Wednesday, 30 April 2014

Mengundang Kupu-Kupu Ke Halaman

                                      
                                              gambarpemandangan.org

Letak tempat tinggal saya pas didepan kebun kompleks yang pernah juara lomba "Apotik Hidup".
Pohon Pete, Jambu,Rambutan, Minyak Kayu Putih,Cengkeh, yang rindang  melindungi kami  dari sengatan matahari. Hari-hari  masih terdengar suara Serangga Tonggeret penghuni pepohonan bersuara nyaring tak putus.

Tamu saya yang datang lebih suka ngobrol, bahkan makan bersama  di teras.
Hujan yang biasa turun sore hari pun enak buat dipandang, karna atap tak lagi bertalang, air bebas turun.
Seperti biasa... Putra Sulung saya senang main gitar di Bale, saat seperti itu.

Pagi ini, putri saya minta agar kami mengundang Kupu-kupu ke rumah. Wah! Ide cantik tuh !
Semula saya hanya niat mengisi Gang samping rumah dengan tanaman bumbu, sayur dan obat. Tapi akan baik kalau 1 kali repot tapi 2 keinginan terlaksana.
Biar, saya penuhi tembok luar dengan banyak bunga pengundang Kupu-kupu, dari pada kosong dan sering disampahi anak-anak yang sering main sambil makan jajanan disitu.

Pembaca ada yang tertarik juga untuk menghiasi halaman rumah dengan kupu-kupu?
Alhamdulillah, dia tak suka hinggap di pohon/bunga mahal, jadi sangat mempermudah kita.
Bunga liar yang sering kita temui bisa kita tanam seperti:

Bunga Widelia,Tai Kotok, Pacar Air,Asoka, Zinia,

( Dok : http://www.mjumani.net/)
bunga wideliacara mendatangkan kupu-kupu
                                                                                         Zinia


Asoka

Hanya ada "Tapi" nya nih...
Kita juga harus menyediakan pohon untuk penyedia makanan dari ulat.dan tempat kupu-kupu menyimpan telurnya.
Tak ada yang indah tanpa pengorbanan ya... yang jijik pada ulat tentu mikir-mikir lagi.
Kupu-kupu jenis Pappilio Memnon senang menitipkan telurnya pada bunga Asoka.

Eh, ternyata para ahli menggunakan kupu-kupu sebagai Indikator kesehatan lingkungan yang murah dan praktis! dan... saya menambahkan untuk menyehatkan  jiwa juga.
Duh! senang nya, masa tua nanti lebih akrab lagi dengan tumbuhan dan hewan...!
Dua mahluk yang sebenarnya Allah sediakan buat ladang amal kita juga. Merawatnya sama dengan bersedekah.





 

Tuesday, 29 April 2014

Mengenang Idris Sardi...


Dua karyanya yang mengisi 2 film lama ,selalu jadi kenangan...
Christina dan Karmila. Film dan lagu  saling mendukung hingga jadi tontonan dengan banyak pujian.

Sebetulnya banyak lagu tua yang terekam dalam jari-jarinya saat menggesek biola.Tapi  Bapak hanya mengkoleksi beberapa Piringan Hitamnya.
2 lirik lagu berjudul nama wanita itu  hingga kini  masih jadi kanvas khayal saya.

Christina, Perempuan berhati putih dan setia...
Karmila,  Perempuan  yang menyimpan luka...





Tiada lagi kata mesra
Tiada lagi gelak tawa
Tiada lagi belai menggapai rambut
Tiada lagi senyum merekah lembut
Tiada lagi semua itu, tiada lagi
Hilang semua hilang
Di suatu malam yang berkabut

Peluh dan embun
Membasahi tubuh dan Bumi
Sebasah wajah cinta tertetes airmata
Mimpiku telah gugur lebur bersama kasihmu
Diujungnya malam yang kelabu
Kini embun kering di mentari pagi
Sekering airmata hati ini
Kubiarkan hari berlalu
Berganti hari yang sepi
Namun kasihmu adalah kasihku
Cintamu adalah cintaku

Christina, cintamu seputih kasihmu
Christina, wajahmu seanggun hatimu
Christina, kasihmu setulus cintamu











Tiada angin dipanasnya hari
menyengat badan
membakar hati
Sehitam hidup hari ini
Tiada diri dalam badan
yang hilang pergi
Noda-noda menandai diri
Hilangkan suci hari ini
Reff.
Betapa panjangnya hari
Seolah enggan berganti
Hari kemarin dan esok
Seolah tidak pernah terjadi
Betapa duka diri
hari ini
Tiada lagi suci diri
hari ini


Hik! Anggrek Layu Setangkai.

Foto: Hik! Anggrek Bulan, layu setangkai. Kenapaaaaa??!!


Duuuhh...kesal campur  sedih ! Bunga Anggrek Bulan di rumah layu sebelah. "Kenapaaaaaa??!!"


Memelihara Bunga ini memang susah-susah... susah! Tidak boleh kena matahari langsung.
Hadeeh...mungkin karna kemarin  saya lupa  singkirkan dari jendela yang tersorot Matahari?



Baru mempelajari nih...
Ternyata Bunga Anggrek butuh kelembaban dibawah  70 %, bila lebih dari itu,dia akan busuk kena jamur dan bakteri.
Harusnya saya beri semprotan air disekitarnya saat udara panas.
Alhamdulillah daunnya masih segar, mudah-mudahan belum terlambat. Mengetahui intensitas cahaya mencukupi atau tidak bisa dilihat dari daunnya. JIka daun menguning pucat,tanda tak cukup siraman rohani...Eh! cahaya.!

Katanya menempelkan anggrek pada pohon besar yang ditempatkan sebelah Timur paling bagus, karna dia butuh matahari pagi. Angin juga akan membantu kesuburannya, maka bila diletakkan dalam rumah harus dekat kipas angin. Halllaahh...udah kayak sate yaa..
Penyiraman paling bagus jam 7 sampai 9 pagi- lalu jam 4 sampai 6 sore.

Seminggu sekali semprotkan Insektisida dan Fungisida, supaya tidak sakit/kena hama
Dua minggu sekali semprotkan  pupuk campuran Kalium,Pospor,dan Kalsium.
Kalau media/tanah terlalu padat, dirubungi semut atau ditumbuhi lumut, cepat ganti media  (terserah mau Media elektronik atau Media Cetak!)...*gemess
Agar tumbuh optimal bunga maupun pohon nya.

Misteri Angka

                                          
                                                                tamanalfabet.blogspot.com


Pagi-pagi dapat cerita dari teman, katanya begini...
Huruf depan dari angka-angka berbahasa Indonesia punya misteri,lho !
Buktinya ini...

Semua angka yang berawalan huruf sama bila ditambah,maka hasil nya selalu sepuluh.

Berawalan S -> Satu + Sembilan = Sepuluh
Berawalan D -> Dua + Delapan = Sepuluh
Berawalan T -> Tiga + Tujuh = Sepuluh
Berawalan E -> Empat + Enam = Sepuluh
Bahkan Lima + Lima = Sepuluh




Sunday, 27 April 2014

Cara Memperolah Nilai Di Mata Wanita




couple by mleika1. Setibanya dirumah, carilah dia terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal lain,dan peluklah!

2. Ajukan pertanyaan khusus mengenai hari-harinya. Apakah rencananya sudah dijalankan?

3. Berlatihlah mendengar dan mengajukan pertanyaan

4. Tahanlah godaan untuk menyelesaikan masalahnya, sebaliknya ikutlah merasakan

5.  Beri waktu 20 menit untuk memperhatikannya, jangan sambil baca koran atau  yang lain.

6.  Beri hadiah  pada kesempatan istimewa, atau suprise diluar waktu istimewa

7.  Sesekali tawarkan diri anda untuk menyiapkan           makanan malam                                                                    

8.  Hargai perasaannya apabila ia sedang marah

9.  Puji penampilannya dengan ikhlas

10. Memberitau/telepon bila pulang terlambat


Payung Bapak

                                                      


Sekarang kemana pergi, Bapak  (87 tahun)  selalu bertongkat payung.
Padahal ia punya 3 tongkat tergantung di dinding kamar tidur.
Tongkat berukir warna hitam , disebut orang "Kayu besi"  (saking kerasnya), dari Daerah.
Yang lainnya  tongkat dari kayu biasa, buatan orang seorang tahanan  saat Bapak berceramah disana.
Tongkat yang pembuatannya memakan waktu lama berbulan-bulan, karna membentuknya menggunakan beling


"Kamu tau kegunaan payung ini ?" Kata Bapak saat kami berjalan menyusuri Gang.

"Untuk penyanggah dan untuk hujan" Jawab saya.

"Bukan itu saja Nak... payung ini membuat pengendara motor berhati-hati saat melintas disisi Bapak. terutama saat menyeberang. Selain itu dapat membantu jika  bertanya alamat atau tujuan kendaraan . Orang-orang di jalan  baik, mereka meminta sopir bersabar saat Bapak  turun atau naik kendaraan".

My Beautiful Woman


All Woman were created to be beautiful,believe it !



Saturday, 26 April 2014

Minggu Pagi



                                                    Dok : Pribadi


Jakarta berlangit biru pagi ini.
Apertement Kali Bata blok Akasia lebih hidup dibanding blok lain.
Disini anak-anak menikmati minggu pagi di taman bermain.
Suara jernihnya menghangatkan suasana kaku orang dewasa,
Dan membuat tembok tebal angkuh jadi sedikit ramah.

Kalau jalan sedikit dari pintu utama
Ada kantin  Nasi uduk dan kue- kue sarapan.
Meja tlah diisi pembeli dengan asap mengepul mie rebus

Saya hanya menikmati risoles siram sambal kacang
Sambil menunggu 6 bungkus nasi uduk disiapkan.
Sehabis sarapan, sekian rencana akan di jalankan

Kerumah Bapak, besuk saudara, tengok ponakan yg masih bayi,
Serahkan surat mobil untuk urus  pajaknya
Dan... Ke Bengkel. 

Friday, 25 April 2014

Write And Write...

                                 write by echkbet

Venus Dan Mars


                                  Dok: Pribadi



Akhirnya buku ini saya temui, setelah  menghilang lama. Buku yang menceritakan bahwa alam fikir Wanita dan Pria amat jauh beda. Itu yang menyebabkan wanita dan pria sering selisih pendapat jika tak saling memahami.

Misalnya begini,
Bila ada masalah... seorang Pria cenderung menarik diri, ia butuh waktu sejenak kembali ke lorong rahasianya . Dalam diam ia lebih mudah menemukan solusi.
Maka baiknya, biarkan dia sendiri, jangan coba bertanya apalagi memaksa dia untuk menerangkan kegelisahannya, kecuali atas keinginannya sendiri.

Berbeda dengan wanita,
Ia akan segera mencari teman bicara. Tak sanggup menahan keluh kesahnya sendiri. Dengan bercerita terasa berkurang beban meskipun dalam pembicaraan itu ia tak menemukan solusi.

2 perbedaan yang sangat jauh seperti tinggal di masing-masing planet. Bayangkan apa reaksi Pria bila istrinya bilang "Ada apa sih? ngomong dong!"
Atau si reaksi wanita saat suaminya tak meminta dia untuk bicara masalah di fikirannya.

Penyusunnya adalah sepasang Suami-Istri.Masing-masing menuliskan keinginannya dalam setiap masalah.
setelah digabung,jadilah buku yang enak dibaca dan mudah difahami  ini.

Saya tau tentang buku ini dari cerita Adik saya kurang lebih 5 tahun  lalu, tapi hanya cerita, wujudnya tak pernah tau. Nah! bisa dibayangkan bagaimana perasaan saya begitu tak sengaja melihatnya di Toko Buku.








Thursday, 24 April 2014

Puisi... Oh,Puisi


Dream. by Sunday Rose

Pernah saya bergabung dengan komunitas pecinta puisi. meski sebenarnya saya tak pandai berpuisi.
Puisi bagi saya hanya penghibur. Seperti mendengarkan sebuah lagu cinta , saya menyanyi dan tak pernah dalam memikirkan  liriknya, apalagi sampai menangis karna lirik cinta, tidak!

Hanya lagu Bimbo yang membuat saya menangis.
Liriknya menyentuh, membuat akal tunduk pada Fitrah insani yang sudah Allah titipkan.
Menghasilkan perenungan yang dalam.Allah memang Maha Pencemburu... tak boleh ada 1 nama manusia
pun yang merajai hati selain nama-Nya.


Puisi hanya kegembiraan sejenak bagi pembacanya. Dan keberhasilan memuaskan bagi pengarangnya.
Si pengarang bebas membawa khayal pembaca kemana ia suka. Begitu luas arti 1 kata, yang bisa diartikan apa saja sesuai selera pembaca maupun penulisnya.

Hasil dari pengamatan saya, tak sedikit yang kadung larut dan terperosok ke dalam huruf.
Tak lagi peduli dengan realita. Ia mengesahkan seseorang jadi kekasih hidupnya meski hanya gambar khayal, atau seseorang itu nyata ada, tapi sama sekali tidak mengenalnya

Ada lagi yang lucu, seseorang menulis beberapa dialog, Ia berteman dengan 3 orang yang tak lain adalah dirinya sendiri. Dalam tulisan ia seolah gadis Korea berpenampilan seronok seperti di Telenovela Korea.Dan itu sangat jauh dari penampilan kesehariannya, jauh dari sifat aslinya.

Tentu sah-sah saja bagi yang namanya "Kebebasan". Namun belajar membohongi diri sendiri selalu ada efek,meski pun kecil.










Wednesday, 23 April 2014

Ayam Betutu Di Bogor

                                                          Foto

   Dok: Pribadi


Ayam Betutu jarang ditemui di Bogor. Makanan khas Gilimanuk ini pedas luar biasa, tapi tidak bikin kapok.
Ditambah dengan hidangan teh hangat suam kuku, bikin kuping terasa membesar.

Harum bumbu sereh dan kencurnya terasa. Cabe rawit dominan pedasnya.
Kalau di resep tampilannya macam-macam. Ada yang hijau atau merah baluran cabenya.
Yang jelas harus pedas.
Yang saya heran,kok wisatawan asing banyak yang memujinya yaa..? padahal perut mereka tak terbiasa dengan makanan pedas panas.

Ayam betutu yang saya upload gambarnya ini, ada di Jl.Bangbarung Indra Prasta.
Harganya cukup mengejutkan. Murah banget ! ditempat lain ada yang jual sampai 30 atau 40 ribu.
Di warung ini cuma 16.000 berikut Nasi Uduk.

Mereka siap antar , 1 ayam goreng lembut yang sudah digeprek itu harganya 13.000/potong.
Banyak pilihan menu lain, harganya lumayan !
Mau pesan ? ke sini...0812-1951 8050 / 0857-1745  5020







FotoFoto















Senja Di Masjid Raya-Bogor.



Mesjid kebanggan saya ini  berhadapan langsung dengan wajah Gunung Salak.
Panorama cantik di sepanjang koridor.
Lantai seperti air, mengingatkan ujung gaun Ratu Bilqis yang terangkat di istana Nabi Sulaiman

Jika senja turun, langit jingga menghiasi ujung kubah .
Burung dan kalelawar dari Kebun Raya melintas tenang.

Malam bergaun biru  merayap datang
lembah kaki Gunung berhias kemerlip lampu.
Suara azan dan lukisan langit di tiap pergantian, membawa rasa syahdu.
Memang... saat kembali ke Pemilik Pergantian,yang lain tak berarti lagi...

FotoFotoFotoFotoFoto


Foto



Dokumen : Pribadi








Monday, 21 April 2014

Makan Kambing, Tapi Kolestrol Aman...


                                        
                                                 gudangmasakan.blogspot.com


Tugas suami saya yang sering bertemu dengan customer dari berbagai asal/negara menghasilkan informasi yang lumayan !
Seringkali dari percakapan ringan akhirnya dapat tips.
Seperti kali ini, suami bertemu dengan customer asal Timur Tengah.

Dia bercerita, orang-orang Arab makan daging setiap hari, bagi yang sudah berhaji pasti tau, mereka lebih suka kambing dari pada daging ayam.
Tapi makanan itu tak membuat mereka terkena kolestrol tinggi. Rahasianya ada pada "Jeruk Lemon".
Sehabis makan diaging-dagingan mereka langsung peras jeruk langsung diteteskan ke mulut.

Memang saya pernah dapat informasi, di negeri kita banyak yang menderita stroke karna perbedaan kita dengan mereka, memakan protein Hewani dicampur dengan Karbohidrat (Nasi), apalagi dimasak campur santan. sering di inapkan dan dipanaskan, lalu... malas pula makan buah.
Orang-orang Arab makan daging kambing  dengan roti gandum, roti kaya serat.
Maka sebetulnya menu itu tak perlu ditakuti, asalkan tau men-combain nya dan tau rahasia setelah makan.

Lain lagi dengan Orang India. Mereka yakin dengan memberi Bawang Bombai yang banyak pada masakan daging, akan terhindar seseorang dari kolestrol tinggi.

Meski ada solusi asik seperti itu, alangkah baiknya kita tidak berlebihan.

Jawaban Test Yang Bikin Senyum


Saya senyum-senyum baca copy-an  lembar jawaban test tingkat SD.
Yang mengisi adalah putra Pidi Baiq, yang menghiasi salah satu status twitternya beberapa waktu lalu.
Itulah.... buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kecuali kalau kena angin, bisa melenceng.
Kalau ini buahnya betul-betul jatuh tepat di bawahnya, ke dalam wadahnya langsung!

Bapaknya super cuek, bebas, gaya seniman abis, kalau baca twitter nya lulusan ITB dan ayahnya dosen ITB itu sangat blak-blakan apa adanya. Sahabat baru bisa merasa sudah lama bergaul dengannya.

Satu waktu menurut ceritanya, Ia dipanggil Guru sekolah anaknya, karna semua soal test , dijawab dengan salah. Saya tak tau ini guyonan Bapaknya atau realita?
Tapi lumayan menghibur !    :)


1. Kemampuan mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut...Silaturrahmi
2. Cicak menghindari diri dari musuhnya dengan cara...berlari
3. Perubahan wujud yang terjadi secara alami adalah...Bantai,Power Ranger
4. Jika kamu menyimpan air di dalam Freezer lemari es maka...dibuat Teh manis

Selanjutnya.... baca saja!
Hehehe...kalau bagi seniman,itu jawaban kreatif namanya...:)



Embedded image permalink

Sunday, 20 April 2014

Hasil Test Kepribadian. Saya adalah....



Ini hasil test Gratis  Ipersonic.

Tipe Idealis Pemimpi sangat berhati-hati dan oleh karenanya tampak pemalu dan pendiam bagi orang lain. Mereka berbagi kehidupan emosional mereka yang kaya serta pendapat-pendapat kuat mereka dengan sedikit sekali orang. Namun orang sering keliru menilai mereka dingin dan pendiam. Mereka memiliki sistem nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang murni dan mulia yang menonjol di dalam diri mereka yang demi hal-hal itu mereka bersedia mengorbankan banyak hal. Joan of Arc atau Sir Galahad adalah contoh tipe kepribadian ini. 

Tipe Idealis Pemimpi selalu berusaha keras memperbaiki dunia. Mereka dapat sangat memikirkan orang lain dan melakukan banyak hal untuk mendukung mereka dan membela mereka. Mereka tertarik dengan sesama mereka, penuh perhatian dan murah hati terhadap mereka. Begitu antusiasme mereka akan suatu hal atau orang bangkit, mereka dapat menjadi pejuang yang tak kenal lelah.

Bagi tipe Idealis Pemimpi, hal-hal praktis tidak benar-benar penting. Mereka hanya menyibukkan diri dengan tuntutan-tuntutan harian yang duniawi saat benar-benar perlu. Mereka cenderung hidup sesuai dengan semboyan „yang jenius mengendalikan kekacauan“ – yang biasanya memang demikian sehingga biasanya mereka memiliki karir akademik yang gemilang. 

Mereka kurang tertarik dengan detail; mereka lebih suka melihat sesuatu secara keseluruhan. Ini artinya mereka masih memiliki pandangan menyeluruh yang baik ketika sesuatu mulai menjadi rumit. Namun demikian, sebagai akibatnya, sesekali dapat terjadi tipe Idealis Pemimpi melewatkan sesuatu yang penting. Karena mereka menyukai kedamaian, mereka cenderung tidak terang-terangan menunjukkan ketidakpuasan atau kejengkelan mereka melainkan memendamnya. Ketegasan bukan salah satu kekuatan mereka; mereka membenci konflik dan persaingan. Tipe Idealis Pemimpi lebih suka memotivasi orang lain dengan sifat ramah dan antusias mereka. Barangsiapa mendapatkan mereka sebagai atasan tidak akan pernah mengeluh kekurangan pujian.

Di tempat kerja, tipe Idealis Pemimpi adalah teman dan pasangan yang suka menolong dan setia, orang-orang yang memiliki integritas. Kewajiban sangat sakral bagi mereka. Perasaan orang lain penting bagi mereka dan mereka senang membuat orang lain bahagia. Mereka puas hanya dengan lingkaran kecil pertemanan; kebutuhan mereka akan kontak sosial tidak begitu menonjol karena mereka juga butuh banyak waktu untuk diri sendiri. 

Basa-basi kecil bukan keahlian mereka. Jika seseorang berharap berteman dengan mereka atau memiliki hubungan dengan mereka, orang itu harus mau berbagi dunia pemikiran mereka dan bersedia berpartisipasi dalam perbincangan mendalam. Jika Anda berhasil melakukan itu Anda akan dianugerahi dengan kemitraan yang luar biasa intensif dan kaya. 

Karena tuntutan-tuntutan mereka yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain, tipe kepribadian ini kadang-kadang menjejali hubungan dengan gagasan-gagasan romantis dan idealis hingga tingkat tertentu sehingga membuat pasangan merasa terbebani atau minder. Tipe Idealis Pemimpi tidak jatuh cinta dengan mabuk kepayang namun ketika mereka jatuh cinta mereka menginginkannya menjadi cinta sejati yang tak berkesudahan.






Kartini Kini Menurut Saya...



Seperti biasa...
Hari Kartini selalu bermunculan wajah-wajah wanita yang sukses. Dianggap mereka wujud dari cita-cita Kartini.

Apa cuma itu?
Persepsi yang tertangkap seolah :
"Ini lhooo... bukan pria saja yang sanggup!"

Menggambarkan wanita tangguh rasanya tak cukup seperti itu...

Wanita atau Ibu mulia adalah yang sukses mengajari Anaknya  berani hidup, mampu mencetak anak-anak tangguh berakhlak baik, berperan di bumi.

Wanita atau Ibu yang harum namanya adalah yang mereka yang tetap menambah Ilmu, berbuat dalam Masyarakat, menyumbangkan ilmu,tenaga dan fikiran meski dalam keterbatasan waktu dan gerak.

Semoga Wanita Bumi Pertiwi tak terperosok dalam pandangan yang "Seragam"
Bagaimana sosok wanita yang dikehendaki Kartini sebenarnya, menurut Anda?


Dok: KasKus



                                                                       rizbay-zone.blogspot.com



Bila Kita Ember



"Hanya ember yang berisi air saja yang dapat memberikan air pada gayung"
( Donald Clifton)

Semisal ember itu adalah diri kita dan air adalah emosi positif, maka emosi positif kita mampu memberikan  energi positif pada orang lain.
Bagimana mau memberikan kesejukan pada orang lain, jika jiwa kita kering?

Orang yang punya emosi /energi positif atau negatif akan terasa dalam kehadirannya.
Ada pertemuan yang tak komplit tanpa kehadiran seseorang.
Ada yang kedatangannya tak menambah, kepergiannya tak mengurangi.
Dan ada pula yang suasana jadi tak enak dengan kehadirannya.

Emosi positif semakin disebarkan,pemiliknya akan semakin kaya.
Ember itu seperti berisi kembali dengan air yang baru bersih, lebih banyak yang menikmati.
Hati makin lapang dengan banyak memberi. Hidup terasa komplit dan Indah.

Pernah saya temui satu keadaan, dalam 1 angkot yang penuh sesak.
Sebelumnya penumpang biasa saja tak resah. Begitu satu orang mengeluh panas, maka yang lainpun merasa panas dan terpancing mengeluh...

Menyenangkan orang dengan emosi positif bukan hanya berimbas kebaikan pada kita saja.
Tapi juga membuat orang lain terpancing untuk mengikuti.
Mari... kita berlatih..!


Saturday, 19 April 2014

Suara Anak TK





Saya tak boleh muncul saat TK belajar
anak-anak lucu itu pasti berhamburan keluar kelas
cuma untuk berebut bersalaman.

Apalagi kalau saya menyapa dan menjulurkan tangan dari balik tembok.
sambil tertawa-tawa mereka akan bersalaman... bergelantungan,
Makin seru bila ada yang terjatuh.
(TK dan hunian saya memang hanya dipisahkan tembok dg ketinggian sedang)


Perpisahan yang beberapa waktu lagi sangat menyedihkan sekaligus memprihatinkan.
Entah kapan lagi saya bisa menghadapi anak-anak polos itu.
"Segala sesuatu memang ada umurnya"
















"Maafkan Kami Nak..."


                                                        Son of Rambow by sophie



Saya tengah memikirkan perkataan Carol Dweck :
Seharusnya orang tua yang punya anak serba punya,serba mudah, mengatakan begini:

"Maafkan kami nak, telalu membuat segala sesuatu gampang buatmu. Nak, soal ini kurang menarik...bagaimana kalau kita coba cara lain yang lebih menantang?"

Menurut Dweck, sedari kecil anak-anak harus dibesarkan di alam yang menantang, bukan asal gampang
atau digampangkan. Pujian baik untuk menyemangati,tapi bukan untuk membuatnya selalu mudah.
Masa kecil nya sering menghadapi tantangan dan kesulitan. Menurut orang dia "Bengal", api menurut Ibu nya dia kreatif,otaknya bilang "Selalu ada jalan dari setiap kesulitan"

Memasuki alam dewasa,seorang anak akan mengetahui dunia ini beda. Banyak keanehan,tipu daya,hal  gampang bisa jadi sulit. Namun manusia yang " terbiasa berani" bisa membalikkannya.
Banyak ilmuwan pintar tapi reaktif dan  cepat tersinggung, atau orang kaya yang selalu memaksa keinginannya terpenuhi.

PANGGUNG ORANG DEWASA
Dunia dewasa adalah panggung besar yang Unfair treatment yang menyakitkan bagi anak-anak yang tumbuh dalam alam kemudahan dan perlindungan.
Didunia kerja dapat mereka lihat bahwa seorang Akademisi belum tentu hebat atau menduduki posisi bagus.

Orang yang suka tantangan tak akan iri atau mencerca orang yang sukses. Ia malah meyakinkan dirinya bahwa Ia kurang menghadapi ujian yang sesungguhnya.
Banyak orang pintar yang jadi bodoh karena tak bisa mengelola kesulitan. Ia hanya pandai berkelit atau mengoceh-ngoceh di belakang.Bersungut-sungut karena tak ada lagi orang dewasa yang mengambil alih kesulitannya.

Seorang Mahasiswa yang berani mengahadapi tantangan keluar negeri sendiri, merasakan kehabisan uang,kelaparan, akan berbeda dengan Mahasiswa yang dapat intervensi orang tuanya. Mancarikan Travel agent, memberi uang saku yang banyak, menitipkan pada saudara/kerabat,membantu mencarikan tempat penginapan yang aman dan lain-lain...
Ini yang mengakibatkan banyak orang pintar yang sulit menghadapi kesulitan.

Pesan Carol Dweck:

"Sebenarnya sederhana saja, Orang Tua jangan cepat-cepat merampas kesulitan yang dihadapi anak-anak. Berilah mereka kesempatan untuk menghadapi kesulitan dan tantangan"










Friday, 18 April 2014

Manfaat Kekurangan



Manusia harus punya kekurangan...
harus ada yang berkebutuhan khusus...
Bukan untuk meyakinkan bahwa Allah itu sempurna dan kita manusia lemah,bukan!

Kekurangan dan kelemahan orang lain adalah
 jalan untuk berterimakasih pada Allah
Tak jemu Allah mengingatkan kita untuk bersyukur
sampai-sampai kita dinasehati lewat orang lain.

Jika lihat orang didekatmu lumpuh diatas roda,
maka kau akan sayang pada kakimu
Bila teman pelit
maka semakin kita takut memiliki sifat demikian 

Begitu juga dengan kelebihan orang
Allah seolah mengingatkan,ayooo...cari,apa yang kamu bisa?

Apapun yang ada dan terjadi, tak pernah sia-sia...
Akhirnya kelebihan dan kekurangan kita berfungsi untuk saling menasehati
dan saling mengingatkan satu sama lain.

Jadi rendah diri atau sombong  tidak perlu,kan?






Happy...!!



Tau Enggak?
Ternyata Siswa  Indonesia menududuki peringkat ke 1 paling bahagia , dibandingkan dengan 60 negara lainnya yang ada di bumi ini. Dan yang paling tidak bahagia adalah negara Hungaria. (Hasil PISA 2012)

Tapi jangan girang dulu....

Menurut Programme for International student Assessment (PISA). Pelajar Indonesia bahagia dan mudah bersahabat, tapi  kwalitas pendidikannya cuma 1,9 point saja.
Sementara Singapore tetangganya no,2 terbaik didunia dengan point kwalitas 3,3.






Penyakit 5 tahun sekali



Tak dipilih, Caleg PAN mengamuk & blokir komplek Satpol PP 
Caleg stres, gagal jadi frustrasi menang bakal korupsi 
Suara jeblok, caleg PKS rebut paksa kotak suara di TPS 
Suara jeblok, Caleg gagal dari Golkar blokir jalan desa 

Itu judul-judul berita di harian Merdeka.com tanggal 13 April 2014.
Penyakit 5 tahun sekali  yang memalukan ini lama-lama dianggap biasa saja.
Rasa malu seperti sudah tercabut.

 Lebih parah kabar yang berjudul " Cuma dipilih 29 orang, Caleg Hanura tarik bantuan untuk Musholla". Kejadian untuk kesekian kalinya.Menurut saya Penerima dan Penyumbang sama-sama tidak faham arti "Infaq" dan hukumnya mendirikan masjid atas niat tertentu

Pengurus masjid yang faham syariah pasti menolak, dia tau membangun masjid atas dasar tujuan tertentu sama dengan  Masjid yang didirikan kaum munafiq. Dengan tegas Rasulullah menghancurkannya.

Belajar dari sana, baiknya di musim pemilu yang akan datang buatlah Pengumuman tertulis  ditiap mesjid.
"Kami tidak menerima sumbangan dari Caleg Partai Manapun". 
Guna menjaga Muru'ah tempat Ibadah dan mendidik  masyarakat yang buta syariah.

Aneh yaa...Kekuasaan yang pada zaman Rasulullah di takutkan karna  amanat yang berat, kini jadi gula yang banyak didatangi semut.
Bisa jadi diawal karna cinta dan ingin berbuat untuk bangsa, tapi bergabung bersama orang-orang yang silau dunia akhirnya terperosok juga.

Mau bukti? 
saja... muka-muka lama masih betah  bertengger di kursi incaran itu. 
Meski mereka bersorban, puluhan tahun saya melihat wajahnya di TV. Mereka tak malu meski yang menonton sudah jenuh.













Thursday, 17 April 2014

Pesan Yang Di Gambar Saja..

                                  
                                                Doc: Anamblog        


Pesan menu di fast food itu cuma gara-gara mau berteduh dari hujan saja.
Kalau pesan satu paket,saya bisa dapat Ayam,kentang dan Coke. Tapi karna saya menghindari minuman soda, saya ganti dengan Teh kotak . Dan ayam yang terlalu besar itu saya minta ganti dengan Dada atas saja.

Di gambar menyala terang itu tertera 1 paket harga 32.000,- , saya fikir, harga teh kotak paling selisih beberapa ribu dari harga di luar.
Tapi... hehehe, kejadian lagi! depan kasir sering jadi tempat horor.
Saya dapat Ayam yang tidak besar,tapi harganya yang bertambah besar, jadi  42.000! Wuiihhh!!

Rupanya kalau melenceng dari tawaran mereka, berarti pesanan kita spesial!
Hadeeehh...tau begitu pesan saja yang ada di gambar apa adanya !

Sebetulnya gaharrr!!
Bagusnya, dapat solusi untuk menghapus perasaan tidak nyaman itu.
Saya minta  bungkus semua, dan saya sedekahkan untuk orang yang saya sayang.
Berapapun harga, bukan masalah kalau untuk orang tersayang, kan?
Xixixi...Dari pada ngedumel jadi dosa, lebih baik jadi pahala.

Wednesday, 16 April 2014

Malu Dengan Tulisan Sendiri


Kalau tangan lagi gatal ingin menulis tapi belum ada yang pas buat ditulis, biasanya saya buka lagi tulisan lama yang pernah di publish lalu saya masukkan draft.

Kenapa ya?  suka malu, enggak enak, atau risih baca tulisan   lama, kecuali ada pesan yang manfaat.
Makanya saya kurang nikmat menulis cerpen. Karna membaca kembali jadi pingin ketawa.
Dalam hati bilang "Lebay lu akh..!"

Saya amat salut pada teman-teman yang bisa menulis banyak untuk sebuah novel atau cerpen.
Khayalan saya sering rusak  begitu realita bicara.
Inginnya sih, bisa membawa emosi pembaca pada plot-plot yang direncanakan.

Perasaan menyatu dengan tulisan hanya pada saat menulis kisah nyata yang saya temui orangnya langsung.
Saat menulis membayangkan wajah,rumah,dan cerita kehidupannya memudahkan emosi saya muncul.
Tulisan dari hati akan sampai ke hati juga tentunya.

Jadi pembaca jangan heran ya... kalau tulisan saya ada yang menghilang !
Membaca tulisan sendiri kayaknya gimanaaa gituh ! Hehehe..





Memilah Memilih...

                                  
                                                  blogs.ubc.ca

Kalau tidak karna persyaratan lomba harus mencantumkan dan me-like tweeter, tentu saya tak mau membuat akun tweeter.
Memasuki  tweeter bagi saya sebenarnya hanya memenuhi ruang-ruang fikir saja.
Jika isinya sampah atau hanya bikin panas telinga.

Seperti di darat juga, hendaknya kita  selektif dalam memilih  teman atau status FB atau Tweet yang masuk.
Jangan segan-segan me-remove orang-orang yang gemar menampilkan gambar atau komentar-komentar tak pantas. Otak kita harus kembali ke Pemiliknya dengan bersih. Tanpa ada prasangka buruk karna terpancing.

Tak sedikit komentar menjengkelkan yang akhirnya tersebar luas bikin orang kesal berjamaah.
Si penulis dengan santai berlalu tanpa rasa, padahal dialah sumber hawa tak sedap.
Bisa jadi  pendapatnya benar,tapi salah sasaran atau penyampaian terlalu pedas.

Bagus kan? Bila Halaman maya  kita membawa hati jadi adem, gambar menyejukkan, status/kata-kata yang membangkitkan semangat dan jadi bahan renungan. Komentar bikin senyum dan manfaat.
(*Wahhh! ...  FB saya memenuhi syarat, enggak yaa..?)

Selalu saya ingat pesan ini :

"Tak selamanya fikiran harus dikomentari dan tak selamanya komentar harus dipikiri"

Tuesday, 15 April 2014

Motret...




Memotret makanan selalu memngasyikkan...
Meski kamera saya biasa-biasa saja
Meski kadang malu dengan tatapan orang disekeliling

**Akh! biar saja! dari pada "Selfie" , kan?

Karna saya sedang belajar mengambil gambar yang baik.
Sesampainya dirumah,biasanya saya minta anak mengoreksi dan menghapus hasil gambar yang kurang bagus.

Mengapa memotret makanan?, karna dia genit, menggiurkan, tak bergerak, mudah diatur,dan cara mudah saya untuk belajar.

Belum banyak foto yang saya hasilkan. Dan hasilnya pun belum memuaskan.
Yang saya tampilkan disini hasil jepretan  Iphone Apple 5, yang cuma punya 3,5 MP.
Sebagian besar masih dalam kamera  16 MP. Tapi ya ituuu.... belum saya saya salin ke Komputer.

Malas...? hihihi, bukaan...!  tapi belum diajarin sama anak!

Ini hasilnya... Tapi jangan ditertawakan yaaa...!  :)











       












Monday, 14 April 2014

Mensiasati Perkedel Padang







Kalau beli nasi padang, pasti anak saya pesan Perkedel.
Harga 1-an  5000, lumayan kan? Wajarlah, karna mereka mencampurnya dengan daging halus sedikit dan bumbunya nendang.

Baiknya sih, bikin sendiri. Dapat setengah kilo kentang bisa bikin 10 perkedel ukuran sedang.
Apa daya kalau....kefefet !   *Alesan

Karna sedang kedatangan anak saya dari Pesantren, saya pesan Gulai Ayam dan 2 perkedel .
Tapi perkedel  itu tidak tampil di lemari kaca.
Pelayan minta saya menunggu beberapa saat, untuk menggorengnya.

Ahaaa... !! dapet inspirasi !
Tanpa menunjukkan rasa ephoria, saya minta perkedel mentah dibungkus saja.

"Tidak apa-apa,Uda...Biar saya  goreng dirumah saja"

Jreeeengng !!  Di dapur saya, perkedel itu jadi 5 !
2 perkedel saya hancurkan dalam kocokan telur 1 butir, lalu goreng .
Hihihi...makan hangat-hangat dengan rasa menang !
Sebetulnya bisa jadi 6 lho ! tapi keliatan pelit banget yaa...:)

Gimana... Mau coba?
Tapi jangan di hebohkan ya ! bisa-bisa Restoran Padang merubah ukurannya!  :)

Pengalaman Ibu

                                

Saturday, 12 April 2014

3 Gram koma 3





Waktu mau menulis sebelum tidur...
tak tertarik lagi dengan ide di kepala
jari diatas keyboard kuat merayu
Fotomengajak main ke ruang rindu

Cincin mahar pemberianmu dulu...
masih cemerlang meski lingkarannya tak sempurna lagi.
3 gram koma 3
mewakili tanggal pertemuan kita,3 Maret.

Namamu  pun masih jelas tertera.
sayang... kamera sulit menangkap

Ok,baiknya sekarang tidur...!
Good night,dear ... Miss u..











Thursday, 10 April 2014

Ilmu Di Ruang Hemodialisa 2


                     13971220051739149984

                                         sumber: jellygamatt.com


**Ulasan ini saya ambil dari pengalaman RINTA WULANDARI- Calon Perawat.


Begitulah pasien HD. Bila tengah cuci darah lalu badannya demam, maka bukan kepala,ketiak,atau paha yang dikompres dengan air hangat. Tapi Kain kompres itu dililit  pada Dialiser,sejenis tabung pada mesin dimana darah mengalir. 15 menit kemudian akan terlihat reaksinya,

Kuliah singkat pun diberikan pada calon-calon perawat itu.
Ginjal itu bentuknya seperti Kacang Merah,sekepalan tanngan manusia. Berat ginjal orang dewasa sekitar
80-140 gram. Ginjal kiri lebih besar dan lebih tinggi.

Didalam ginjal ada Nefron tugasnya menyaring zat sisa yang dibutuhkan tubuh,seperti protein Nabati namanya Ureum,ini yang paling banyak dalam tubuh.
Sedangkan protein otot namanya Kreatinin.Protein-protein itu diserap secukupnya oleh tubuh.
Jika protein lebih akan dibuang tubuh malalui ginjal berbentuk urine.
Jika ginjal rusak, maka sampah itu tak bisa keluar, dan diserap kembali oleh  tubuh.
Maka penderita ginjal kalau ditest Lanoratorium, Ureum dan Kretaninnya tinggi.

Ginjal juga menjaga keseimbangan elekrolit,asam dan basa dalam tubuh.
Misalnya kita makan buah yang mengandung Kalium, bagi yang normal makan buah itu badannya akan segar.Bagi penderita ginjal itu mempengaruhi keasaman darah.hingga pasien mual atau muntah.
Karna kelebihan kalium itu tak tersaring dan tak terbuang .

Ginjal juga menghasilkan hormon.
Hormon Renin Angiotensin untuk keseimbangan fungsi ginjal,kalau terganggu mengakibatkan Hipertensi.
Kemudian mengandung eritropoitin umtuk pembentukan sel darah merah di tulang belakang.Bila berkurang pasien akan anemis.

Lalu ginjal mengandung hormon Kolsitriol aktif dalam penyerapan dan pembentukan vitamin D.
Jika gagal ginjal, maka pasien akan menderita Osteoporosis.

Kebanyakan penderita ginjal didiagnosa CKD atau Kronik,sedikit yang Akut.
Kronik, datangnya tidak mendadak. Bisa disebabkan karna Diabetes,atau Hipertensi.
Jadi saat Gula Darah tinggi maka darah mengalami kepekatan.Oksigen yang dibawa darah ke jaringan perifer berkurang,gula darah tak seimbang, maka rusaklah nefron.
Jika  hipertensi,glomelurusnya yang jebol. membuat protein tidak keluar lalu mengendap.

Penderita ginjal akut,bila terjadi syok berat karena dehidrasi.Bila tidak ditangani akan terjadi kerusakan ginjal permanen dan harus cuci darah.
Keracunan,kejengkolan, atau karna obat, bisa mengakibatkan Ginjal akut.
Orang yang dicangkok ginjalnya kadang tidak tau,bahwa ginjalnya sudah lama hanya berfungsi 25%.
Cirinya oedama,kadar kreatinin dan ureum meningkat.

Hemodelisa hanya alat yang berfungsi menyaring. Tapi tak bisa memproduksi horman yang biasa dilakukan ginjal. Untuk mengantisipasi hormon paling dokter hanya memberi obat anti hipertensi,pengkondisian renin,tablet kalstreol,dan vitamin.

Calon Perawat itu ada yang bertanya,
"Sampai kapan pasien mencuci darahnya?"

"Yaa..sampai seumur hidup mereka. Ada yang seminggu 2 kali,cuma jeda beberapa hari mereka harus cuci lagi. Mengeluarkan sampah yang  telah mereka tumpuk itu..."

"berapa ongkos cuci darah,sekarang?"

"Klau sekarang sudah  murah sih... cuma Rp 550.000,-, Kalau dengan BPJS cuma bayar 25.000 per bulan. Cuci darah tiap bulan tak dipungut baiaya lagi.

Akh... semurah apapun, gratis sekalipun, tentu sehat lebih mahal dari segala.
Semoga Ilmu itu membuat kita lebih bamnyak lagi bersyukur.
Mari kita hitung, berapa banyak Allah bebaskan kita dari mengeluarkan uang sebanyak itu per hari.
Itu baru ginjal, belum lagi organ tubuh yang lain.

Semoga bermanfaat, jadi "Pengingat" buat saya dan sahabat semua,yaa..



























Ilmu Di Ruang Hemodialisa 1



                                     
                                                  wortel89.wordpress.com


Ulasan ini saya ambil dari pengalaman RINTA WULANDARI- Calon Perawat.


Pagi-pagi sekali Calon-calon  perawat  memasuki ruang Hemodialisa (Cuci Darah), pembimbingnya bertanya :

"Skarang kalian dinas di ruang HD, kalian tau apa itu HD?"
"Hemodialisa,Kak" Jawab salah seorang di antara mereka.
"Iya,Hemodialisa, anak kecil juga tau!"
"Cuci darah,Kak!"
"Iyaa, cuci darah,Nenek-nenk juga tau!"

"Nih,saya kasih tau clue nya yaa..biar kalian rangkai sendiri kalimatnya,baiknya gimana"
Hemodialisa adalah suatu proses metabolisme dimana zat toksin (racun) dalam darah dikeluarkan melalui ginjal pengganti atau Dialiser (Penyaring).

Diperkenalkanlah Calon-calon Perawat itu kepada mesin yang berselang banyak dengan kode warna untuk membedakan. Kemudian belajar membaca monitor.
QB (Quik Blood) a.k.a Blood Pump,Ultra Filtrase Rate ( UFR),Ultra Filtrase Goal (UFG), Ultra Filtrase Remove,Selang Outlite, dan selang Inlite.

Kemudian diajarkan cara memberi Heparin agar darah tak mengendap, dengan rumus
 1 Kg Berat Badan = 50 unti Heparin
Jadi tiap berat badan yang naik dikalikan 50 unit Heparin.

Apa hubungannya dengan Berat Badan?
Pasien HD punya berat kering dan berat basah.
Berat kering adalah berat badan setelah HD terakhir, misalnya 45 kg. Kemudian berat pagi ini sebelum HD adalah 48 kg,Nah itu disebut berat basah. Kenapa?
Karna berat 48 kg itu adalah berat pasien saat masih terjadi penumpukan "Sampah" di ginjal seperti  Ureum Kreatinin.
Bahkan karena bertumpuknya air mengakibatkan ginjal tak mampu lagi menyaring dan menghasilkan ekskresi berupa urine.
Seperti yang kita ketahui pasien cuci darah jika minum banyak pun, urinenya hanya setetes dua tetes.
Bahkan ada yang tak keluar sama sekali.
Jadi...kembali lagi. Berat selisih 3 kg ini dikali 50 unit Heparin.

Sebagian besar Pasien HD melakukan cuci darah 2 minggu 1x. Berat badan mereka bertambah karena penumpukan sampah/air yang tak  bisa disaring oleh ginjal mereka.

Sumber :  twitter: @rintawulandari

(*Bersambung...)