Monday, 17 February 2014

T E K U N


writing by My.Life.With.AspergersTadinya saya pikir membuat Blog ini hanya perbuatan yang sia-sia, lho!
Apa ada yang merasa seperti itu juga? *Hehe..ceri temen!                                    
Tidak sekali hati bilang : "Ngapain? tiap hari mikirin apa yang mau ditulis?"
Atau... "Sok tau dan sok bijak banget sih, koment-koment masalah orang!"

Melihat tulisan sejak akhir tahun 2011, nyatanya bisa jadi bahan "Pembelajaran". Perjalanan menulis seperti mengintip teropong diri sendiri.Bagi saya menarik!
Lihat di awal-awal, betapa hancur bledugnya tulisan tanpa EYD yang benar, pengungkapan yang tidak runut,banyak copy paste, tidak konsisten dalam menyebut diri... kadang Aku,kadang Saya.

Bukan berarti tulisan saya sekarang sudah yahud!, tapi perjalanan menulis  mengajarkan saya bahwa:

 " Seseorang bisa belajar untuk menjadi tekun"

Motto blog saya adalah selalu berusaha  jadi manusia yang bermanfaat.
Bagaimana keinginan itu bisa terwujud bila saya tak tekun dalam menulis?
Yang perlu dipikirkan lagi,apakah pembaca saya nyaman dan dimudahkan dalam menyerap tulisan saya?

Menurut ahlinya,Pembaca harus dibuat asyik dengan bacaan singkat,tema menarik,tak ada jarak dengan penulis, tak terganggu matanya dengan ejaan atau tanda baca yang tak jelas.

Sekelompok Ibu-ibu yang gemar menulis membuka kelas On-line,tempat saya belajar bagaimana menulis yang baik dan benar, apa perbedaan tulisan tentang:
Kisah Inspiratif, Biografi, Artikel, KaryaSastra, Tips Mengedit Tulisan, dan Membuat Kalimat Efektif ,
nah! ini nih... cocok dengan saya yang pelit kata.

Ada juga "Kumpulan Emak-Emak  Blogger" yang makin membuka mata saya, betapa semangatnya Ibu-Ibu dalam menulis dan berjibaku dengan alat modern.
Blog Walking dengan mereka memperluas pemahaman gaya tulisan orang lain.
Dan... Woow!! Fokus mereka pada beragam tema seperti...  lapisan warna Pelangi!
Ini dunia baru yang kegiatannya  tidak hanya mengasyikan namun juga menambah Ilmu.
Bikin saya merasa awet muda tanpa obat atau perawatan canggih!

Tapi 1 inti yang terpenting adalah... "Ketekunan!"
Si "Tekun" akan didapat bila diawali dengan:

1. Mengetahui dan Memahami apa yang Anda inginkan
2. Tau tujuan, hingga nantinya berani menghadapi kesulitan apapun ditengah perjalanan
3. Mau mempertahankan keinginan akan menyingkirkan Kemalasan
4. Percaya diri,tidak berusaha menjadi orang lain
5. Tau strategi menulis yang menarik
6.  Mau belajar dari orang lain
7.  Menulis dijadikan kebiasaan.

Saya kadang sedih campur kesal... melihat gigihnya blog atau situs dagangan yang mengumpulkan follower sebanyak-banyaknya dengan cara   yang salah. Ingin  blog nya dapat pengunjung dengan cepat.
Membuat Blog yang ramai harus ada ketekunan,bukan instant!

Ketekunan akan membuat  :

- Sabar
- Pekerjaaan jadi menyenangkan
- Termotivasi untuk berkembang
- Orang akan  suka pada Anda.

Jadi jelaskan? Kegiatan nge-Blog saya ternyata tidak sia-sia!
Jika Google pernah menegur saya,"Tulisan Anda terlalu pendek!", biar saja...!
Saya sedang belajar "Tekun", atau istilah lainnya "Istiqomah"...  :)

























No comments:

Post a Comment