Tuesday, 9 September 2014

Belajar Dari Sang Juara


 
Sumber : Di sini


Apakah sahabat mengumpulkan dan menyimpan juga tulisan orang lain yang berhasil meraih juara?
Saya baru mencoba beberapa. Dan enak untuk dipelajari.
Akan tau dimana letak kekuatan tulisannya hingga menarik hati juri.

Ada beberapa yang semoga menjadi ilmu buat kita :
Misalnya unutk lomba bertemakan Travel, diusahakan memberi informasi yang detail tentang persiapan bawaan, transportasi, keterangan penginapan, harga kuliner umumnya di lokasi, fasilitas umum di tempat rekreasi hingga harga karcis.

Untuk menarik, baiknya diungkapkan dengan luwes. Sebisa mungkin hindari tulisan/pemaparan seperti buku-buku pelajaran.

Nampaknya juri lebih memberi nilai tinggi pada dokumentasi millik pribadi. Jangan ada tambahan copas dari google. Gambar yang bagus, kreatif, dan fokus akan menarik hati pembaca ataupun juri.
Mereka akan menghargai jerih payah penulis bukan hanya mengumpulkan data saja, tapi berusaha menghibur mata.

Jika penyelenggara meminta peserta lomba menyebut produk tertentu, hindari memujinya dengan berlebihan, apalagi terlalu detil menerangkan produk tersebut. Selain bisa membuat pecah fokus, hal itu mungkin terkesan "Mupeng" (Muka pengen), alias terlalu menggebu-gebu banget kepengen menang!

Sertakan foto diri, hingga terkesan bukan ngarang bebas, tapi ada bukti.
Saya pernah menemui karya seseorang yang menampilkan foto produk minuman. Peserta lain hampir semua copas dari mbah Google. Si peraih juara tidak demikian. Nampaknya ia kuasai photoshop. Kemasan produk ia perbesar, dan foto dirinya yang kecil ia sandingkan hingga terkesan sedang bersandar pada kemasan raksasa. So...kreatif amat diperlukan.

Pernah juga sih, menemukan peserta lomba yang cantik. Tapi ia juara dengan karya seadanya!
Nah, hati juri memang sering tersandung karna kenal pada peserta (Menurut juri GA), atau karna kecantikan si penulis. Hihihi..kalau soal ini, nyerah deh!

Yang jelas pengalaman berharga saat saya menang tak terlupakan! Selalu jadi catatan penting!
Lawan-lawan saya tulisannya bagus-bagus lho! gambarnya Wahh! tapi saya tangkap kekurangan mereka yaitu :

Tidak faham apa yang juri mau. 


Pastinya sahabat punya pengalaman dan tips tersendiri saat jadi juara...Mau menambahkan?







4 comments:

  1. Sebenarnya boleh boleh saja hasrat bergebu gebu untuk JUARA. Justru itulah menjadi MOTIVASI bagi diri kita untuk memenangkan suatu lomba. Apa pun jenis perlombaan atau kejuaraan tentu ada RULE atau peraturahn lomba yang harus dipatuhi oleh setiap peserta. Jika semua syarat dan ketentuan JURI sudh dipatuhi oleh para peserta itu berarti sudah selangkah menuju Juara atau kemenangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...bener banget Mas Asep, sering dilupakan bahwa keberanian mengajukan karya sudah merupakan kemenangan... wah! tambah lagi wawasan berfikir saya. Terimakasih yaa..

      Delete
  2. ninggalin jejak mbak mutia... blognya enak mbak dikunjungi... makasih suguhan teh tentang tulisan tips lomba travelingnya... :)
    btw, caranya mau follow blog nya gmn mbak? *ih malu deh, nubi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasi hadirnya,Mbak...saya akan kunjung balik yaa.
      Untuk follow tinggal ke garis hitam disisi paling kanan, nanti muncul tulisan Follower. Jika di klik akan keliahatan Joint This Site, tinggal klik dehh...trmks sebelumnya yaa..:)

      Delete