Friday, 6 June 2014

Masalah Tukang Lagi


                                                              
                                                                    www.kaskus.co.id

Kalau punya gawean dirumah, kita dituntut pandai memilih tukang dan tau resikonya, deh!
Pengalaman saya beberapa kali kecewa dengan cara kerja mereka.

Tempat tinggal saya diujung kompleks, berdekatan dengan batas kampung sebelah.
Warga usia produktif di kampung itu sering duduk-duduk dekat kebun, sesekali minta pekerjaan cuci mobil, bersih-bersih gudang,membetulkan atap, atau yang lain.
Hati kesian, dan hitung-hitung sedekah menolong mereka. Tak perlu tukang ahli dari luar, toh mereka sudah sering kerja serabutan.

Rupanya memperkejakan orang karna kenal atau kasihan itu tak baik. Jangan harap mereka tau/bisa banyak. Kekecewaan akan  timbul di tengah jalan.
Biasanya mereka bekerja  tanpa perhitungan . Untuk hal kecil misalnya mengaduk cat tanpa alas koran, mencat sisi tembok yang sempit tidak menggunakan kertas pembatas agar rapih, saat cat plafon malas untuk menutup lantai supaya tetap bersih.
Kadang mengagetkan bila kita lengah, mencampur cat langsung semua di gabung, tidak bikin tester dulu.
Akhirnya terpaksa  keluar uang lagi.

Arahan harus diberi se- awal mungkin, karna mereka malas/tak mau bertanya. Menganggap kita sama dengan orang lain. Padahal kita punya keinginan, rencana dan selera yang beda.

Usai bekerjapun harus diawasi. Apakah dia memisahkan perkakas miliknya dengan milik kita?
Suruh mereka meneliti sisa-sisa kerja, misalnya membersihkan cipratan-cipratan cat ke tempat lain, membuang kaleng-kaleng sisa, membersihkan tangga atau perkakas kecil-kecil  kita yang kotor terkena semen/cat. Sampai semua bersih dan kembali ke tempat asal.

Insya Allah jika disampaikan sebelumnya, kita terhindar dari cap "Cerewet"
Sebetulnya banyak yang saya simpan  kelemahan-kelemahan mereka, nanti saja deh diteruskan.
Saya sambil mengawasi tukang,soalnya! hehehe  :)

** Saya baru dapet nih, JASA TUKANG BANGUNAN
Katanya sih bisa dipercaya. Untuk wilayah Bogor-Depok.

http://www.kaskus.co.id/thread/511f5e507d1243dc6100000b/jasa-tukang-bangunan-terpercaya-wilayah-bogor-cibinong-depok.





2 comments:

  1. Saya juga pernah punya pengalaman mengecewakan sama tukang :p susah emang dapat tukang yang bagus tapi gak terlalu mahal.. ada yg bagus tapi mahal, ada juga yg mahal tapi kurang bagus, hihi..kita harus selektif mak..

    ReplyDelete
  2. Bener... merawat rumah ternyata punya stress tersendiri. Hadeeehh...! :(

    ReplyDelete