Friday, 14 February 2014

Jahitan Ibu (Smocked)




Ibu  menjahit sendiri sebagian besar baju-baju saya sampai saya usia kuliah. Karna terbiasa dengan jahitannya sejak kecil,saya tak malu mengenakannya meski pun modelnya tak sesuai dengan model yang sedang Booming kala itu.Misalnya model SMOCKED ini. Daster warna Pink dengan smocked di dada seperti gambar diatas persis baju saya dulu,sedikit beda pada lengan yang juga di smocked.
Sampai sekarang masih saya simpan daster warna Hijau Muda yang belum rampung Ibu jahit.

Smocked perlu teliti dan sabar (seperti sifat Ibu).Posisi kain dipertahankan untuk memudahkan pekerjaan.Maka Ibu mengajarkan saya untuk menahannya dengan cara menjahit jelujur (sementara) ujung kain pada bantal kursi .

Mudah membuatnya asal mau sabar. 
Basic jahitan seperti gambar kalung kain dibawah ini.
Pertama jahit jelujur bagian atas sekali,lalu kain ditarik membentuk kerutan. Dari bawah kerutan-kerutan itulah kita jahit jelujur,longkap-longkap satu persatu.Nanti dibaris kedua dijahit dengan cara sama,hanya diselang seling. Jangan sejajar dengan jahitan atas.

Atau model lain seperti kain warna orange dibawah ini:
Tiap 2 kerutan digabung jadi satu,lalu jahit. Lalu deretan bawah dipisah,gabung dengan kerutan sebelahnya.
Begitu seterusnya sampai besarannya sesuai dengan yang kita inginkan.
Paling terlihat mudah dan sederhana jahitannya ada pada gambar paling bawah.


                                        www.jilbabindoshop.com

No comments:

Post a Comment