banyak atau sedikit kesempatan itu, tapi kesungguhanlah ukurannya, bukan waktu!

Bu Dahniar lama tak saya temui.  Sejak lututnya sakit ia tinggal bersama anak bungsunya di tempat jauh.
1 kali saya datang menjenguk dan diperkenalkan dengan sang Putra yang ternyata sering tampil di TV. Ia pakar dan pemerhati politik.

Akh...jadi rindu dengan Bu Dahniar...lebih dari 5 th tak mengunjunginya
Mudah2an tidak ada sesuatu yang membuat saya menyesal....


No comments:

Post a Comment