Saturday, 31 January 2015

Perkedel Kentangnya Ibu





Nama aslinya "Frikandel", yang artinya kentang dan daging yang digoreng.
Konon diperkenalkan oleh bangsa Belanda yang dulu datang menduduki negeri kita. Belanda sendiri mengenalnya dari Prancis yang pernah menjajahnya. Fricandeau bahasa Prancisnya.

Karna kebanyakan lidah pribumi  sulit menyebut huruf "F" maka menjelmalah nama baru. Ada yang menyebutnya Perkedel, dan ada yang menyebut Berkedel di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ini termasuk makanan kesukaan keluarga. Kalau masak sayur Sop, Soto, Capcay, atau Nasi Kuning, paling enak pasangannya perkedel.
Resep perkedel Ibu saya sederhana saja, tidak repot, dan satu khasnya, kentang digoreng, bukan direbus seperti yang di Warteg-warteg. Karna kalau direbus kadar air dalam kentang akan bertambah. Hasilnya perkedel akan lunak dan luarnya tidak renyah.


Resepnya :

- 500 gram kentang
-  2 sendok makan daging halus/kornet (Kalau ada)
-  1 sendok teh garam
-  Sejumput Pala halus ( jika suka)
-  1 sendok teh merica
-  1 butir kuning telur (Putihnya untuk olesan)
-   2 sendok makan bawang goreng
-  1 batang Baun bawang
-  1 sdt seledri tanpa batang





Cara Membuat

- Haluskan kentang yang sudah digoreng kemudian campur semua bumbu-bumbu diatas.
Setelah tercampur rata, dibentuk, celupkan pada putih telur, lalu goreng. Mudah,bukan?
Oh ya, jangan terlalu banyak daging, karna bisa pecah saat digoreng. Saya memilih tanpa daging jika pasangan lauknya ada yang berdaging seperti Sop atau Soto.



Siap Goreng...



Bila masih ada kelebihan putih telur, jangan dibuang!... Hancurkan saja kentang sisa yang belum digoreng kedalam putih telur, lalu goreng dengan ukuran 1 atau 2 sendok makan. Jadinya seperti ini...



















8 comments:

  1. perkedel jodohnya sup bener banget ya mbak

    ReplyDelete
  2. Baru tau dari belanda perkedel model ini, paling suka kalau pakai daging kornet :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Ron, aslinya memang pakek daging halus/kornet. Asal jangan terlalu banyak supaya tidak pecah saat digoreng. :)

      Delete
  3. xixixixi namanya unik,frikandel..aku suka kalo masih anget2,digadoa aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu kebiasaan anak saya,Mak... Di Bandung ada warung khusus perkedel. Lakuuu banget, karna bukanya sdh larut mlm. Diserbu sama pembeli yang lg lapar tanggung. :)

      Delete
  4. di tempatku malah lucu lagi Mak, namanya BEGEDEL KENTANG....hihi
    yang penting kentangnya harus digoreng, kalo dikukus gampang ambyar...ya kan Mak?
    sudah lama banget aku gak bikin ini Mak, jadi pengin ":)

    ReplyDelete
  5. kalau di tempat saya namanya BEGEDEL KENTANG, Mak...hihi
    sudah lama gak bikin ini, jadi pengin :)

    ReplyDelete