Thursday, 19 June 2014

"Kenapa Ribut Masalah Syiah?"


Sebetulnya belum tau apa yang akan saya tulis pagi ini, tapi saya ingat pertanyaan Ipar saya via inbox FB tadi malam. "Kenapa ummat Islam ribut soal Syiah?"

Ipar saya sudah 20 tahunan tinggal di San Francisco yang hidup disana berbagai etnik dan agama.
Kebebasan beragama meluaskan kesempatan sekte atau aliran apapun masuk ke masyarakat yang umumnya logik. Maka kalau dengar Islam berkembang pesat di Negeri Paman Sam, ribuan orang masuk Islam setiap tahun, saya biasa-biasa saja! Sebab memang sudah janji Allah.

Tapi disamping itu saya berfikir, Islam apa dulu? para imigran datang kesana dengan membawa Islamnya masing-masing. Misalnya orang-orang Irak korban perang yang legal dari PBB ditempatkan di USA atau Australia, kebanyakan mereka Syiah, maka menyebarlah faham itu.

Kembali ke soal, kenapa ribut?
Sebetulnya Islam Sunni seperti umumnya kita di Indonesia tidak mempermasalahkan perbedaan faham.
Kita hanya melindungi anak-anak dari pemahaman mereka yang menyimpang dari ajaran Rasululllah.
Pakaian sama, Quran sama, bahkan kelihatan Imam-imam mereka seperti impian umat islam yang rindu  bersatu. Ribut tidak perlu, anak-anak lah yang harus kita bekali lebih banyak lagi.

Tak salah jika kita (Sunni) menuntut pemerintah melalui MUI untuk menjamin keamanan umat bergama yang sudah berlangsung lama ini dengan menurunkan pernyataan bahwa Syiah bukan Islam! karna syahadat mereka beda! Mereka yakin Malaikat salah menurunkan wahyu. Seharusnya bukan Muhammad tapi Ali RA.

Syiah punya banyak aliran juga, dan yang paling berlawanan dengan ajaran Rasulullah adalah
 "Syiah Rafidhah" . Baik nya dipelajari saja pemahaman mereka supaya jelas perbedaannya.
Yang saya tau, mereka membenci para sahabat Rasulullah. Padahal para sahabat itu perkataannya bisa dijadikan sumber hukum.Dan masih banyak lagi yang bertentangan. Misalnya masalah Kawin Mut'ah, dan Taqiyya.

Anda akan kesulitan meminta penjelasan mereka, sebab mereka dibolehkan Taqiyya ( Halal  bohong demi kebaikan). Mereka mengaku Islam murni dan tak akan  membuka kedok asli.
Jadi...Mari kita pelajari saja!
Dan ingat, kita tak mungkin bisa melindungi keturunan kita dari pemahaman yang salah bila kita sendiri kurang bekal AQIDAH.





2 comments:

  1. Setuju mak.. anak2 harus mendapat perlindungan akidah. Serem sekarang banyak pesohor yang (katanya) terdeteksi syiah #selamatkanIndonesiadarisyiah

    ReplyDelete
  2. Insya Allah, mudah-mudahan pemerintah mau dengar suara kita ya Mak...

    ReplyDelete