Saturday, 19 April 2014

"Maafkan Kami Nak..."


                                                        Son of Rambow by sophie



Saya tengah memikirkan perkataan Carol Dweck :
Seharusnya orang tua yang punya anak serba punya,serba mudah, mengatakan begini:

"Maafkan kami nak, telalu membuat segala sesuatu gampang buatmu. Nak, soal ini kurang menarik...bagaimana kalau kita coba cara lain yang lebih menantang?"

Menurut Dweck, sedari kecil anak-anak harus dibesarkan di alam yang menantang, bukan asal gampang
atau digampangkan. Pujian baik untuk menyemangati,tapi bukan untuk membuatnya selalu mudah.
Masa kecil nya sering menghadapi tantangan dan kesulitan. Menurut orang dia "Bengal", api menurut Ibu nya dia kreatif,otaknya bilang "Selalu ada jalan dari setiap kesulitan"

Memasuki alam dewasa,seorang anak akan mengetahui dunia ini beda. Banyak keanehan,tipu daya,hal  gampang bisa jadi sulit. Namun manusia yang " terbiasa berani" bisa membalikkannya.
Banyak ilmuwan pintar tapi reaktif dan  cepat tersinggung, atau orang kaya yang selalu memaksa keinginannya terpenuhi.

PANGGUNG ORANG DEWASA
Dunia dewasa adalah panggung besar yang Unfair treatment yang menyakitkan bagi anak-anak yang tumbuh dalam alam kemudahan dan perlindungan.
Didunia kerja dapat mereka lihat bahwa seorang Akademisi belum tentu hebat atau menduduki posisi bagus.

Orang yang suka tantangan tak akan iri atau mencerca orang yang sukses. Ia malah meyakinkan dirinya bahwa Ia kurang menghadapi ujian yang sesungguhnya.
Banyak orang pintar yang jadi bodoh karena tak bisa mengelola kesulitan. Ia hanya pandai berkelit atau mengoceh-ngoceh di belakang.Bersungut-sungut karena tak ada lagi orang dewasa yang mengambil alih kesulitannya.

Seorang Mahasiswa yang berani mengahadapi tantangan keluar negeri sendiri, merasakan kehabisan uang,kelaparan, akan berbeda dengan Mahasiswa yang dapat intervensi orang tuanya. Mancarikan Travel agent, memberi uang saku yang banyak, menitipkan pada saudara/kerabat,membantu mencarikan tempat penginapan yang aman dan lain-lain...
Ini yang mengakibatkan banyak orang pintar yang sulit menghadapi kesulitan.

Pesan Carol Dweck:

"Sebenarnya sederhana saja, Orang Tua jangan cepat-cepat merampas kesulitan yang dihadapi anak-anak. Berilah mereka kesempatan untuk menghadapi kesulitan dan tantangan"










4 comments:

  1. benar mak..sya merasakan ketidakmudahan sewaktu kecil dan sekola, serta harus berpikir untuk keluar dari masalah itu, harus bisa menaklukan tantangan serta memenangkannya..banyak manfaat dan hikmahnya saat kita dewasa apalagi berumahtangga...

    ReplyDelete
  2. Bersyukur ya Mak, punya orang tua yang tidak memanjakan anak dengan cara yang salah...Semoga Anak-anak saya kuat pula menghadapi tantangan hidup. Terimakasih Mak...:)

    ReplyDelete
  3. ya, semuanya harus seimbang, antara pujian dan tantangan... :D

    ReplyDelete
  4. Mampu berbuat seimbang tentu perlu ilmu yaa... itulah tantangan Orang Tua...:)

    ReplyDelete