Monday, 29 December 2014

Bukan Doa Akhir Tahun


Kala orang-orang mengumpulkan harapan untuk tahun depan, merencanakan dan berdoa untuk mengisi tahun depan saya hanya memikirkan makna doa itu sendiri. Bukan masalah waktunya.

Kalau menghitung-hitung nikmat yang sudah Allah beri, kebanyakan saya dapati apa-apa  yang tidak saya minta dalam doa. Ia seperti darah dan udara yang Allah beri tanpa pesan sebelumnya. Beredarnya darah dan keluar masuknya udara ke paru-paru pun tidak perlu harus pencet tombol atau melakukan sesuatu.
Saat kita diam, tidur, berjalan,  mereka bekerja sendiri. Speed dan cara kerjanya sudah settingan Allah.

Lalu apa yang saya harus diminta?
Menurut saya, karna kita lemah, maka permintaan adalah yang bisa membuat kita kuat dan berubah.
Saya ingin sekali mampu membuang tabiat buruk, ingin memiliki akhlak mulia, tenang, dan menenangkan orang lain seperti mereka yang dekat dengan Allah.
Kenapa saya pilih itu? Karna akhlak adalah penentu kwalitas keberagamaan kita.

Seorang ahli inspirasi bilang, ketika orang itu taat beragama, maka ia jadi petarung hebat.Dia selalu unggul, karna didalamnya ada agama yang menuntunnya berakhlak agung. Kehebatan seseorang bukan karna skill, tapi karna ahlaknya. Mengapa? karna skill pasti ada harganya. Jika selesai, dibayar! Sementara akhlak tak akan pernah bisa dinilai dengan angka/apapun

Ternyata meraihnya bukan dengan merenung dan berlatih saja. Pertolongan Allah amat dibutuhkan.

"Ketika kita memohon kepada Tuhan pada waktu bersamaan Tuhanpun mengingatkan kita tentang kelemahan kita, kelalaian kita, kesombongan kita, ketidak jujuran kita, kemalasan kita, kerakusan kita, kebodohan kita, kekikiran kita, Tanpa disadari proses doa itu adalah ajang intropeksi kita dihadapan Tuhan untuk mengingatkan kita agar teru menerus menjadi lebih baik"

Masalahnya sekarang, sudah 2 arahkah  komunikasi  dengan Allah?




2 comments:

  1. Semoga pertolongan Allah selalu bersam kita ya mbak. Sesuai janji saya datang :)

    ReplyDelete
  2. Amiin ya Rabb...terimakasih Mak Lidya, senang dapat kunjungannya :)

    ReplyDelete