Thursday, 15 May 2014

Ngambek Sama Mobil



Cukup lama saya ngambek sama mobil! Dia merepotkan, minta di perhatikan terus.
Sehari saja tidak di stater, mesinnya macet. Bikin bete pagi-pagi.
Pegal dan kesal akhirnya saya biarkan!  dia berdebu, tidak pernah mandi, tidak pernah dibelai kalau kesiram hujan.

Kemarin-kemarin  sudah cukup berkorban. Saya tau, memiliki kendaraan pasti ada resiko, harus ada budget perawatan. Maka saya mengalah. Tak lagi masuk salon guna merawat rambut/badan saya.Ok,nggak apa-apa! Asal dia tidak rewel.
Tapi...nyatanya masih sama,berobat terus berulang kali. ggrrrhhh!!

Sekarang dia sudah cantik  karna tidak cuma saya yang memperhatikan. Suami saya meski sedang tugas jauuuhh... lebih  fokus dan menyelesaikan segalanya dengan biaya tak sedikit tapi dapat  dokter yang tepat  menanganinya. Lega!
Kendaraan itu seperti manusia juga yaa...
Jika kita rawat, memperlakukannya dengan baik penuh perhatian, maka ia juga akan memberi kesenangan.

Dalam keadaan tenang nyaman saya tatap mobil biru itu. Walau bagaimana ia telah memberi manfaat bertahun-tahun.Saya yakin meski mobil lama bisa menyala dengan galak asal perawatan baik dan rutin.
Lihat saja angkot! tampilannya hampir seperti besi rongsokan tapi bisa ngebut dan menghasilkan, bukan?!

Sudah semestinya saya bersabar, pelajari kesalahan pengobatan lalu. Hihihi, kalau bisa jangan ke alternatif :)
Hikmah pengalaman menjengkelkan adalah:

-  Datangi bengkel yang tepat sejak mobil rewel-rewel kecil. Bengkel resmi akan beri garansi.
-  Jangan serahkan pada orang yang cuma bisa mengira-ngira/mengakal-akali onderdil.
-  Semasih goresan kecil pada body, baiknya diurus agar tak merembet
-  Tune up secara berkala.
-  Minta montir ajarkan cara membersihkan dan memasang busi.
-  Jangan biarkan mobil dalam keadaan basah tersiram hujan.Kandungan garamnya merusak.

-  Bengkel umum mempunyai kemampuan rata-rata.  Bila mobil kerusakannya spesifik, maka pilih bengkel khusus yang ahli menanganinya.Agar terhindar dari pekerjaan berantai yang menambah biaya.

-  Jagalah komunikasi dengan baik dengan mereka. Agar cair suasana dan terhindar dari "Tarif nakal"
-  Minta diagnosa dulu sebelum mesin dibongkar/dikerjakan. Ajukan pertanyaan  begini:

   * Apa kerusakan yang terdeteksi?
   * Apa yang perlu di ganti?
   * Berapa besar biaya nya? dan beri tau dia berapa budget anda
   * Apa yang paling penting dan parts mana yang harus diganti lebih dulu?
   * Berapa kilometer/berapa hari garansi dari bengkel?
   * Sampaikan keluhan-keluhan saat pemakaian  secara lengkap
   * Kemampuan apa saja yang paling dikuasai bengel tsb? demi rencana perawatan berikutnya.
 
-  Bila bengkel itu baru anda kenal, katakan bahwa anda datang atas referensi...bla..bla..atau iklan/Net.
   Mereka pasti akan menjaga reputasinya.

- Jangan ragu untuk minta jaminan
- Tune up ringan, bersih-bersih injeksi, atau kaburator,ganti olei bisa dilakukan sendiri di rumah

Intinya : **Kita bisa berhemat dan dapat ilmu !

Bengkel yang baik adalah, yang tidak hanya membetulkan semata, tapi mudah berkomunikasi, murah memberi solusi, bersedia memberi tau resiko-resiko kerusakan lain.
Tingkat kepercayaan dan komunikasi yang baik dan lancar adalah kunci utama!

Semoga manfaat...:)

















2 comments:

  1. Mana gambar mobilnya mak? :p Mobil juga butuh perawatan sama seperti manusia, bahkan sekarang udah ada salon mobil ya, hehe..bahasa halusnya dari bengkel mobil

    ReplyDelete
  2. xixixi...itu dia Mak, sekarang dia masih luluran di Salon, Body nya banyak yang karat. :)

    ReplyDelete