Wednesday, 14 January 2015

Lirikan Pertama Pada KEB





Dalam ketidak pahaman saya tentang blog, berkelilinglah saya menelusuri taman blog yang aneka warna itu. Semua blog biasa-biasa saja rasanya, mungkin karna berisi tutorial-tutorial... Akh, pokoknya sesuatu yang tehnologi banget! "Da saya mah apa,atuh?"  Cuma seorang ibu gaptek.
Blog juga yang bikin anak saya, sampai ke password nya segala!

Lirikan Pertama

Karna penasaran, blog siapa sih, yang paling asik menurut mayoritas peselancar maya?
Terbenturlah mata pada daftar blog favorite dengan rangking tinggi. Kalau tidak salah tangga ke 3 diduduki oleh seorang ibu. Blognya  bernama bundadontworry.
Wahhh!! dari judulnya saja sudah kreatif. Meluncurlah saya kesana. Berenang menikmati pandangan-pandangan bijak seorang ibu yang kaya pengalaman.

Di sisi kanan nampaklah logo Komunitas Emak Bloger (KEB) yang pink lembut itu. Ibu Lili pemilik blog yang cerdas pasti selektif dalam memilih satu kumpulan yang cocok dengan kepribadian dan pandangannya.
Bukankah orang  tak sejiwa hanya sebentar  bertahan dalam satu komunitas?
Bertandanglah saya ke Facebook dan blog-blog berlogo KEB dan disana menemukan apa yang disebut "Berbagi". Pas! dengan yang saya cari dan saya mau.

KEB Berani Tampil

Saat mendaftar, KEB sedang repot-repotnya mempersiapkan pesta ultahnya yang terheboh di Jakarta.
Sebagai orang baru, saya hanya duduk di pojokkan menyaksikan kesibukan mereka.
Status-status FB nya benar-benar terlihat kerjasamanya, semua sibuk! Tapi mereka sempat rame-rame mengucapkan selamat datang pada saya. Waaw banget deh, pokoknya!

Tau diri doong, sebagai orang baru, yang blognya masih sepi postingan, sepi pengunjung. Satu hari cuma 10 orang,Mak! Jangan harep ada komentar, apalagi follower, ada yang baca saja sudah bagus!
Ehh...tiba-tiba salah seorang panitia yang inbox, saya ditawari jadi pragawati!

-Mak...mau ya, jadi peragawati" *Panggilan Mak nya akrab sekali, bikin nyesss hati.
-Maaf Mak, apa tidak ada yang lain? saya sudah tua lhoo!
-Nggak apa-apa Mak, komunitas kita beragam umur!

Saya lupa siapa nama sahabat saya itu. Pokoknya terimakasih banget sudah merengkuh, mengusir rasa canggung saya. Dan...meski akhirnya saya tidak hadir ada acara itu karna masih merasa anak baru, takut salah gaya, saya bisa melihat keakraban dan saling sayang di antara anggotanya.
Kalau nggak begitu, nggak akan mungkin anggotanya mbela-belain datang jauh-jauh dari daerah.

Apalagi setelah melihat Mak Mira sebagai Mak Pon (Maksudnya "Founder") Mak Julia sebagai Mak Min (Admin), dan Mak Arin sebagai Srikandinya KEB di wawancarai Net TV. Bangga luar biasa menjadi bagian dari mereka yang kreatif, pandai, melek tehnologi, dan hangat ini.

Kekeluargaan

Sekarang pertemuan dengan pengurus KEB sudah sering pada moment-moment tertentu. Wajah Mak Mira, Mak Shinta, Mak Lidya, bisa ditatap langsung dan bisa dinikmati keramahan dan kekeluargaannya. Seperti sahabat lama yang baru jumpa, mereka mengenalkan anak-anaknya dan menyruh mereka bersalaman, Hmmm sejuuk!!


Rasa kagum juga hadir disaat copy darat atau pun dalam status FB, anggota saling ihlas berbagi apa saja yang mereka tau dan mereka mampu. Dari masalah komputer sampe masalah dapur.
Bagi saya itu seperti virus ganas yang cepat menular. Menghinggapi satu persatu, siapa saja yang baru masuk ke dalam dunia KEB, keren, kan?

Seperti acara Arisan Ilmu yang saya hadiri baru-baru ini. Emak yang ahli di bidang bloging dan sering dapat Job Riview membagikan ilmunya dengan gratis,tis! Anggota ihlas  mengisi kesenangan dengan   berbagi kue sederhana.


Dok: Mak Mira


Sumber Inspirasi

Berkumpulnya emak-emak satu dalam kebutuhan dan satu cita-cita, tentu melahirkan tulisan-tulisan menarik. Mudah mencari informasi, dan positif dalam bersaing karya lewat Give Away (GA). Huruf-huruf hasil pemikiran dan sudut pandang berbeda adalah simpanan kekayaan KEB. Dari sana inspirasi terpancing! Saya makin giat menulis, dan sedikit demi sedikit pupus rasa tidak percaya diri dalam menampilkan karya. Alhamdulillah blog saya pun jadi mendapat ratusan pengunjung.

S a r a n :

Pernah saya dapati 3 kejadian yang mengusik ketenangan KEB. Saat muncul postingan  yang membuahkan perbedaan pandang tentang masalah jilbab, tarif Job Riview, masalah ASI, dan perbandingan  wanita bekerja dengan ibu rumah tangga murni.
Kelihatan sekali masing-masing mempertahankan cara fikirnya sendiri, tanpa memperhatikan kebutuhan dan keadaan orang lain. Sekedar keluar unek-unek boleh saja, tapi iringilah dengan pandangan netral agar tak menyesakkan pembaca yang tak sefaham.

K r i t i k
Pernah juga sih, ngenes dua kali! Saat kopdar ketemu dengan anggota yang hanya memberi ujung jari saat bersalaman tanpa senyum. Satu orang lagi yang saya temui, seperti takut ditanya ia langsung menghindar. Tapi jumlah yang sumringah, tawa lepas seperti foto di atas jumlahnya lebiiiih banyak. So kejadian yang nggak ngenakin bisa terhapus dengan sendirinya.
Hari ini orang lain jadi bahan ujian kita, bukan tidak mungkin hari lain kitalah yg jadi bahan ujian orang lain, ya kan?


Selamat ultah KEB ku...
Dirimu makin cantik dengan hiasan keakraban dan kecerdasan
Engkau riuh...gegap gempita...tak pernah sepi!
Tapi engkau juga tempat yang paliing lengang untuk istirahat
Selagi status-status garang berterbangan di luar sana!
Selagi gambar-gambar sampah dan pemikiran sampah membludak di luar sana!
Salam penuh cinta...










26 comments:

  1. lirikan pertama mbak Mutia maut ya sampai kepincut KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyaa doong...abis ada Mak Lidya disitu, yang rajin menyapa ke blog2 anggotanya. Proud of you banget!

      Delete
  2. KEB memang komunitas yang nyaman buat kita, perempuan ya Mak... Banyak belajar dari beragam ilmu emak2 keren :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Mak Euisry...serasa naik gerbong wanita yang aman dan nyaman trus dapet temen ngobrol yang berwawasan luas :)

      Delete
  3. KEB memang ramah sekali pada orang baru ya mb, membuat kita ga canggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Maya...saya sampe tersipu-sipu dapat sapaan awalnya...kereen!

      Delete
  4. Go keb go.. setuju mak, tebarkan energi positif agar status2 garang gambar2 sampah gk semakin merajalela di dunia maya. Sipp. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... udah capek klo liat status dan koment FB yang dari itu ke itu ajaa...,alhamdulillah dpt tempat baik :)

      Delete
  5. aamiin...
    kita kenal g lewat KEB ya mbk,tapi ketemunya di fb keb hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...tapi blog nya Mbak Zwan sdh terpantau sebelum kita kenalan. Foto2nya "Nonjok" banget! :)

      Delete
  6. Wihiiy, ad foto saya di atas.

    Semoga bukan saya ya, Mak, yang senyum sedikit seperti menghindar. Senang berkenalan dengan Mak Mutia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Mbaak..!! Mbak Is mah baek dan kasih ilmunya tulus setulus senyumnya. Eh! seneng lho, saya punya foto bareng Mak Is :)

      Delete
  7. Sy jg semangat Mba gabung di KEB.
    Wekekekek sy belum ada setahun, kayaknya April nanti baru setahun gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tuuu...saya pantau tulisan Mak Pipit makin hidup! udah ketularan yaa? :)

      Delete
  8. Aiiih mak Mutia kereen, bersyukur saya gabung dengan KEB, bisa kenal dengan mak blogger semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga bersyukuuur bisa kenal dengan Mak Christanty dan yg muda-muda lainnya. Bikin semangat muda terpacu kembali. Kepengen berbuat banyak. :)

      Delete
  9. Hhiih..kalo kopdar memang terkadang suka begitu..
    Tandanya tak kenal maka tak sayang..:)
    Aku pernah ngerasain kaya gitu juga mak,
    tapi lebih banyak seneng n tawanya sih..

    yang penting, hidup KEB deh!
    Semoga selalu sauyunan



    ReplyDelete
    Replies
    1. Eehh...ternyata! Hehe..semoga ya mak, dengan saran plus kritik di ultah kali ini membuat anggotanya makin lengket sauyunan. Hal kyk gitu terlalu kecil dibanding manfaatnya komunitas ini yaa..:)

      Delete
  10. Salam kenal mak, senang bisa mengenal mak di KEB :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mak...sayang ya, waktu di Ancol kita blm kenal muka :) Tp saya sdh keliling di blog nya Mak yang banyak jalan dan reiview menariknya ituu. Semangat terus ya Mak ! :)

      Delete
  11. Maak, alhamdulillah banget yaa ketemu komunitas yang positif banget kayak KEB...saling dukung antar anggotanya...kita telah menemukan saudara di sini, Mak :* *peluk Mak Mutia*

    Kemarin aku komen, tp mungkin eror kali ya?
    Ini komenku kali kedua Mak, semga bisa masuk :)

    ReplyDelete
  12. *Big Hug Ma Ninik...Mudah2n ini bukti yaa...bahwa yang sejiwa itu pasti nempel. "Kita adalah teman kita". Kalau komunitasnya baik, rejeki banget ! Seneng daper sodara kayak Mak Ninik dll.
    Oh yaa...kemaren memang belum di moderasi Mak... Thanks yaa..:)

    ReplyDelete
  13. KEB emang rumah nyaman untuk bersandar dan melepas tawa dengan BW, Mak :)
    Aku nih yang masih unyu. Masih ngos-ngosan belajar ngeblog :)

    Salam kenal ya, Mak :*

    ReplyDelete
  14. Senang deh, bisa kenal Mak Lestarie...:) Tadi saya sudah main ke blog nya Mak...Ulasannya panjang, kereen! :)

    ReplyDelete
  15. Senang bisa kopdaran sama mak Mutia. Tapi begitulah dinamika komunitas ya, mak. Kami sendiri sebagai makmin berusaha senetral mungkin dan mencoba menjaga kehangatan di dalamnya. Jika ada hal-hal yang kurang menyenangkan, kami selalu terbuka untuk berdiskusi. begitu yang selalu kami terapkan di lingkup Makmin sendiri pun. Terima kasih sudah menjadi bagian dari KEBya, mak. Salam hangat

    ReplyDelete
  16. Asiiik...kedatengan Mak Pon! Terimakasih dan bahagia sekali bisa kenal dan ketemu langsung pengurus KEB yang kekeluargaannya terasa banget. Yang keluar dari hati sampenya ke hati juga , ya Mak...:) Alhamdulillah, tak ada yang tak menyenangkan. Collourfull pokoknya dehh...:)

    ReplyDelete