Tuesday, 19 August 2014

Masakan Pertama

              
                         www.youtube.com


Apa anda ingat, masakan apa yang paling meninggalkan kesan saat baru berumah tangga?

Sebelum menginjak dunia rumah tangga, selalu di hantui pertanyaan "Apa bisa?"
Bagaimana tidak, hampir seluruh usia lajang saya selalu ada tangan pembantu yang memudahkan segalanya.
Ada juga sih, pekerjaan rumah yang kadang di haruskan "Keroyokan" saat pembantu mudik, tapi saya selalu kebagian tugas berbenah rumah.
Spesialisasi itu membuat saya tak bisa menguasai pekerjaan lain.
Mau masuk dapur, pasti sudah tertolak dari awal, bikin tambah tak percaya diri.

Panggilan hidup baru toh akhirnya harus di terima juga dengan segala keminiman kemampuan.
Langsung jauh dari orang tua, hanya berbekal 2 buku andalan, Resep makanan tradisional dan buku mengatur Ekonomi rumah tangga, hahaayy... persiapan teory!

Hingga satu hari saya ingin menyenangkan hati suami dengan memasak makanan kesukaannya.
Dari ceritanya saya tangkap, ia suka sayur genjer campur tauco plus tempe goreng buatan Ibunya.
Alhamdulillah Di Samarinda kedua bahan mudah didapat. Yang sulit cuma oncom! selamat membayangkan saja!
Maka beraksilah saya di dapur rumah rantau itu.

Cara menumis dikira-kira saja, saya ingat ibu pernah masak tahu putih campur tauco dan cabe hijau.
Bumbu lain? Akh...paling  nggak jauh-jauh dari bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat pengganti mecin. garam sudah pastilah!
Makan dengan nasi putih hangat-hangat pasti enak! apalagi dimasaki sang istri ,ya kan?

Tapi sungguh naas! begitu dicicip, rasanya  asiiinnn luarrr biasa!!
meski dimakan dengan nasi putih, tak berkurang sedikitpun asinnya.
Sesal dan malu! untung suami mengerti dan mencoba mencari dimana letak kesalahan memasaknya.
Taulah akhirnya... ternyata tauco sendiri sudah asin rasanya!
Sok tau sih yaa... main tabur dengan PD nya!

Akh... ngeness!! liat sepenggorengan sayur harus dibuang, apalagi sedang irit-irit uang belanja!....:(


12 comments:

  1. hehehehe....kenangan ya mbk,saya dulu juga gitu...asiinnnn kl ngak manissss bgttt hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...Asiiik, saya ada temennya! :)

      Delete
  2. ha, ha, ...kalau aku nanak nasi kelembekan, dulu belum ada magic com, jadi harus diaron dulu baru di kukus.dan sampai sekarang jugaa gak bisa masak enak kesukaan anak2 dan suami tapi mereka tetap makan apa yg aku masak. jadi untuk menghibur mereka setiap sabtu dan minggu makan diluar!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, walau bagaimana tetep ada makanan Ibu yang keluarganya suka :)

      Delete
  3. Wkwkwk, yang pertama selalu berkesan ya Mak. Entah itu sukses atau gagal. Sekarang sudah mahir kan Mak? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixixi... sekarang mahir mak, untuk menu yg rutin dimasak. :)

      Delete
  4. Kalau saya masakan pertama saat berumah tangga tumis kangkung mak :) alhamdulillaah berhasil. Kok suami mak bisa doyan genjer ya, padahal menurut saya itu kurang enak, alot :p hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang alot dan agak pahit, Mak...jadi harus direbus dulu sebentar buat hilangkan getah dan spy lembut. Fatalnya saya langsung tumis..., Jadilah bau getah, agak pait, dan assiiiin..hehehe. Kalo mertua bikin enak, sampe mirip rasa kangkung.

      Delete
  5. Hihihi saya awal2 mpe sekarang :P gak jago masak
    Jadi kalau masakin suami mesti bilang: Kalau masakanku enak itu karena aku pinter, tapi kalau gak enak, berarti lidahmu yang bermasalah wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Whahaha...udah ambil jalan aman duluan....emang pinter! :)

    ReplyDelete
  7. wahh ini sayur favorit saya..
    kirim yaa ke jogja.. hehehhe
    via jne ckckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. ternyata wong jogja seneng genjer juga,to? :)

      Delete