Wednesday, 29 October 2014

Agar-agar Roti Sisa



Tiap sarapan roti pasti anak saya pesan, "Olesin sampaii kepinggi-pinggirnya, ya Ma!"
Tampilannya kayak gini nih...biar nggak kelewat saya olesi mulai dari pinggir.
Tapi teteeep...sisa roti bagian pinggir tersisa. Lumayan kalau dikumpulin.
Biasa deeh...emak-emak jadi tumpuan buangan. Kita lagi...kita lagii..! 
Bukan emak kalau nggak bisa cari enak, itu sisa roti nikmat di cocol ke susu coklat atau kopi susu
                           Sumber gambar





Tapi, saya temukan resep ini! Sekeluarga bisa nikmati roti sisa. Malah jadi rebutan!
Agar-agar manis gurih yang bisa hilangkan bau kulkas, saking harum pandannya berasa !

Agar-agar ini juga saya buat kalau mau besuk orang sakit. Tapi bukan dari sisa roti lhoo...
Kalu buat sedekah musti yang terbaik kan? Jadi roti tanpa tepi /kulit

Bahan-Bahan

250 gram gula merah iris
150 gram gula pasir
1,75 santan dari 2 buah kelapa
2 bungkus ( 14 g) agar-agar bubuk putih
1/8 sendok teh garam
2 sendok makan bumbu spekuk 
2 butir telur kocok
8 lembar roti tawar

Cara Membuat:

-Rebus gula dan sebagian santan sampai gula larut. Angkat, saring dan biarkan uapnya hilang.

-Aduk santan bergula dengan sisa santan, agar-agar bubuk dan garam, lalau didihkan

- Masukkan bumbu spekuk dan telur sedikit demi sedikit  sambil diaduk supaya telur tidak pecah.
Lalu angkat setelah matang.

-Susunlah roti tawar dalam cetakan bundar bergaris tengah 20 cm. Tuang adonan kedalamnya lalu dinginkan.










10 comments:

  1. Hehehe...silahkan dicoba,Mak...:)

    ReplyDelete
  2. Emang anaknya umur berapa mak? Kok makan roti masih minta diolesin, hehe :p
    Kreatif deh mak, makanan sisa diolah jadi lebih enak ya :)

    ReplyDelete
  3. Anak saya sudah kelas 2 SMA sih, Mak..biasanya dia bikin sendiri. Tp kalau pagi sblm berangkat sekolah/sarapan saya senang bisa menyiapkan sementara dia bersiap-siap. Bener mak, rasa manis gula merah di agar-agar itu, spesial rasanya. Selamat mencoba yaaa...:)

    ReplyDelete
  4. Kalau hasilnya enak, bilang2 ya Mbak...:)

    ReplyDelete
  5. enak ya mbak. soalnya gak ada gambarnya nih jadi penasaran hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya mbak... Komentnya tak terlihat/terlewat.Rencana mau biki gambar baru, lupa tts klo pas masak.

      Delete
  6. Wah sama kaya anak saya bun, ga mau pinggiran roti nya... kapan2 mo coba resep ini :)

    ReplyDelete
  7. Ya ampuun...baru liat komentnya Mbak. Maaf ya, saya sering mudah nge-publish tapi waktu njawab kepotong sesuatu yg darurat. Gimana mbak? Selamat mencoba yaa? :)

    ReplyDelete