Wednesday, 30 April 2014

Mengundang Kupu-Kupu Ke Halaman

                                      
                                              gambarpemandangan.org

Letak tempat tinggal saya pas didepan kebun kompleks yang pernah juara lomba "Apotik Hidup".
Pohon Pete, Jambu,Rambutan, Minyak Kayu Putih,Cengkeh, yang rindang  melindungi kami  dari sengatan matahari. Hari-hari  masih terdengar suara Serangga Tonggeret penghuni pepohonan bersuara nyaring tak putus.

Tamu saya yang datang lebih suka ngobrol, bahkan makan bersama  di teras.
Hujan yang biasa turun sore hari pun enak buat dipandang, karna atap tak lagi bertalang, air bebas turun.
Seperti biasa... Putra Sulung saya senang main gitar di Bale, saat seperti itu.

Pagi ini, putri saya minta agar kami mengundang Kupu-kupu ke rumah. Wah! Ide cantik tuh !
Semula saya hanya niat mengisi Gang samping rumah dengan tanaman bumbu, sayur dan obat. Tapi akan baik kalau 1 kali repot tapi 2 keinginan terlaksana.
Biar, saya penuhi tembok luar dengan banyak bunga pengundang Kupu-kupu, dari pada kosong dan sering disampahi anak-anak yang sering main sambil makan jajanan disitu.

Pembaca ada yang tertarik juga untuk menghiasi halaman rumah dengan kupu-kupu?
Alhamdulillah, dia tak suka hinggap di pohon/bunga mahal, jadi sangat mempermudah kita.
Bunga liar yang sering kita temui bisa kita tanam seperti:

Bunga Widelia,Tai Kotok, Pacar Air,Asoka, Zinia,

( Dok : http://www.mjumani.net/)
bunga wideliacara mendatangkan kupu-kupu
                                                                                         Zinia


Asoka

Hanya ada "Tapi" nya nih...
Kita juga harus menyediakan pohon untuk penyedia makanan dari ulat.dan tempat kupu-kupu menyimpan telurnya.
Tak ada yang indah tanpa pengorbanan ya... yang jijik pada ulat tentu mikir-mikir lagi.
Kupu-kupu jenis Pappilio Memnon senang menitipkan telurnya pada bunga Asoka.

Eh, ternyata para ahli menggunakan kupu-kupu sebagai Indikator kesehatan lingkungan yang murah dan praktis! dan... saya menambahkan untuk menyehatkan  jiwa juga.
Duh! senang nya, masa tua nanti lebih akrab lagi dengan tumbuhan dan hewan...!
Dua mahluk yang sebenarnya Allah sediakan buat ladang amal kita juga. Merawatnya sama dengan bersedekah.





 

4 comments:

  1. saya juga suka kupu-kupu, semoga saja mereka mau diundang datang, bahkan akan lebih baik jika meraka mau datang tanpa diundang heheheheeeeee

    ReplyDelete
  2. Hehehe...Zefy, saya juga mau kalau begitu, tapi acaranya resmi jadi harus pakai undangan..:)

    ReplyDelete
  3. Wah, baru tahu bunga-bunga tersebut pengundang kupu-kupu.
    Harus beli, biar rumah makin semarak :)
    Thanks infonya, mak Mutia <3

    ReplyDelete
  4. Hayuu Mak, mumpung mereka masih bisa datang. Thanks hadirnya Mak...:)

    ReplyDelete