Thursday, 6 November 2014

SIASATI SISA AYAM ( AYAM MENTEGA )



Ibu-ibu tentu tau,  anak-anak kebanyakan cepat bosan bila menemui menu yang sama di meja makan setelah 1 hari.
Jangankan anak kecil, anak sudah besar pun kadang kurang selera melihatnya, walaupun akhirnya dimakan juga.

Khususnya hari raya, kita sering sayang dengan sisa ayam berkuah, seperti sisa Ayam Opor, Ayam Kari, atau ayam goreng buat soto.
Resep ini lumayan untuk mensiasatinya. Tampilan baru bisa bikin mereka berselera.






Cara Membuat:

Setelah dipisah dari kuah, ayam direbus sebentar untuk menghilangkan kaku es, sekaligus memisahkan ia dari rasa bumbu lama. jika sudah bersih ditiriskan, lalu goreng.

Siapkan  kentang atau tahu goreng guna rubah tampilan sekaligus menambah porsi.

Bumbu :

Ingat ya Bu... resep ini TANPA BAWANG PUTIH !
Sebab bawang putih terlalu kuat rasanya, bisa mengalahkan gurihnya mentega.
Harumnya juga bisa mengalahkan harum bawang bombay.

Untuk ayam 5 potong siapkan:

1/2  Bawang Bombay
1     Batang daun bawang
1/2  Sendok makan margarin
1/2  Sendok teh merica bubuk
        Kecap  dan garam secukupnya.
        Sedikit minyak goreng untuk menumis

Cara Menumis:

Setelah minyak panas, tumis bawang bombay + daun bawang, setelah harum masukkan ayam dan teman-temannya ( Kentang atau Tahu). Aduk sebentar sampai tercampur.

Kecilkan api,lalu bubuhi kecap, lada+garam. Aduk kembali.
Terakhir masukkan margarin, ini yang bikin gurih.

Karna margarin punya rasa asin juga, maka disarankan tidak memasukkan banyak garam.
Selamat mencoba!





9 comments:

  1. tapi kenapa ga pakai bawang putih mak?

    ReplyDelete
  2. Bawang putih rasanya terlalu kuat,Mbak... jadi gurih menteganya bisa kalah. Hehe kita kebiasaan pakek sih ya, jadi rasanya nggak sempurna satu masakan tanpa Bawang Putih. Ada banyak resep tanpa bawang putih misalnya, Dendeng Balado, atau Sambal Ijo yg di Restaurant Padang. Terimakasih kunjungannya ya, Mbak cantik ...:)

    ReplyDelete
  3. Baru aja tadi pagi kepikiran pengen bikin ayam mentega tapi gatau resepnya :D
    Jadi pengen nyoba :)

    ReplyDelete
  4. Hehehe...Selamat masak ya Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Insya Allah enak, Mbak...:) Asal tambahkan bumbu yang mbak suka dominan rasanya. :)

      Delete
  6. Kalo masak, aku selalu pakai bawang putih, Mbak. Tapi, resep ini boleh dicoba. Itu dari fotonya menggiurkan banget. Apalagi plus kentang. *lap iler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Ini tisunya ,Mbak* ...Ya, sekali-sekali dicoba masakan tanpa BP. Oh ya, kalau suka pedas, lada diganti cabe rawit juga enak,lho!

      Delete