Friday, 31 October 2014

They Need Shoes






My brothers and sisters ...
in the eastern part of Indonesia has a hard life.
Flores island has so many residents away from the city.
When they have  to wait for the occasional passing truck goods to the city hospital within many miles.

Their children are clever and school spirit. But they were not able to buy shoes, bags and school supplies.
While their kids see on TV,  kids in big cities use the bag and nice shoes.

Indonesia consists of small islands hard to reach them. It should be a huge cost to send the goods. For transportation needs high gasoline prices.
In addition, too many problems of poverty in this country, to make the government hassles.
Many earthquakes and floods occur frequently. Much to be taken care of.

Too many yeras, I looking for an organization to help me. And I got it, Alhamdulillah..
Perhaps you would like to help too? will light a burden when we lift together.
Give and help someone in the same by helping ourselves.
There will be a quiet life,  if we just rejoice while others are sad in the corner

Many people say, giving will reduce our property.
Not! precisely our wealth increases. make us rich liver. God will ease our affairs when we facilitate the affairs of others.
Poverty will never disappear from the face of the earth. Because they give us a chance to share. If the entire population of the earth is rich, where again we're channeling our love?

Ok, this is the number.

Nia 0812 809 3368






Isi Hati Laki-Laki




Ada 2 orang sahabat. Yang Laki-laki bernama James yang perempuan bernama Bunga ( Eh! nggak deng, kok kayak nama korban pelecehan). Taru lah namanya Shinta.
Mereka duduk di teras resto, Kuningan Jakarta. Minum kopi sambil nikmati musik.
Bukan pertemuan spesial!  kursi di bawah payung itu sasaran rutin. Menanti kemacetan  kendor sedikit.

Sambil memandang deretan  kilau lampu mobil yang memadati jalan,
Tiba-tiba Shinta bertanya

"James, kenapa ya selepas jam kerja, mobil-mobil pribadi di  jalan tol ngebutnya menggila?"

"Ya lah, Kantor membuat laki-laki  kencang kepala. Menuju rumah seperti menuju Oase.

"Oya?...kukira cuma perempuan yang merasakan itu" Shinta tak dapat menyimpan kagumnya

James senyum kecil...
Ia ingin segera meluluh lantakkan sesak bising pada tangan mungil yang memeluk erat lututnya.
.



Wednesday, 29 October 2014

Agar-agar Roti Sisa



Tiap sarapan roti pasti anak saya pesan, "Olesin sampaii kepinggi-pinggirnya, ya Ma!"
Tampilannya kayak gini nih...biar nggak kelewat saya olesi mulai dari pinggir.
Tapi teteeep...sisa roti bagian pinggir tersisa. Lumayan kalau dikumpulin.
Biasa deeh...emak-emak jadi tumpuan buangan. Kita lagi...kita lagii..! 
Bukan emak kalau nggak bisa cari enak, itu sisa roti nikmat di cocol ke susu coklat atau kopi susu
                           Sumber gambar





Tapi, saya temukan resep ini! Sekeluarga bisa nikmati roti sisa. Malah jadi rebutan!
Agar-agar manis gurih yang bisa hilangkan bau kulkas, saking harum pandannya berasa !

Agar-agar ini juga saya buat kalau mau besuk orang sakit. Tapi bukan dari sisa roti lhoo...
Kalu buat sedekah musti yang terbaik kan? Jadi roti tanpa tepi /kulit

Bahan-Bahan

250 gram gula merah iris
150 gram gula pasir
1,75 santan dari 2 buah kelapa
2 bungkus ( 14 g) agar-agar bubuk putih
1/8 sendok teh garam
2 sendok makan bumbu spekuk 
2 butir telur kocok
8 lembar roti tawar

Cara Membuat:

-Rebus gula dan sebagian santan sampai gula larut. Angkat, saring dan biarkan uapnya hilang.

-Aduk santan bergula dengan sisa santan, agar-agar bubuk dan garam, lalau didihkan

- Masukkan bumbu spekuk dan telur sedikit demi sedikit  sambil diaduk supaya telur tidak pecah.
Lalu angkat setelah matang.

-Susunlah roti tawar dalam cetakan bundar bergaris tengah 20 cm. Tuang adonan kedalamnya lalu dinginkan.










Menghitung Hari



Putri saya sedang menghitung hari. Papanya sebentar lagi selesai tugas dari Sacramento
Sejak lulus TK hanya bertemu via Skype. 11 tahun tentu bukan waktu yang pendek. Kenyang sabar dan kangen.

Teman sekelasnya punya kisah yang sama, ayahnya akan datang 2 bulan lebih cepat dari Malaysia.
Rasa senasib dong!  akhirnya putri saya cerita seru membagi gembira sambil menunggu cerita balik. Tapi sang teman cuma senyum-senyum.

"Kenapa sih, cuma senyum-senyum gitu?"

"Gue mau cerita apa? Kalo bapak gue pulang, artinya emak gue pergi!"

"Kenapa gitu?"

"Iyaa...bapak gue mau kerja apa di sini? Kalo dia uring-uringan nganggur, pasti jadi galak! Rumah bakal nggak nyaman lagi kayak dulu!"

Jawaban di ujung yang bikin jlebb!!  Dia menyesal terlanjur cerita riang.
Rasa bersalahnya  dia bawa pulang...

Tuesday, 28 October 2014

Hadiah Pagi

IIDN
Bukan barang  mahal atau pujian tinggi yang bikin hati berbunga-bunga.
Tidak sengaja tangan ini buka akun IIDN  (Ibu-ibu doyan Nulis).
Jreengng....!!! Baru ingat kalau Rabu pagi ada kelas mengedit karya teman-teman.





Langsung ini mata main lincah mumpung kelas masih sepi. Paragraf 1 sudah ketangkep kekurangannya...2 ...6..dst. Biasaaa, mencari kesalahan tulisan orang lain paling mudah ketimbang tulisan sendiri. Hehehe miniatur kehidupan banget ya!

Santai saja, sambil pindah-pindah ke akun lain. asalkan pembenahan alur cerita dan detil EYD sudah saya kemukakan. Senang liat kripik-kripik ( koreksian) teman-teman yang pedas selama 1 jam.
1 karya rame-rame  dibedah, diiris-iris!

Paling asik kalau ketemu penulis yang mengakui kelemahan dan mau membuka pintu hatinya lebar-lebar. Makin banyak lagi masukan yang diberi untuk membuat tulisannya makin ciamik.
Waktu sejam terasa semenit.

Ngomong-ngomong, Mungkin Allah begitu juga ya... kalau hamba ngaku dengan rendah hati, bakal lebih banyak masukan hidayah buat dia. Jadi jangan protes kalau sudah bertaubat tapi masih ada ujian yang datang mencengangkan. *Sotoy banget!

Lagi ngelantur browsing, Ehh! nama disebut. Alhamdulillah dapet hadiah pulsa yang ke 4 kalinya.
Ngosrek garasi dan mandiin mobil pagi ini jadi ringan rasanya.

Terimakasih Teh Kirana....:)



Nina Kirana alhamdulillah.. ngga terasa kita sudah sampai di akhir perjumpaan Bedah Karya kita, ya..

dan, siapakah yang komennya terpilih untuk saat ini?


yups, ini diaa.. taraaa.. selamat untuk mbak Misb Chasanah, mb Mutiah Ohorella, uni Dewi Hastuti, dan Nadya .. horeeee..   

silakan inboxkan nomor hpnya ke saya, ada sedikit gift pulsa yang menanti untuk Anda semua 

Monday, 27 October 2014

Yang Berkesan Dari Nge-blog

Tulisan Ini Untuk GA- Hari Bloger

Tema :  Yang Berkesan Dari Nge-blog.




Seperti membuat titik lalu menjadi buku. Seperti itu pula kegiatan nge-blog saya. Tahun 2011 blog yang dibuatkan putri saya ini cuma 7 postingan dalam 1 tahun. Dengan berjalannya waktu dan bertambahnya keberanian, tahun 2013 punya 535 tulisan.

Banyak teman, banyak belajar, dan banyak ilmu yang didapat dari kegiatan nge-blog ini.
Pupus rasa minder dan ragu. Senang bisa menaklukan ketakutan mencoba lomba, mulai dari GA teman-teman bloger sampai ikut lomba yang diadakan lembaga negara.

Kemenangan pertama paling berkesan saat menjuarai Lomba Menulis "Ayo Mudik" yang diselenggarakan KemenPU.


Sebetulnya saya ingin menjadikan foto-foto hadiah ini sebagai "Hiburan Rahasia" saya saja.
Tapi karna ingin ungkapkan rasa syukur di hari Blogger yang jatuh di hari ini, maka dengan rela saya tampilkan.





















Pertama kalinya mendapat hadiah mahal dan pesaingnya dari kalangan  jurnalis.Alhamdulillah...

Yang berkesan lainnya adalah saat dapat hadiah lomba dan diajak Dompet Dhuafa bergabung membuat buku (Antologi) 5000 tulisan. Berkumpul dengan Mbak Pipit Senja penulis senior mampu memompa semangat menulis. Ini yang lama saya cita-citakan, berjuang melawan kemiskinan dengan tinta.






Semoga bisa membangkitkan semangat teman-teman khususnya group KEB untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dari hobby kita. Keuntungan bisa berbuat dan bermanfaat lewat tulisan. Biar usia kita tidak berlalu begitu saja.

Selamat Hari Bloger!  :)












Saturday, 25 October 2014

Foto Coba-Coba


Sudah lama tidak menambah foto. Hari ini kok kepengen banget mencoba ambil gambar makanan  dengan cahaya matahari.
Cuma dari kamera HP Samsung Galaxi yang MP nya sedang, tapi hasilnya bikin seneng! keliatan detil obyek.

Beda jauh dengan foto dalam ruang dengan cahaya lampu.
Memang yaa...yang alami-alami itu selalu keren!

Kelemahan foto, terlihat ada bayangan,  Dan kesulitan ( sebetulnya nggak sabar) ambil beberapa angel. Mata susah liat tampilan screen Hp karna silau.
Hehe... orang awam perlu perjuangan yaa! Segitu saja jidat sudah capek berkernyit (Nyureng).Belum lagi harus bolak balik kedalam rumah untuk liat hasil.

Jauh dari sempurna dan banyak gagal.Tapi inget pesan pakar.


1 foto bagus, diikuti oleh 99 foto gagal














FOTO DIDALAM RUANG








Sepatu Mahal Atau Murah?




Pilih mana. sepatu mahal atau murah?

Ada yang bilang, sepatu itu seperti suplement, tau khasiat setelah diminum.
Kalau sepatu baru tau murah atau mahal setelah dipakai.
Sepatu mahal nyaman dan tahan lama. Sepatu murah boros kalau di kalkulasi, lebih baik baik beli sepatu mahal 1x daripada sepatu murah berkali-kali.




Saya suka sepatu mahal. suka melihat maksudnya!
Seperti toko Crocs yang saya masuki ini. Sepatu sandal yang biasa-biasa saja harganya 999.000.
Memang nyaman dipakai, empuk, elastis, mengikuti gerak  telapak kaki saat menekuk.
Tapi saya belum bisa terima, uang segitu untuk 1 sepatu. Kok kayaknya saya merasa "Dikerjain" sama merk. Kalau bisa dapat yang tak mahal tapi kuat.
Lagi pula model begini banyak yang serupa tapi palsu. Gimana kalau tertukar di masjid, misalnya?




Selop lama saya lumayan murah, ringan, hak tinggi tapi tidak bikin capek, mudah dibersihkan, dan kuat!

Awalnya beli 1 pasang, karna takut kehabisan, saya beli lagi.
Bukan apa-apa... kalau ketemu yang pas di hati, lebih baik beli beberapa, jadi tak perlu repot mencari saat butuh warna lain.

Dan ternyata benar, sekarang sulit dicari.
Sampai tak bisa penuhi titipan beberapa teman yang terlanjur naksir.

Sudah puas bisa dapat sepatu dengan harga wajar tapi kwalitas baik, rasanya  belum perlu sepatu  mahal atau bermerek nge-top.
Kecuali ... kecuali sudah kepincut, ada uang dan betul-betul butuh!






Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Sepatu

1. Kalau mau irit seperti saya, pilih  warna netral, jadi tak perlu beli dan menyimpan banyak-banyak

2. Sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pesta tak mengapa pilih yang berhak tinggi sebab  tak berjalan jauh. Jangan paksakan diri kalau tak biasa, sebab akan mengganggu gerak tubuh, tak seimbang, terkilir, atau varises

3.  Untuk perjalanan jauh, pilih yang flat, berbahan kain supaya kaki tak berkeringat, hindari yang berujung kosong. Sebab akan membuat jari-jari anda skaku nyeri

4. Jangan terima pendapat: "Kalau sering dipakai lama-lama bisa pas!"

5. Saat mencoba, rasakan bagian tengah  telapak kaki, apakah waktu ditekuk bahan sepatu keras atau lentur? Pilih yang lentur agar kaki nyaman, tak cepat lelah dan sepatu bisa awet.

6. Perhatikan kulitnya. Kulit sintetis bikin kaki lecet, dan tidak nyaman.

7. Perhitungkan berat badan

8. Perhatikan ukuran jari. jika lebar, hindari sepatu yang berujung lancip, Selain tak nyaman, akan merubah bentuk asli sepatu.

9. Perhatikan jahitannya, mudah dibersihkan atau tidak.

Semoga manfaat, dan jauh dari penyesalan setelah membeli.




 







Friday, 24 October 2014

Perempuan Di Mata Ibu






Kalau ingat almarhum ibu, yang menonjol adalah saat ia memberi tau tentang bagaimana menjadi perempuan.

Misalnya satu hari sahabat akrab datang. Dia berteriak memanggil nama saya berulang-ulang dari pintu pagar luar rumah.

"Jangan menyahut!" Kata Ibu yang saat itu sedang membaca buku.
"Kasihan dia, Bu...!"  saya memohon
"Pokoknya kamu diam!" Jawab ibu tegas sambil meletakkan bukunya lalu pergi ke teras.

Dari balik jendela terdengar percakapan Ibu dengan sahabat saya.
Hati-hati ibu mengingatkan, jika bertamu berilah salam dan menunggu sampai ada jawaban.
Akh, Ibu... kan dia sahabat akrab! Nggak usah formil lah!  *dalam hati

Dan  pendapat itu ibu patahkan setelah sahabat saya pulang.


Tak elok meneriakkan nama orang dari luar rumah. Apalagi untuk perempuan.
Dengan adab bertamu yang sudah dicontohkan, akan terjaga muru'ah ( Kemuliaan diri) keduanya.

Bertambah usia, makin banyak yang ingin saya liat. Berasyik ria memenuhi ajakan teman ke tempat wisata, bioskop, atau makan. Ibu mengizinkan... tapi ada limit!
Setelah dianggap cukup, ibu cuma bilang selintas tapi tegas.

"Anak gadis itu seperti bunga, ia akan harum bila terjaga di rumah. Sering terlihat di luar akan membuat orang bosan"

Ucapan ibu ampuh! sanggup menahan kaki saya sekaligus membuat saya berani berkata TIDAK pada ajakan teman.








Wednesday, 22 October 2014

Tulisan Buat Pak SBY



Baru saja kemarin putri saya cerita, dia dan teman-temannya tidak tega menurunkan gambar Pak SBY, eh! paginya baca surat seorang anak SD-Jogjakarta di FB. Akh...jadi terharu!


( Luky Nur Meilia).
Pak, kemaren pas hari kamis saya ketemu sama bapak dijalan kusuma negara pas dari bandara adisucipto ke gedung agung, bapak keliatan lelah tp karisma bapak tetep msh ada, saya dada dada sama bapak, mau ngajak foto tp mobilnya cepet bgt, dan kmrn sabtu saya sama temen saya di kelas ngeliat foto bapak yg terakhir kalinya pas msh dipajang didepan kelas diatas papan tulis, pak makasih ya, dari dulu bapak ngga ada kantung matanya sampe skrg bapak punya kantung mata, bapak sudah bnyk berjasa untuk negeri ini, sehat selalu pak, semoga bapak selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin



Tuesday, 21 October 2014

Rahasia Penyedap Saus Salad





Kehadiran Salad dalam jamuan makan adalah penyegar mata dan mulut. Ia seperti sup juga yang bisa dinikmati sebagai penutup atau pembuka makanan utama.
Salad bisa kapan saja dibuat, tak perlu menunggu ada jamuan/pesta.
Buah atau sayur yang diberi campuran cocok buat saya yang malas makan buah

Pernah saya makan salad, sampai tak mau lagi makanan utama. Abis enak siihh...!
Apalagi kalau tampilannya dengan aneka warna menarik.
Dan yang utama sausnya itu!

Salad kurang maknyuss kalau terlalu asam, atau hambar.
Adik saya memberi kunci agar saus salad punya rasa asam sedang, sedikit manis, dan lembut di mulut. Gampang! Setelah diberi Mayonnaise atau Thousand Island, tambahkan

- Madu
- Olive Oil/ Minyak Zaitun.

Ukurannya 1 banding 2. Madu lebih banyak yaa...

Langkah Sebelum Membuat Salad

- Pilih buah/sayur yang berwarna cerah dan segar
- Tulang daunnya kelihatan jelas dan mudah dipatahkan
- Harum tak tercemar dengan daun lain di sekitarnya
- Jangan berlubang atau lecet
    

                            RESEP SALAD PRAKTIS


Bahan

- Daun Selada di robek
- Tomat dan ketimun diiris, boleh juga di potong dadu tanpa biji
- Letuce potong besar/diiris sesuai selera
- Nanas potong dadu
- Apel potong dadu

Semua bahan dicampur dengan Thousand island/Mayonnaise, madu dan minyak zaitun.
Boleh tambahkan saus tomat jika suka.
Masukkan ke dalam kulkas sebentar,  sebelum di santap

Anak-Anak Tidak Suka?

Supaya anak-anak suka sayur dan buah, diusahakan membuat salad yang enak pada cicipan pertama mereka. Jangan terlalu asam, dan saya mensiasatinya dengan menabur  kripik kentang Chitos diatasnya.

Selamat mencoba!  :)


























Monday, 20 October 2014

Puisi Dan Pantun Ambon 3

Tempo Doeloe Di Tulehu Ambon

Langit biru bersih...
Awan berbaris putih-putih
Burung-burung laut melayang
Bercampur bermacam-macam warna layang-layang

Riuh anak-anak bermain di pinggir pantai
Mata menatap langit lepas
Namun teluk Waii tetap tenang
angin sepoi menyapa

Musim ikan
Nelayan ramai  asyik di laut lepas
berte,am burung yang sesekali terjun ke laut

Ooo... tenang ...senang
Rukun dan damai
Ini tempo doeloe
Kehidupan murah
Wajah sama cerah..






****

Tanjung KOAKO


Aayooo...
Rame-rame ambil Mangga!
Samua pohon sarat babua
Banyak yang sudah masak

Pasir putih bagus,aleee..
Katorang ambil mangga masak
Lalu makan dipinggir pante, pasir puti

Ini carita dolo-dolo
Skarang su seng ada lai!
Kota Masoho su rame

Kalo su musim omba
Tanjung Koako berbahaya
Dolo deng skarang sama sa..

****

Titah Raja

Dooong.... dooong... dooong !!
Titah he-ee Upu Elaaee
Kakika orasa waro
Marua laha ana-aaiyi
Hoka rame-rame lo-o lau asaarie

Mau rutu sou-ee tula Upu Latue
Wajib hoka rame-rame
Taha bole taaha-a

Ela manuaiya isoi hori-hori amaane
Are seipo taha perhatikan titaae
Kalu isi aapaimi menghadap upu Elaee
...
Ma imeking lohi-lohi kasalahang
Dooong....dong...!!


Terjemahan:

Perintah Raja

Doong...doongg..(Suara semacam gong)

Ada perintah untuk saudara-saudara semua!
Besok pagi, tua atau muda keluar rame-rame
Tidak boleh tidak!

Kita akan berkumpul dengan saudara yang lain
Waji datang bersama, tidak boleh tidak
Kalian perhatikan perintah ini
Jangalah berbuat kesalahan (melanggar)











Sunday, 19 October 2014

Puisi Dan Pantun Ambon 2

Karya : H.Abd.Mutholib Ohorella




MANANGIS   BATARIA




                                                                                                Sumber gambar
Tagal kamong Cakalele, baku potong baku bunu
Mama manangis bataria polo-polo kapala

Pung pande apa?
sampe mata galap. Seng tau ,tar kanal
Basudara gandong

Dolo Tete Nene moyang su baku sumpa mati-mati
Ika pela, satu deng laeng
Angka basudara pake dara

Rasa pande lawang
Sampe seng tau diri...

****


PANTUN  BERCANDA


Naik-naik ke Kuda Mati                         Sumber gambar
Turun-turun ke Batu Gantung
Kasih sayang penuh di hati,
Dari hati sampai ke jantung

Jalan-jalan ke Btu Gajah
Duduk santai di Batu Meja
Jangan bohong membuat marah
Kasih bukti jadi percaya

Batu Capeu main di ombak
Batu Merah melambai-melambai
Biar senang kalau diajak
Bagus gembira beramai-ramai

Dari benteng jalan sendiri          
Sampai di Kota bingung sendiri
Banyak orang sedang menari
Tidak ikut karena sendiri

****

NONA-NONA DARI JAWA


Sumber gambar

Kami penyanyi, harus menghibur ke Kairatu
banyak disana nona-nona Jawa
Perintah dari Jepang

Mengalunlah hiburan Langgam Keroncong
Bengawan Solo, Jembatan Merah
Pulau Jawa dan Pulau Bali
Indah...musik Simbuhang milik Jepang

Aduhaiii... hujan air mata
Nona Jawa dibohogi Jepang
Katanya akan bersekolah di Tokyo
Kiranya hanya jadi penghibur tentara Jepang

Upacara usai...
Nona Jawa pilu melambai
Arigato...sayonara!
Bercucuran airmata, meninggalkan kami.

****


HASA - HASA





Angin sibu-sibu dari balakang
Arombai majo deng tanang
Belajar paling sanang

Ada tamang
Toko pinggir arumbae
Pake lago deng balago
rame-rame lalu iko
atur suara deng koor

Lago baganti lago
Toki-toki pinggir arombae
Pante pasir puti anyo kabalakang
daon kalapa iko rame-rame

Astagaaaa...!!
Seng talalu rasa lama
tau-tau susampe deng sanang

****










Jaga Lidah



Lidah gatel  deh! Kalau dengar seseorang membicarakan bagaimana ia disakiti orang yang sama, pernah menyakiti kita.
Sekian tahun simpen cerita menyebalkan, supaya nggak jadi dosa.
Dan sekarang dipancing! timbunan seperti mau  meledak!
Nggak usah banyak-banyak, sepatah  kata keluar, cerita pasti paaaaanjang dan laaaama...

Apa anda pernah mengalami? Bagaimana mengatasinya agar mulut tetap diam?
Kalau pembicaraan dialihkan, khawatir dia tersinggung. Orang curhat kok di cuekin!
Mau diingetin pakek bahasa agama, nanti dibilang sok alim!

Ada yang bilang, fikiran kita saja yang dialihkan. Ceritanya tak usah dicerna.
Agar tak terbawa emosi, bayangkan saja pemandangan indah, ingat bunga, ingat orang yang kita suka. atau...inget makanan enak!

Tapi kalau dia minta solusi?
Adakah cara supaya nggak larut dan tetap bisa jaga rahasia?













Friday, 17 October 2014

Tanya Harga Yang Komplit !







"Mbak, saya mau beli 1 porsi Soto Daging, berapa harganya?"
"Kalu daging 13.000, kalau ayam 10.000 .., 1 porsi isinya 3 daging yang diiris"
Begitu kata penjual Soto Bogor "P**  A**"  yang sudah banyak dikenal, tapi warungnya dari dulu masih tetap kecil. Begitu...begitu saja!

Saya fikir, lumayanlah!  harga nya sama dengan Soto Santan langganan di Pasar Anyar. Tanpa nasi dan kerupuk memang segitu harganya.

Tapi waktu  bayar dengan 100.000-an, saya terima kembalian 61.000,- Wahhh!!
Apa  salah denger, tadi?   Kenapa main iya-iya saja!?
Padahal sudah hati-hati, ingat berita  modus pedagang yang suka main ketok harga.

"Mbak, tadi bilangnya seporsi 13.000,kan?" tanya saya

"Ya Bu... kan satu porsinya isi 3 daging besar  lalu diiris. 1 daging harganya 13.000"

Kacauuu...!!
Heran ya, ketemu aja cara baru biar orang bengong di kasir!
Apa pembeli harus selalu siapkan pertanyaan  lebih detil lagi,sebelum belanja?

Harga seporsi berapa? Harga daging terpisah atau jadi satu?



PLN ADALAH RAJA



Tulisan Ini Disertakan Dalam Lomba Blog







Biasanya "Pembeli adalah raja", tapi buat  PLN "Penjual adalah raja".
Bagaimana tidak? bangsa kita yang tinggal di pecahan pulau-pulau ini ramai-ramai berteriak minta listrik. Salah satu contohnya warga pulau Kadatua Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.
Kepala Desanya yang bernama H.Ali Yunus sampai bilang begini :

"Kalau kami disuruh bersujud dan mencium kaki orang PLN untuk bisa dialirkan listrik, kami seluruh warga disini akan melakukannya"  (Sumber http://www.kemendagri.go.id  25/9/2014)

Itu karena nelayan membutuhkan es 3000 balok per hari untuk pengawetan ikan. Namun energi listrik yang berpusat di daerah Waonu itu baru bisa melayani 7 desa yang menyala 12 jam saja, sejak pukul 18.00 sampai pukul 6.00.
Sementara 3 desa lain yang menghasilkan banyak ikan sudah 20 tahun mengemis pada Pemda Buton agar desanya bisa dialiri listrik.

Terpaksa mereka mencari es balok ke pulau Bau-Bau. Jika transportasi laut memakan waktu 15 menit. Saat cuaca hujan ombak bisa tinggi hingga 2 meter. Sedangkan transportasi darat memakan waktu 20 sampai 30 menit dengan jarak tempuh 8 Km.




Listrik Di Kota.

Bagaimana dengan masrakat kota besar? Apakah sudah mencukupi?
Ternyata sama-sama berteriak juga! Dimana-mana orang membutuhkan tehnologi informasi. Efek yang terjadi adalah lonjakan kebutuhan listrik.
Efek ini memikirkan hal-hal produktif. Tapi coba lihat! ada peningkatan kebudayaan konsumtif di masyarakat. Begitu ada uang, TV, DVD, Komputer, Laptop, dan seterusnya. Lagi-lagi penambahan kebutuhan listrik.

Kebutuhan listrik rumah tangga di kota


Jangan bicara Rumah Sakit, Kantor, atau Pabrik yang jelas kebutuhan listriknya. Tapi  bicara ruang saja! Ruang kelas, kampus, meeting room yang butuh infocus komplit. Tanpa disadari butuh banyak Power Outlet (colokan listrik). Belum lagi siswa yang masing-masing membawa notebook, gadget, handphone, power bank, dan "Acang-acang" atau alat canggih-alat canggih lainnya  pada  jam kuliah / meeting yang panjang. Akhirnya menggelar power bar dari satu titik ke seluruh penjuru kelas. Dari 40 siswa pasti ada beberapa yang butuh.

Contoh lain, seorang programmer paling tidak  membutuhkan 8 stop kontak, antara lain untuk :

- Komputer
- Monitor
- Printer
- Scan
- Desktop lamp
- Speaker
- Adapator untuk external harddisk
- Wifi

                                          




PLN Yang Dicaci Tapi Dicari



Kebutuhan Listrik Indonesia

Tak sedikit yang mencaci PLN karna "Byar Pet"nya. Mereka tak mengerti, kebobolan cadangan energy karna gaya konsumtif produsen juga. Ditambah tak pendai mengirit listrik
Melihat itu seperti melihat PLN dikejar-kejar kebutuhan tehnologi canggih untuk menutupi krisis listrik dan dikejar hujatan karna sering ada pemadaman bergilir.

Sementara di desa-desa dapat kita saksikan melalui berita TV, bagaimana penduduk yang minim ilmu, minim pendapatan, dapat menciptakan tenaga listrik dengan mengambil tenaga air, gas, dan lain-lain dengan cara yang sederhana.

Negara besar seperti Amerika saja masih kewalahan menghadapi permintaan listrik. Undang-undang energy terbarukan California telah memicu proyek tenaga angin dan matahari. Salah satunya proyek Tres Amigas New Mexico yang akan membantu Texas mengirimkan tenaga angin yang berlebihan ke berbagai kota di ujung Timur maupun Barat Amerika.

Maka sudah sewajarnya jika bangsa kita ambil langkah cepat menggunakan fasilitas alam  yang ada.
Bagaimana dengan masalah biaya yang besar?
Sudah rahasia umum, PLN sering rugi karna ulah pencuri listrik kelas cicak sampai kelas buaya.
Penunggak rekening kelas teri sampai kakap.
Satu kehebatan buat PLN jika bisa lebih teliti dan lebih tegas bertindak mengambil hak nya.
Kalau PLN tegas dan bersih, insya Allah ringanlah beban PLN dan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Ide Sederhana Saya

1. Kumpulkan orang-orang desa yang kaya ide tadi, tularkan ilmu dan sama-sama bekerja untuk desa lain. Insya Allah banyak yang semangat. Mereka hanya berteriak meminta karna mereka tak tau solusi.

2. Bekerja sama dengan media elektronik untuk lebih sering mengekspos kegiatan desa yang mampu mengatasi kekurangan energi listrik.

3. Ada semacam ikatan dinas bagi karyawan PLN yang ahli di bidangnya. Mereka tak dapat posisi bagus sebelum memberi sumbangan ilmunya di desa-desa.

4. Bagaimana masalah dana?  saya masukkan dalam paragraf khusus dibawah ini.


Tegas Pada Pencuri Listrik

Tanggal 9 April 2009, pernah ada pertemuan pedagang warung tenda Pecel Lele.
Untuk pusat Kota Bogor yang kecil saja jumlahnya 120 warung, itu 5 tahun yang lalu.
Belum lagi penjual Martabak Telur yang ratusan jumlahnya disekitar Stasiun Bogor Jemabatan Merah.

Pedagang Pecel Lele bisa meraup 9.500.000/bulan (Sumber : disini),
Itu data tahun 2013, saat 3500 pedagang Pecel Lele sejabodetabek yang sudah dikenal orang dikumpulkan. Jumlah mereka sedikit dibandingkan dengan penjual biasa.
Dengan bangga orang  memaparkan kehebatan berbisnis kuliner. Tapi tak pernah ada yang memperhatikan "Dari mana listrik mereka?"

Sebagian besar mereka "Nyantel"  dari tiang listrik jalan! untuk lampu, dispenser, pemanas nasi atau blender bagi yang berdagang Jus. Lumayan banyak stop kontaknya.

Sekali waktu iseng saya tanya, apa mereka bayar listrik? Mereka polos menjawab, bayar setiap bulan ke kantor yang ada di belakang tenda. kurang lebih 10 gerobak yang berpusat ke kabel kantor.
Apakah sampai ke tangan PLN? ya tidak lah! Itu kantor resmi pemerintah yang dapat jatah bayar rekening listrik!

Bayangkan kalau 100 pedagang, 100 lampu. 1 wilayah kecil saja sudah bisa dikira-kira berapa banyak pemakaian listrik? Bisa jadi sama dengan lampu kantor bertingkat.

Petugas pencatat pun hendaknya diawasi! Mereka tau rumah mana yang meterannya sudah di blokir, tapi lampu dan peralatan elektronik mereka tetap menyalah.


          Sumber gambar



PLN Pasti Bisa

Andai tangan kekuatan tangan PLN bisa bekerja tegas memutuskan listrik-listrik ilegal di pemukiman padat, di bantaran sungai, dan para pedagang kaki lima, tentu pemasukan PLN akan lebih banyak.

Penggunaan listrik dengan pemasukan akan seimbang. Dana yang ada untuk membangun listrik di desa seperti kisah di awal tadi. Baik dengan cara modern ataupun dengan energy alam.

Jangan takut,PLN! mereka adalah  koruptor yang tak teraih KPK!
Akh, jadi membayangkan orang-orang yang duduk makan diwarung-warung  itu sambil bicara seru tentang politik dan korupsi, padahal di atas kepala mereka ada korupsi yang tak pernah dilihat dan dirasa.

Satu tindakan PLN misalnya hanya memberi penerangan di tempat berdagang resmi, maka pejalan kaki tak terhalang lagi oleh tenda-tenda yang menyerobot trotoar. Kebakaran di hunian padat pun bisa dihindari. Orang desa tak mudah ke kota bila sulit rumah dan listrik.

Selamat bekerja PLN... Ambillah hakmu!
Semoga kekuatan baru terus bertambah, seperti kekuatan listrik rumahan yang bisa minta  tambah daya...:)


Tulisan Ini Disertakan Dalam Lomba BLOG

IDEKU UNTUK PLN?


Thursday, 16 October 2014

Terimakasih Pak SBY...




Menghitung hari...detik demi detik...(Lagu Kris Dayanthi)
Rtv pake lagu itu untuk iringi berita persiapan pelantikan Presiden.
Apa nggak ada lagu lain lagi?


Perpisahan dengan SBY sedih juga. Dapet ketenangan selama menjabat. Besok entah bagaimana?


Terimakasih Pak... kesabaran dan wibawamu membekas. Tak semua memuji, tak semua tau jasamu. Pasti ada doa buat rakyat di penghujung sholatmu. Pasti ada amal tersembunyi yang jadi rahasia.

 Semoga Allah menyembunyikan ganjaran besaar buatmu. Kekurangan pasti ada...biar Allah yang akan menutupinya dengan kesempurnaan dan kemurahanNya...amiin ya  Rabb


Menulis Apa?


Mau nulis blog tapi banyak tulisan lomba yang belum kelar.

- Lomba PLN  masih 50 %
- Naskah cerita anak untuk dikirim masih 25 %
- Lomba Umroh beru kumpul bahan, tinggal di siangin
- Untuuung... riview CNI udah kelar.

Kebetulan mood lagi seneng nulis soal agama di blog saya yang lain ( Wakaf Ilmu ), kesiaaan...sudah 3 hari nggak terisi.

Ada yang spesialkah hari ini buat anda yang bisa ditulis?

Saya punya yang spesial!
Pagi-pagi saya temukan blog anak saya yang nomor 3. Ternyata dia menulis sejak bulan agustus.
Nggak sangka! ceritanya sudah bisa runut dengan bahasa yang halus. Beda betul dengan teman-teman seusianya yang lepas, apa adanya, sedikit gokil!

Tulisannya tentang  rindu dan cinta pada puncak gunung. Persis yang papanya alami dulu, ungkapnya.  *Daddy, always...
Lalu tips untuk yang mau naik Gunung Gede, menerangkan tentang topi khas Afganistan yang paling dia suka ( Polkahat ). Dan hasil perenungannya akan politik.

Weleh! akhirnya saya nulis juga  :)



Wednesday, 15 October 2014

Acara Kumpul Bloger (FunBloging)





Saat dapat undangan Workshop  QWords FunBloging tanggal 12 Oktober 2014,kemarin.
Bayangan dari rumah, pertemuan itu biasa-biasa saja...
Akh, paling yang diberikan ilmu blogging saja dan bagaimana caranya blog jadi duit!
Dan saya pasrahh!...karna walau sudah punya nomor adsense dan diberi no PIN oleh google, tetap saja blog saya tak bisa menghasilkan. Hopless, sejak blog saya kena phissing.

Maksudnya ada yang mempromosikan tulisan-tulisan saya tapi dengan maksud agar yang datang melihat gambar-gambar porno mereka.
Sudah dapat ditebak, google akan marah, saya masuk black list!

Untungnya blog masih terpampang. Saya akan bersedih kalau tulisan-tulisan saya hilang. Atau harus pindah rumah meninggalkan pengunjung-pengunjung saya yang terkumpul sejak tahun 2011.

Ternyata...di workshop itu saya menemukan apa yang saya cari. Ilmu mensiasati medsos supaya banyak manfaat, dan menemukan jalan ke arah cita dan impian saya+Putri bungsu saya untuk memulai usaha on-line Handy Craft.

Ada orang yang bisa berenang karna tak sengaja kecebur. Itulah saya!
Bagaimana tidak? baru datang langsung diberi domain dan langsung disertakan dalam lomba riview Wahhh...!!

Pokoknya pertemuan itu penuh kekeluargaan, dan kembali kerumah dengan semangat terbarukan.
Mbak Berta, salah seorang mentor (Mak Ani Berta) di kronologi FBnya menampilkan ini...

Quiz : Silakan deskripsikan minimal dalam komentar, hadiahnya ada? pasti ada dong 




Inilah jawaban saya:

 Dulu semasa gadis sempat sesumbar bilang begini:

 "Kelak saya mau santai mengurusi rumah tangga, tetap bisa menjalankan hobby, dapat ilmu dan teman, tapi dapat uang tanpa keluar rumah!" 

Itulah...hati-hati kalau bicara! ucapan itu doa!. Maka kualatlah saya. Saya dipertemukan dengan group menulis dan penerbit yang berani-beraninya membakar semangat saya. Saya jadi amnesia dengan umur! ikut beberapa kelas online saat anak-anak sibuk dengan tugas sekolahnya masing-masing. 

Blog yang saya buat asal-asalan itu pun pada akhirnya seperti senjata makan tuan. Tadinya senjata untuk membunuh waktu, ternyata dia membunuh impian saya menjadi kenyataan. Saya jadi orang rakus mengambil kesempatan, sampai-sampai beberapa hadiah lomba menyerang. 
Silaturrahmi bertambah, bukan hanya dengan teman, tapi juga dengan petugas JNE. 

Sooo...Medsos itu bagaimana penggunanya. Mari kita jinakkan Medsos!