Tuesday, 31 December 2013

Tak Perlu Tunggu Tahun Baru..!





Bagi setiap muslim Setiap hari adalah 'Baru'

Karena karakter waktu adalah:
Waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali, dia sudah pergi menghadap Tuhannya dg membawa catatan kita.

Jadi setiap hari, akan datang hari yang 'baru' yang berbeda
‪#‎Sebuah‬ Evaluasi yang Berani#

Seorang bocah laki-laki masuk ke sebuah toko.
Ia mengambil peti minuman
& mendorongnya ke dekat pesawat telepon koin.
Lalu,
ia naik ke atasnya sehingga ia bisa menekan tombol angka di telepon dengan leluasa. Ditekannya tujuh digit angka.
Si pemilik toko mengamati-amati tingkah bocah ini & menguping percakapan teleponnya.

Bocah: Ibu, bisakah saya mendapat pekerjaan memotong rumput di halaman Ibu?

Ibu (di ujung telepon sebelah sana): Saya sudah punya orang untuk mengerjakannya.

Bocah: Ibu bisa bayar saya setengah upah dari orang itu.

Ibu: Saya sudah sangat puas dengan hasil kerja orang itu.

Bocah (dengan sedikit memaksa): Saya juga akan menyapu pinggiran trotoar Ibu & saya jamin di hari Minggu halaman rumah Ibu akan jadi yang tercantik di antara rumah" yg berada di kompleks perumahan ibu.

Ibu: Tidak, terima kasih.

Dengan senyuman di wajahnya, bocah itu menaruh kembali gagang telepon.
Si pemilik toko, yg sedari tadi mendengarkan, menghampiri bocah itu.

Pemilik Toko:
Nak, aku suka sikapmu, semangat positifmu, & aku ingin menawarkanmu pekerjaan.

Bocah: Tidak. Makasih.

Pemilik Toko: Tapi tadi kedengarannya kamu sangat menginginkan pekerjaan.

Bocah: Oh, itu, Pak. Saya cuma mau mengecek apa kerjaan saya sudah bagus.
Sayalah yang bekerja u/ Ibu tadi!

Seperti anak kecil ini, sebaiknyalah kita mengEVALUASI tentang apa yang telah kita kerjakan

Perlu Diingatkan



Mengurus keluarga sakit itu , sering membuat lupa
Lupa bahwa harus tetap bersedekah, lupa harus tetap belajar.
(Yang memalingkan kita ternyata bukan perhiasan duniawi saja ya...)

Waahh...dunia baru keliatan luas ....setelah berminggu terkungkung dirumah

Nampak Si Kiki pengamen cilik, berteduh dari hujan di emperan toko
Badannya terlihat mungil, karna  ada diantara pengamen2 dewasa.

(Kiki  mengingatkan saya untuk selalu berbagi)

**"Maka jangan dikira orang mampu itu tak mau bersedekah...sungguh mata  terbatas pandangnya,
mereka perlu diingatkan...."(Nasehat Ulama)

Ibadah Pagi..

Kalau pagi-pagi sudah ibadah itu,enaaakk!
sambut pagi dengan hati tenang dan senang
mau makan rejeki Allah pun   tidak malu
sepotong singkong nikmatnya melebihi Kafyar.

Gimana ibadahnya? Zikir ribuan kali gitu?
Nggaakk...
Cuma belajar kok !
Ambil Quran terjemahan,lalu mencatat arti perkata
kalau terus ditulis kita akan faham cepat. Kata-kata quran berulang terus, kan?

Batasi saja, beberapa baris dalam 1 hari agar tak bosan
Kita belajar dihadapan Allah, guru kita Allah
Kan ditemui ayat-ayat yang menyentuh hati,
terbayang terus hingga bisa dijadikan bekal mengisi hari.

"Aku tak pernah bosan pada hambaKu yang ibadah/doa, sampai dia bosan sendiri"

Selamat Yaa..!


Bagi yang tidak ikut2an......Selamat..!
Berbahagialah di keterasingan,
Tetap genggam syariatmu, meski sepanas bara.
Pertahankan sunnah,meski harus kau gigit dengan gerahammu.....

Islam muncul dengan aneh
dan akan aneh kembali di ujung zaman...
jangan takut jadi orang aneh...

Berdosa...? Tak Apa..!


Cara agar hapus catatan dosa,
sama dengan cara agar bisa khusyu dalam sholat

Seperti belajar sepeda....cari keseimbangan
kalau mau jatuh kekanan, imbangi kekiri ,begitu sebaliknya
kalau sudah tenang seimbang, bisa lari kencang, stang tak perlu di goyang.

Pikiran melayang dlm solat....bila sadar, cepat kembali !
bagaimana bila berulang ..? biar saja..!
kita masih belajar ,semoga termasuk jihad
Ada nilai Allah untuk hamba yg tak bosan berusaha

Hati/tingkah berdosa...?
Tak apa...!
Orang di bumi harus pernah berbuat dosa, meskipun ia ulama besar.
jika tidak,Allah tak akan memperkenalkan diriNYa
bahwa Ia maha Pengampun.
Sifat Mengampuni,Rahman,Rahiim, ada pada Allah
maka harus ada hamba yang berdosa dan minta dikasihani

"Imbangi kesalahanmu dengan perbuatan baik"
Bila terlanjur salah ...cepatlah !
ambil Quran/sedekah/cium kedua ortu/datangi kerabat yg putus hubungan/
datangi anak yatim.....(apa saja....banyak pilihan ! )

Hamba bersih...
tempatnya bukan di bumi ini
Tinggal saja bersama para Malaikat...!



Bakpau Unik di Bogor


Bosen ya dengan bentuk bakpao yang bulat dan tidak bentuknya maupun rasa cuma begitu-begitu saja...?
Kini telah ada bakpao aneka bentuk yang lucu spt anjing,kero,kepiting,minion,kucing,babi,dan lain-lainnya selain tu jua dengan aneka rasa yang spt coklat,keju,coklat keju,strawbery,blueberi,lemon, srikaya, mangga, nanas, coklat strawbery, keju strawbery,kacang tanah,vanila,srikaya keju,ayam.

Tanpa Bahan pengawet dan bahan2 pilihan.
Ayo buruan order bakpao mumpung masih HARGA PROMO@ Rp 5000 dan Ayam @Rp 7000.

Bisa buat Rapat,arisan,ultah,1bulan,dll

Pemesan Hub 08170501754/081806027357(sms/tlp)

Monday, 30 December 2013

Tampilan Makanan Anak

For kids. by rachel.ruhlphippsFOOD! by shyflyfood by BIDA





Wooow....Mesjid Ajaib !!


Ada mesjid unik , mewah ,berdiri megah diperkampungan Malang.
Ini termasuk 5 masjid terbesar di Indonesia.
Penduduk menyebutnya Mesjid Ajaib  (Mesjid Tiban).
Ornamen dan kubahnya dipenuhi kaligrafi Arab.
Wisatawan banyak tertarik datang, melihat langsung masjid dan pesantren mewah bertingkat 11...ck..ck..


Masjid Ajaib yang sebenarnya merupakan bangunan pondok pesantren.
Foto: Viva Log









Topi Kerucut di Malam Tahun Baru


ADA yang khas dalam setiap pergantian tahun baru Masehi; terompet dan topi kerucut. Di balik semua itu, ada sejarah yang tersimpan berhubungan dengan umat Muslim di masa lalu.

Dalam kajian Kristologi yang disampaikan Irena Handono, dahulu, pada masa Raja Ferdinand dan Ratu Isabela (keduanya penganut Kristiani) berkuasa di Andalusia—ketika kaum Muslimin dibantai—memberi jaminan hidup kepada orang Islam dengan satu syarat, yakni keluar dari Islam.

Maka untuk membedakan mana yang sudah murtad dan mana yang belum adalah ketika seorang muslim menggunakan baju seragam dan topi berbentuk kerucut dengan nama Sanbenito. Jadi, Sanbenito adalah sebuah tanda berupa pakaian khusus untuk membedakan mana yang sudah di-converso (murtad).

Saat itu umat Islam di Andalusia dibantai, kecuali yang memakai Sanbenito. Topi itu digunakan saat keluar rumah, termasuk ketika ke pasar. Dengan menggunakan sanbenito, mereka aman dan tidak dibunuh.

Setelah pembantaian selesai, agenda Ratu Isabela selanjutnya adalah mengejar muslim yang lari dan bersembunyi ke Amerika Selatan. Orang Islam yang tertangkap lalu diseret ke lembaga inkuisi (penyiksaan) yang dilaksanakan oleh orang gereja. Adapun pastur pertama yang ditunjuk Ferdinand dan Isabela untuk melaksanakan inkuisi adalah pastur bernama Torquemada. Ia adalah Jenderal Yahudi yang dikenal sebagai pembantai umat Islam Andalusia.

Bukan hanya orang Islam saja yang diseret ke lembaga inkuisisi, tapi juga orang Yahudi yang menolak masuk Kristen. Di tanah lapang, mereka kemudian ada yang dibakar hidup-hidup, ada pula yang disiksa dengan kayu yang diruncingkan sehingga bokongnya akan tertusuk. Penyiksaan lainnya berupa pematahan tulang kaki.

Kini, enam abad setelah peristiwa, jutaan umat Muslim di dunia mengenakan topi kerucut Sanbenito ketika akan menyambut tahun baru Masehi. Detik pergantian tahun, mereka pun dengan wajah gembira membunyikan terompet, TEEEEET!, dan sama sekali tidak paham soal topi di kepalanya.

Sunday, 29 December 2013

H O B B Y ( Crochet )

                             
                               rosehavenyarn.com

Kadang begitu yaa...suatu hal yang di awal tidak kita suka,akhirnya jadi hobby.
Macam2 penyebabnya, bisa karna hal sepele. Seperti saya yang cuma tertarik dengan "Hakpen" (Jarum rajut) berwarna emas milik Ibu.
Penasaran kecil,lama2 besar juga. Tapi Ibu menjawabnya dengan ilmu dasar merajut sederhana, cuma bikin rantai panjaaang...."ini latihan melemaskan tangan dan jarimu saja.."!   katanya.

Hehehe...Sepertinya beliau tidak yakin saya serius. Mungkin karna remaja saat itu masih memandang , merajut itu kegiatan Nenek-nenek..! Atau karna ibu tau persis saya "pembosan"..?

Pada akhirnya ibu tersenyum senang, sebab ada 1 dari 5 anak perempuannya yang tertarik pada urusan benang.Susul menyusul Ibu mengajari saya jahit Kruistik, Bordir,Menganyam benang wol untuk hiasan bantal kursi, dan smook. Yang terakhir belum sempat mendalaminya.
Cuma merajut yang bikin saya tak teratur makan, ingin segera melihat taplak meja terbentuk sempurna. Melihat pintalan2 benang wol berubah jadi dompet, tas sekolah, syal, topi, merupakan kesenangan dan kebanggaan  .

Miskin variasi saat itu.. karna hanya bersandar pada majalah2 lama.
Kini dengan modal pencet2 , internet menampilkan kreasi dan ide2 cantik dari berbagai negara.
Ekhh! rasanya mau bikin dan punya semua.





Kursus2 rajut walau jarang tapi mudah di cari sekarang , dengan beberapa kali pertemuan ,kita bisa melanjutkan sendiri.
Yang sulit dicari adalah toko benang wol katun berkwalitas baik.Benang2 impor dari jepang dan eropa sangat kaya + menarik warna-warnanya. Hingga karya kita dapat tampil dengan warna bergradasi manis.
Benang2 negri kita tidak punya warna standar, dan kurang variasi  (semoga karna saya belum  bertemu).
Di Bogor hanya 1 tempat yg saya tau, di Mall Botani Square lantai teratas ,samping Bioskop XXII.
Harga satu gulungan kecil Rp 60.000,-. koleksi warnanya  Hhhmmm....rasanya kepengen dibawa pulang semua...!!  :)





Foto : Indulgy
 



Pertemuan Dengan LINDA

Mesti ada warna canda usai senam bersama Linda. Usia lebih sedikit dari saya,kenes,energik,semangat cari uang,banyak cita-cita,berani hidup!
Linda banyak cerita sambil minum jus jeruk untuk mempertahankan tubuh idealnya,sedang saya selalu bawa susu untuk menambah sedikit berat badan.

Anak semata wayangnya laki-laki kelas 5 SD ia sebut  anak "mahal" karna tumpuan semua kasih dan perhatian. Tak sedikit uang keluar guna mempertahankan hak asuhnya di pengadilan.
Sang Ayah sudah lama bermukim di Jepang sejak perceraian mereka.

Ada beberapa minggu tak bertemu Linda. Terakhir Ia ingin agar saya bisa bertandang  dan mencicipi masakan Padangnya.
Allah maha menentukan di tempat mana dan kapan manusia mampu memenuhi keinginan .

Saya bertemu Linda di Kamar Jenazah RSCM. Dalam hitungan hari, cancer otaknya menyerang dan mengakhiri semuanya. Seminggu lalu baru bertemu dia, kini hanya sebuah kenangan.
Terpana saya dalam membaca kehendak Allah, sampai tak sedap tidur.
Begitu bodohnya manusia, terkecoh dengan kata "esok". Betapa tertipunya manusia dengan kata "ingin".
Keduanya mudah sekali terenggut. Seperti kedatangan pencuri yg mengendap- endap di gelap gulita.

Sesudah Zuhur keranda berselubung kain hijau itu diberangkatkan.
Langkah cepat pengusung, secepat itu pula Linda meninggalkan rumah besar dan putra kesayangan.

Semua ingin mengantar, terpaksa saya yang menjaga rumah duka.
Rumah sunyi.....bekas2 pengurusan jenazah masih terhampar diatas karpet ruang tengah. Karpot garasi  basah bertebar bunga rampai dan ember-ember kosong.
Saya menatap foto2 linda dan sang putra.
Rumah akan kosong, sang putra sudah direncanakan segera ikut sang Ayah bermukim di Jepang.

Usia akan melepas kita dari segala yang kita usahakan...



Saturday, 28 December 2013

Lapis Bogor , Booming..!


Foto : Media Detik.com

Kompleks Ruko Bantar Kemang,Jl Pajaran No.20 E ,dipenuhi antrean penggemar LAPIS BOGOR.
Kebanyakan mereka adalah wisatawan yang mau menunggu 2 jam sampai  kue matang.
Jelang pukul 15 Kue hangat baru bisa diterima,cuma 2 kotak untuk 1 orang . Jika kehabisan berarti harus rela menunggu kloter ke 2.

Dengan harga termasuk murah (25 ribu) saja, bisa dinikmati macam2 rasa.
Warna ungu rasa Talas , Yang lain macam2 warna  bertoping keju,coklat,strowberry,capucino,Bluberry.
Saya suka rasa "Green Tea" ,warna hijau muda. Lembut...manisnya samar,tidak membosankan, dan ada rasa aneh....(rasa ingin nambah..!)

Usaha Rizka Romadhoan ini sejak tahun 2011. Wahh sabar banget yaa..!
Kini terbayar, anak buahnya kewalahan menghadapi banyaknya pembeli....
"Sabar ya Pak....nanti ada pembagian nomor lagi..."
Si Bapak harus menunggu sambil menyaksikan orang lain  pemegang nomor dipanggil dari masing2 loket.












Menata Isi Kulkas


Dilansir dari realsimple, Kamis (28/11/2013), berikut sembilan cara merawat kulkas agar bebas bau.

1. Simpan telur didalam wadah karton. Biasanya kita cenderung menyimpan telur diwadah telur pada lemari es. Agar telur tetap awet, sebaiknya anda menyimpannya dirak tengah pada kulkas. Posisi ini merupakan tempat terbaik dimana suhu yang paling konsisten ada disini.

2. letakkan susu di rak paling bawah dan agak sedikit ke belakang. Itu merupakan bagian paling dingin dan tempat yang tepat untuk menyimpan susu di kulkas.

3. Yogurt, Keju, di rak bawah. Makanan yang memakai tanggal kadaluarsa sebaiknya diletakkan di tempat yang paling mudah terlihat. Ini berguna agar sewaktu-waktu Anda dapat mengecek batas kadaluarsanya dengan mudah.

4. Daging mentah sebaiknya di rak  bersuhu  paling dingin. Ini berguna untuk menghindari tumpahan minuman seperti jus mencemari seluruh lemari es, termasuk daging yang Anda simpan.

5. Sayur membutuhkan kelembaban agar dapat bertahan lebih lama. Di setiap produk lemari es biasanya menyediakan rak khusus tempat sayuran. Masukkan dalam kantong plastik yang diikat longgar, kemudian susun sayuran Anda.

6. Sama seperti sayur saat menyimpan buah seharusnya menggunakan plastik dan mengikat longgar bagian atasnya. Selain itu, sebelum menyimpan buah ke dalam kulkas, sebaiknya cucilah buah terlebih dahulu untuk menghentikan perkembangan bakteri.

7. Saat menyimpan mentega sebenarnya tidak diperlukan suhu yang begitu dingin. Sehingga Anda dapat menaruhnya di pintu kulkas. Bagian ini merupakan bagian terpanas dari kulkas. Tempatkan mentega dan keju dalam wadah yang kedap udara.

8. Bumbu seperti saus tomat, mayones umumnya memiliki pengawet alami. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ditaruh di pintu kulkas.

9. Jus Jeruk atau minuman buah lainnya dapat Anda taruh dibagian pintu kulkas. Beda dengan susu segar yang sebaiknya Anda taruh di rak bagian bawah. (nia)

Mengorganisir Perlengkapan Anak

                                       

Siapa....?


Siapa yang akan memandikan
dan mengkafankan kita nanti ...?
Siapa yang akan berdiri sholat
disamping jenazah kita...?
Siapa yang kelak mengusung keranda kita?

Kita bisa tau
Jika meneliti kembali
Macam apa hubungan kekerabatan,
Lingkungan pergaulan,
dan kepada siapa kebaikan telah kita tebarkan...

Friday, 27 December 2013

Bebek Panggang


Hhhmmm.... Bebek Panggang ...banyak digemari
Sayang..masih meragukan kehalalan salah satu bumbu nya...."Ngohyong"
Beruntung ! ada resep membuat ngohyong sendiri,jd jangan khawatir lagi...!

Ngohyong biasa disebut dengan Chinese Five Seasoning.Bisa dibuat sendiri dengan campuran adas, kayu manis, merica hitam,cengkih,dan bunga lawang yang dihaluskan..





Ingredients 1

1 ekor bebek

4 lt air
100 ml madu
100 ml soy sauce
2 sdm angkak
1 sdt bumbu ngohyong
2 sdt penyedap rasa ayam

Ingredients 2

8 siung bawang putih
2 ruas jahe

Directions

1. Haluskan semua bahan bumbu halus (ingredients 2).

2. Lumuri seluruh bagian bebek yang telah dibersihkan dari bulu-bulu dengan bumbu halus, diamkan selama 30 menit.

3. Didihkan air, masukkan madu, soy sauce, ngohyong bubuk, angkak, garam dan penyedap rasa, masak hingga mendidih kembali dan bumbu larut.

4. Masukkan bebek ke dalam air rebusan bumbu, ungkep selama 60 menit atau sampai matang dan empuk. Angkat dan tiriskan sampai tidak ada air yang menetes lagi dan kulitnya kering.

5. Panggang bebek dalam oven selama 40 menit dengan suhu 150 derajat celcius, sesekali olesi bebek dengan campuran air rebus yang dikentalkan dan margarine. Sajikan bebek yang telah diiris-iris dengan kecap.

Mau Nggak Mau...





Dulu saya berfikir , bahwa mereka yang non muslim tak akan pernah dan tak akan mau tau tentang ilmu nya  ummat Islam.

Hehe...fikiran itu terbantahkan..!
Menarik ! waktu ambil jurusan Perdata saya liat teman2 non muslim  memegang buku Faraidh (Hukum Waris),  tau nama surat dan ayat yang jadi landasan hukum.

Lain lagi dengan  yg jurusan Sastra Indonesia. Mereka sabar belajar baca tulis  huruf arab satu persatu, karna  dalam  sejarah Perkembangan Bahasa di  Indonesia bukan cuma pernah menggunakan tulisan Sansekerta/Jawa Kuno, tapi juga "Arab Melayu".

Jadi, lucu ...ada yg lama jadi Islam tapi tidak bisa baca tulisan Arab, lain sisi ada yang non muslim  dengan bangga menunjukkan pada saya dia mampu menguasai.

Kini... pengusaha2 perbankan Konvensional Internasional demi hubungan luasnya  dengan Bank Syariah yg sedang menjamur, harus mengetahui hukum Ekonomi Syariah,seperti  Perbankan,  Asuransi (Takaful) ,Obligasi Syariah  (Sukuk).Kontrak Simpan Pinjam/Hawwalah ...dll
( Meski ini bukan mengenai agama,tapi mengenai satu Konsep Ekonomi )

Naaah....mau nggak mau dehh...!

Thursday, 26 December 2013

PENGGUNA KRL HARUS TAHU INI

Divisi Humas Mabes Polri
INFO UMUM




Berkaca dari Kecelakaan KRL di Bintaro beberapa hari lalu, banyak yang menyayangkan tidak tersedianya palu dan pemecah kaca di dalam kereta tersebut. Pada kenyataannya Kereta Rel Listrik (KRL) eks jepang tidak mengenal sistem palu pemecah kaca sebagai alat keselamatan. Mereka menggunakan katup angin untuk membuka kunci semua pintu agar pintu dapat dibuka dengan mudah oleh tangan.
Nah, dimana Anda bisa menemukan katup angin ini? Umumnya katup-katup ini tersebar di dua posisi yakni dibawah bangku dan diantara sambungan antar gerbong. Untuk menandai katup angin ini, biasanya mereka menandai dengan border penutup berwarna merah untuk memudahkan pencarian.
Selain di bagian dalam, di bagian luar kereta pun terdapat katup. Posisinya berbeda-beda, tergantung tipe KRL. Namun, pada umumnya keran tersebut berwarna merah. Misalnya pada gambar di atas merupakan katup yang berada di KRL seri 8000 dan 8500. Lokasinya di bagian dalam kereta tepat di pojok bawah kedua kursi yang berhadapan langsung dengan pintu keluar.
Bagaimana caranya menggunakan katup ini? Pertama, yang akan Anda lakukan adalah mencari dimana posisi katup berada. Jika sudah menemukan, buka penutup kerannya. Lalu tarik tuas keran sepenuhnya hingga terdengar suara angin yang terlepas. Dengan demikian pintu dapat dibuka dengan oleh tangan dengan mudah.
Penting untuk diketahui seluruh penumpang agar tidak sembarangan menggunakan katup ini. Pergunakanlah dalam keadaan darurat saja.