Sunday, 2 November 2014

Kencur Serang Gatal Tenggorokan






Teman saya bilang...
" Ukh, rasanya pengen masukin biji kedondong ke tenggorokan!"

Begitulah kalau gatal tenggorokan jelang flu, sangat mengganggu. Kadang saat tertidur pulas bisa terbangun. Yang malu kalau di kendaraan umum, gatal menyerang  tiba-tiba.
Batuk beruntun susah di hentikan sampai air mata dan keringat keluar. Wajah penumpang lain melengos takut tertular. Rasanya mau turun disitu juga kalau kendaraan mudah didapat.

Nasehat orang selama ini,obati dengan asam dicampur gula jawa, dicampur dengan air hangat.
Tapi belum mempan saat saya coba, jeruk nipis dan kecap cukup ampuh tapi maag jadi kumat.
Permen hisap tidak pengaruh.

Alhamdulillah... kali ini dapat saran, mengunyah kencur. Memang getir rasanya.
Tapiii...hangat mengalir di tenggorokan, hangatnya terasa sampai ke dada. Persis minum obat batuk.
Kalau tak tahan kunyah bisa dikunya  bareng gula atau garam.

Saya jadi ingat Ibu Megawati pernah dikabarkan rajin membawa sedikit kencur dalam tasnya.
Beliau takut ada serangan gatal tenggorokan menjelang pidato.
Selain menyembuhkan batuk, kencur juga menjernihkan suara, Penyanyi Reza Artamevia rajin makan itu.

Jangan kaget kalau setelah itu ada lendir keluar dari hidung, krna kencur mengencerkan dahak
Semoga manfaat dan selamat mencoba! :)


10 comments:

  1. Kenapa gak dijadiin minuman aja mak, diminum air rebusannya. Kalau dimakan langsung aku juga males ah, pedesss :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dijadikan minuman langsung ke prut,Mak Arifah. Dengan dikunyah, airnya mampir ditenggorokan. Kencur yang bikin lendir menempel di tenggorokan jadi lepas.

      Delete
  2. pas nih lagi batuk mak..aku coba deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat sembuh ya Mbak... cerita dong, kalau terbukti hehe :) Btw terimakasih atas kunjungannya. Saya main ke blog mu akh...:)

      Delete
  3. q kalo batuk disuruh suami ngunyah kencur lo mbk hehehe...awalnya aneh tp lama2 yaaa bolehlah hehehehe.bukan hanya kecur yg q kunyah,bawang putih juga heheh.itu kata ibukku,kl habis makan sate kambing plus gule harus ngunyah bawang putih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tau tuh Mbak, bawang putih bagus setelah makan daging. Mungkin untuk mencegah kolestrol,ya..? :)

      Delete
  4. Kalo kencur suka dihancurin mak sama Mamaku trus pake madu, enaaakkk. Emang ampung untuk flu n batuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good idea, pakek madu!. Krn madu obat juga kan? :)

      Delete