Saturday, 30 August 2014

Mata Air Kehidupan




Water is life...water is life
There is no love
There are no children
And theres no more life
When the waters runs dry

(Bait lagu Vicky Sianipar)

Tak ada air, tak ada kehidupan! Kata-kata yang membuat hati tersadarkan, apa jadinya bumi bila tanpa air? Itu sebabnya ilmuwan astronomi terus mencari dan menyelidiki adakah  planet selain bumi yang memancarkan air? pasti pernah ada kehidupan disana.

Karna Sungai Efrat,Turki dan Suriah konflik. Begitu juga Mesir dan Ethopia memperebutkan Sungai Nil. Dengan air akan mempermudah transportasi perdagangan, dengan air pula tanah akan menyerap, menyimpan, dan menumbuhkan benih yang dikandungnya.

Kita seringkali lupa bahwa air sungai dan air hujan adalah anugerah termahal. Keduanya sudah memberi kita modal hidup.
Dengan air yang sama akan muncul aneka warna dan jenis bunga sedap dipandang.
Dengan air yang sama tumbuhan dan  ternak  akan sehat untuk memenuhi kebutuhan manusia, dan dengan air yang sama mengisi bak-bak mandi kita.
Pernahkah anda membayangkan bila air menjadi barang lux? orang mau menjual apa saja asal mendapatkan air bersih?

Sebetulnya tak perlu takut akan kekuarangan air. Bumi akan selalu mengeluarkan air dengan volume  stabil karna ada siklus air. Cuma masalahnya bukan pada kwantitas, tapi kwalitas air.




Tapi bagaimana mememenuhi kebutuhan air, sementara kwalitas air turun terus menerus disebabkan lalai nya manusia dalam menjaga lingkungan alam?
Cara yang terbaik adalah melakukan menejemen air.

Manejemen Air Untuk Indonesia Sehat.

Bulan September Tahun 2010 silam, Berggren mengemukakan pendapatnya dalam acara Pekan Air Sedunia Di Stackholm. Krisis air dapat diatasi dengan mengoptimalisasi pasokan, penyimpanan dan penyaluran air itu sendiri.
Hampir senada  makna dengan konsep drainase negeri kita, yaitu :

"Menyimpan air selama mungkin, dan memanfaatkan air semaksimal mungkin"

Bapak Djoko Kirmanto selaku KemenPU mengatakan, sudah target pemerintah bahwa tahun 2019 mendatang seluruh wilayah Indonesia mempunyai akses air minum dan sanitasi yang laik.
Pada acara Stackeholder's Forum di Surabaya tanggal 21/5/2004 itu beliau mengungkapkan besar nya dana yang dibutuhkan untuk niat pemerintah tersebut.
Rp 274,8 Trilyun atau 27 Milyar USD untuk pengembangan air minum.
Dana tersebut tak mampu dipikul oleh pemerintah sendiri, maka pemerintah membutuhkan bantuan Pengelola Air Minum pada pihak swasta

Menurut BPS 2013, sebanyak 67,73 %  penduduk Indonesia sudah memiliki akses menuju air minum
yang aman.

Peran Donone Aqua Dalam  Membantu Pemerintah

Perusahaan air mineral ini telah mengembangkan pendekatan berbasis masyarakat yang inovatif, dan beekerja sama dengan pemangku kepentingan. Diantaranya dengan melibatkan masyarakat secara aktif dari mulai survey, perencanaan,  pelaksanaan dan pemeliharaan; berbagi sumber daya /dana antara masyarakat, LSM, dan perusahaan.

Telah banyak Perusahaan minum Aqua ini berbuat untuk kepentingan umum dengan tak segan-segan melibatkan masyarakat dan karyawannya. Misalanya memperhatikan daerah kumuh di perkotaan,
Memperhatikan komunitas Pemulung dengan mengembangkan bisnis sosial, sebagai contoh Program Bina Mandiri di kota Bekasi  bekerja sama dengan pemulung dengan memberikan teknologi air bersih. Kemudian program 1 liter air bersih di Aceh dan NTT ( 2007-2011)
Kesemuanya adalah target Millenium Development Goals (MDGS)

Indonesia butuh air bersih
http://nasional.sindonews.com/










 Air Bersih, Masyarakat Sehat.

Dulu, air putih dalam kemasan masih sangat aneh dipandang. Untuk apa jual beli air putih?
Dirumah bisa masak sendiri untuk bekal dalam perjalanan, bukan?
Namun dengan berkembangnya zaman seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, rupanya pandang seperti itu akhirnya berubah.

Masyarakat banyak tentu banyak pula hajatnya. Makin kesini orang makin mencari yang serba praktis. Aqua sebagai kebutuhan vital keseharian harus hadir dalam perjalanan, pesta, rapat penting.
Dan paling dibutuhkan adalah pada saat terjadi bencana alam.

Jika terjadi bencana alam, korbannya tentu  berduka, stress, dan serba kekurangan, kadang penyumbang/donatur menomor duakan air minum. Padahal manfaat air putih yang diminum pagi hari akan menunjang beragam aktivitas dan menggantikan cairan tubuh yang hilang karna lelah atau sakit.

Memastikan Aqua Danone Bersih

Aqua group berusaha memastikan produk yang dihasilkannya sehat dan berkwalitas. Upaya dilakukan sejak pengambilan air baku dari sumbernya, sampai teknologi  tinggi saat memproses produksi dan pengemasannya. Terlihat dari tutup botol yang sambung menyatu tak terputus.

Michael Leimena selaku Corporate Comunication Danone Aqua mengatakan di Brastagi bahwa;

"Luar dalam itu saling berkait, sehingga tidak ada satu celahpun yang membuat air dalam kemasan kami keluar. Inilah komitmen kami melayani dengan baik dan hygienis"

Selain itu inovasi baru yang dilakukan Danone Aqua  dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat adalah dengan mencantumkan tanggal produksi ganda pada badan dan tutup botol.
Dengan teknologi double date coding, membuat aqua menjadi satu-satunya perusahaan Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) yang menerapkan standar tersebut.
Tidak hanya mencantumkan tanggal kadaluarsa saja, bahkan mencantumkan menit dan jam kemasan tadi di produksi.





                                         

AQUA Dan Lingkungan Hidup.

2 foto ini saya ambil di Halaman belakang Istana-Bogor. Miris melihat masyarakat yang belum menghargai kekayaan dan keindahan tempat wisatanya.
Mereka tak pandai menjaga kebersihan lingkungan.  Padahal perusahaan Aqua Group  sendiri sudah berupaya mengelola daerah aliran sungai di lokasi pabriknya.
Melalui program Aqua Lestari pun  mereka mengajak masyarakat untuk berkomitmen menjaga lingkungan. Menjaga air agar tak tercemar demi memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih. Seperti slogannya;


Kebaikan Alam Di Setiap Tetesnya

Slogan singkat namun punya makna yang besar. Masyarakat mudah menangkap bahwa produk ini mengedepankan pentingnya arti kesehatan dengan mengkonsumsi air yang bersih dan murni, jauh dari unsur kimia. Teliti dalam proses dan penyajian tanpa melepas perhatian pada isue lingkungan hidup yang marak akhir-akhir ini.








Referensi :

- Indonesia Bussiness Links 4/Maret/2010
- Kompas.com 31/Agustus/2014
- Sumut Berita.com 30/Mei/2014
- Tentang Aqua/ http://www.aqua.com/
- Youtube https://www.youtube.com/watch?v=XnFWNQ-2jZw





Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) IV ini akan mengambil tema

“AIR DAN KEHIDUPAN, UNTUK INDONESIA YANG LEBIH SEHAT”



628e24d0b6756573c6c7005ff002e71b_lomba-blog-aqua-aja









8 comments:

  1. Sekaranh banyak air minum kemasan. Tapi yg terpercaya tetap Aqua

    ReplyDelete
  2. Bener Mak, sampai-sampai tetap menyebut nama aqua,meski merek apa saja yang dia beli. Senang dapat kunjungannya Mak, terimakasih yaa...:)

    ReplyDelete
  3. aqua menjawab kebutuhan akan air bersih yang layak minum ya mak
    sukses lombanya :)

    ReplyDelete
  4. Tepat.Mak! rasanya aman dengan merk itu. Terimakasih doanya ya...semoga yg mendoakan lebih sukses lagi :)

    ReplyDelete
  5. Setujuuuu... AQUA itu merek yang terpercaya banget.

    ReplyDelete
  6. Slogan 'kebaikan alam di setiap tetesnya' itu bener-bener berusaha mereka wujudkan ya, Mak. Salut banget buat AQUA. Bagus, Mak tulisannya. Sukses ya ^_^

    ReplyDelete
  7. Salut buat Aqua,salut juga buat tulisan-tulisan Mbak graciemelia...:)

    ReplyDelete