Wednesday, 12 November 2014

Spagetti Murah Meriah






Biasanya saya membuat Saus Spageti dengan tomat asli yang direbus lalu disaring.
Harga murah,  murni bervitamin, rasa asamnya pun lembut, tidak asam tajam.
Harga 1 porsi di Resto bisa jadi 4 porsi kalau bikin sendiri.

Lumayan sering bikin, dan herannya setiap kali bikin pasti mendadak teman sekolah anak-anak datang kerumah.
Jadi, rumah kami identik dengan "Rumah Spageti" di mata mereka.

Teman-teman lain yang belum pernah datang jadi penasaran dan ingin sesekali putri saya membawa spageti ke sekolah.
Alhamdulillah, sebaskom besar habis ludes dimakan rame-rame.

Memang saya menggunakan bawang putih, jadi bukan cuma terasa asam saus tomat saja seperti yang selama ini mereka rasakan di Restaurant siap saji.
Anak-anak juga kurang suka dengan spageti resto, kuahnya encer , asam, dan dagingnya sedikit,katanya.


Bagaimana kalau kerabat mau datang mendadak, waktunya tanggung, makanan siang kita tinggal sedikit?
Apa suguhi mie instant? kayaknya nggak tega ya... bisa jadi dia anti, atau banyak stok dirumah?

Buatkan saja Spageti yang sekarang bisa lebih expres, sejak keluar Spagetti Sauce kemasan.
Untuk tambahan, kalau tak punya daging halus bisa diganti dengan sosis, bakso, atau smoke beef, pokoknya simpanan kulkas deh! biasanya  yang punya anak kecil suka menyimpan sosis.

Prolognya banyak banget ya, yuk! kita mulai...





Bahan-Bahan

  1/4   Daging Halus
  1/2   potong Bawang Bombai
  1      butir Bawang Putih  ( bikin gurih rasa daging)
  2      sendok makan oregano
  1      sendok teh  lada halus
  5      tomat saring  ( 1/2 botol saus spageti  siap pakai)
  1     Sendok teh garam dan  2 sendok teh gula putih (Sesuai selera)
  1      Pak pasta

 Sambal botol jika suka
  Mentega untuk menumis

Cara Membuat

- Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega hingga harum.
-  Lalu masukkan daging halus, diaduk hingga setengah matang. Masukkan tomat saring ( Saus siap pakai),diaduk lagi.
-  Taburi Oregano, lada halus, gula pasir, dan garam
-  Bila terlalu kental dan takut mengering, tambahkan 1/2 gelas air, masak hingga matang.

Penyajian:

- Bagi yang suka sausnya betul-betul menyerap dan merata, masukkan saja  mie saat saus sudah matang. Diaduk dengan api kecil sebentar saja, asal sudah tercampur dengan rata.

- Atau dengan menata mie lalu menyiramnya dengan saus.
















 Teruuss...pasangan yang bikin seger dan hilangkan lemak, ini nihh...  

   

 
   










        


                            

22 comments:

  1. sama persis dengan spageti ala aku Mak
    anak2 juga doyan banget sama yg satu ini..hihi
    hanya saja aku biasanya pake kornet+bawang bombay Mak

    ReplyDelete
  2. Hehe...jadi pengen icip-icip spageti Mbak Ninik, krn sy blm pernah pake Kornet. :)

    ReplyDelete
  3. akuu juga suka buat spagethi sendiri dirumah..lebih puas bisa lebih banyakin toppingnya sama kejunya. nyamnyam
    ditambah bechamel saus diatasnya lebih nyooss mak.. ^^
    http://gulanyagulali.blogspot.com/2014/02/cara-lain-menikmati-pasta.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo..belom coba saus Bechamel,tuh! Jadi penasaran :)

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama Mbak Latree, terimakasih juga kunjungannya...:)

      Delete
  5. Ouw..sausnya bikin ngences mak...yakin dah, kalau mbak Mutia yang masaknya pasti maknyus.., ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw... Jadi GR saya nih! :) *Amiin, semoga jadi beneran

      Delete
  6. Replies
    1. Kalau deket, saya kirimin deh,Mbak! :)

      Delete
  7. Pernah nyoba bikin spaghetti instan kemasan gitu, tapi ternyata rasanya aneh. Sampe sekarang jadi agak trauma makan spaghetti >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna nggak diberi bumbu lagi,Mak? Jadi cuma rasa tomat saja. Silahkan di coba Mak :)

      Delete
  8. Kadang aku buat bekal anak2 mak kalau mrk bosen nasi + lauk. Memang betul, masak sendiri selain irit juga jelas bersih bahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak memang seneng yang bervariasi ya,Mak...Biar g bosen sausnya disimpan Mak, untuk olesan roti, atau untuk isi risoles,enak juga...!

      Delete
  9. Persis mak dengan buatanku..simpel cepet ya he he

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah buat spagheti sendiri kaya gini mak :p Enaknya ya kalau bisa masak kaya gini..
    Waaah enak banget ya kalau main ke rumah Mak Mutia bisa minta dibikinin ini dong, sayang jauh..

    ReplyDelete
  11. Klw sdh di coba, gampang banget! Hehe, Iya yaa... kalau deket, nggak usah nunggu Mak Arifah minta deh, langsung saya anter! .

    ReplyDelete