Tuesday, 13 January 2015

Ayam Saus Nanas





Karna bukan ahli masak...jadi saya kepingin sedekah resep yang anak-anak saya suka saja.
Salah satunya ayam berbalut terigu campur saus nanas ini.
Di awal bikin, anak-anak lansung suka. Tapi, nggak sempurna kalau terlalu lancar sukses. Anak-anak complain, "Nanas dan kuahnya banyakin doong,Ma!"
Lidah mereka benar! Ayam ini terasa segarnya, dan hilang amis daging setelah saya tambahkan.
Jadi, banyaknya Nanas tergantung selera saja yaa...

Demikian juga untuk paprika yang bisa mempercantik tampilan dan memancing liur. Bagi yang suka pedas ganti saja dengan cabe besar hijau dan merah. Lebih murah dan lebih mantep!
Makanya saya tampilkan lagi resep yang pernah saya posting dahulu, karna koment anak-anak yang sangat membantu.


**Jangan lupa, Kalau mau dibawa piknik atau untuk sedekah buat orang, atau untuk prasmanan, sausnya di bagi 2 sebelum diaduk bersama daging. Sebagian diaduk bersama ayam, sebagian lagi buat disiram saat siap santap.
Kenapa begitu? Sebab jika lama didiamkan, saus jadi berkurang. Makan dengan masih ada kuah saus rasanya lebih... Jreeenng!!

Bahan :

1/2 Kg daging ayam ( Fillet)
1 buah nanas yang kecil
1 butir telur
4 sdm terigu






Untuk rendaman:

3 sendok makan cuka
2 sdt garam
1 sdt lada halus
sedikit air putih



Bumbu :

1/2 cabe Paprika merah
1/2 cabe Paprika hijau
1/2 potong bawang bombay
1 batang daun bawang
1 botol saus tomat yang ukuran kecil
2 sdm kecap manis
Lada halus, garam dan gula pasir.

Cara Membuat:

Lumuri dulu daging ayam yang sudah di fillet bersama cuka, garam dan lada halus, selama 1/2 jam.


Setelah itu bilas lalu tiriskan.
Beri 1 telur kocok, dan taburi 4 sendok  makan munjung terigu lalu adu rata. Siap digoreng






Tumis paprika/cabe besar bersama bawang bombay. Setelah harum, masukkan potongan Nanas dan saus tomat. Aduk-aduk sebentar lalu masukkan gorengan ayam. Beri gula dan garam, kecap, lada halus.
Gula dan garam sesuai selera. Paling enak kalau asin, manis, pedas, dan asam nanasnya seimbang.





Bila hendak dibawa jauh, baiknya saus dipisah , lalu siram jelang makan...





13 comments:

  1. mauuu..lama banget nggak makan ayam saos nanas,g boleh makan nanas soanya hehehe

    ReplyDelete
  2. mgiler deh mak. suami saya suka aneh kalo ada nanas di masakan. padahal enak ya, segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak...dulu jg saya kira begitu. Apa hubungannya daging dengan buah? Pasti aneh! gituu Mak Kania...:)

      Delete
  3. Ngiler deh Mba..
    Resepnya gampang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak...Nggak banyak bumbu, dan hasilnya lumayan banyak dengan harga yang murah.

      Delete
  4. bisa gak ya nyoba, nih mumpung anak perempuanku liburan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,,,klo lagi ngumpul sama anak kepengen sesuatu yg beda,ya Mak...silahkan coba Mak Tira :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Langsung ngiler di jam makan siang disuguhin makanan nan lezat. *comot ayamnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mak...Semuanya dibawa pulang juga, boleh! :)

      Delete
  7. aiihh seger bangettt...nanas campur ayam emang maknyosss aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...Asiiik, se-aliran sama anak-anak saya, ya Mak Winda...:)

      Delete