Sunday, 17 August 2014

Belajar Dari Luar




Melihat kiriman foto dari keponakan mengingatkan masa kecil saya dulu yang tengah kepincut-kepincutnya  baca komik HC.Andersen. 
Mata berbinar liat gambar rumah dusun eropa  bercerobong asap, dengan kegiatan keseharian seorang Ibu sederhana menyiapkan roti dan susu  dalam rumah hangat bertungku.
Diluar pemandangan terlihat segar, nampak pohon pinus, dan rerumputan. Meski gambar tak berwarna namun fantasi saya bermain jauh. Mendamba hadir diantara pinus dan rumput basah, desa bersih,tenang, sejuk.


Pemberian yang Kuasa ini beragam yaa..
Asia di anugerahi  kehangatan, Eropa dengan kesejukan. Keduanya punya daya tarik masing-masing.
Datang orang dari tempat dingin merindukan kehangatan pantai. 
Sebaliknya yang dari negara tropis ingin melihat dan menyentuh salju. 

Mengunjungi desa-desa eropa belum terpenuhi.
Koleksi Allah begitu banyak, sayang yaa...rasanya rugi bila jatah umur hanya tau apa yang ada disekeliling saja. Mempelajari alam dan budaya manusianya bagi saya suatu kekayaan.
Bagaimana dengan sahabat? 
Negara mana yang ingin dilihat?
Apa yang akan sahabat bawa pulang dari sana?

Allah membagi rejekinya dengan adil. Masing-masing negara punya kelebihan. Dan setiap individu pasti merasa negaranyalah  yang terbaik, punya rasa rindu untuk negerinya bila lama meninggalkan.

Dengan meninjau negeri orang, kita jadi banyak belajar anugerah Allah dalam bentuk lain, dapat meluaskan pandang akan kelemahan negri kita sendiri.
Tentu oleh-oleh yang paling indah dan manfaat  bila pengalaman itu dapat merubah cara pandang dan dapat menyebarkan kebiasaan baik dari luar.









4 comments:

  1. subhanalah,indahnya mbk...semoga suatu saat saya bisa kesana aamiin..... *mimpi dulu hehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya Rabb... Kalau Zwan berangkat duluan doakan saya yaa...hehehe :)

      Delete
  2. Pingiiiiin pake banget ke JERMAN. Mohon doa Mak Mutia ;)

    ReplyDelete
  3. Tentu Mak, kita saling doa... bukankah banyak yang terwujud berasal dari ucapan biasa? Apalagi kalau dengan saling doa...:)

    ReplyDelete