Sunday, 4 January 2015

Terminal Combro








Lebih dari 20  tahunan yang lalu seorang bapak berusaha menopang kebutuhan keluarga dengan
berjualan combro keluar masuk gang-gang kecil sela pertokoan.
Entah kenapa beberpa kali lewat salah satu gang ia selalu jatuh di tempat yang sama. Combro sampai berantakan di jalan.
Salah seorang pemilik toko menegur,

"Pak! sudah tiga kali bapak jatuh ditempat ini. Kata moyang saya, itu pertanda bapak bakal hokki berjualan di tempai ini"

Percaya dengan omongan itu, berusahalah pedagang comro itu untuk menyewa salah satu kios sisa yang paling kecil. Alhamdulillah berhasil, makin lama pembeli makin banyak.

Sebetulnya bukan karna tempat kalau saya bilang. Combronya memang enak, gurih dan lembut, dari singkong terbaik. Dan yang beda dari combro lain, pembeli liat langsung proses mencapur bahan hingga di goreng, bisa pesan setengah matang untuk dimasak di rumah.

Banyak orang minta setengah matang, terutama mereka yang hendak keluar negeri.
Untuk oleh-oleh atau beli karna pesanan dari sana yang kangen jajanan kampung.
Lumayan... bisa tahan lama bila disimpan dalam freezer.
Makanan ringan lainnya ada juga, seperti getuk lindri, panada, ganasturi, donat, ongol-ongol.
Tapi teteeep... primadonanya  combro!

Bapak itu sudah Wafat. Anak keturunannya yang  mengembangkan hingga butuh 100 kg singkong dalam satu hari!
Ada yang penasaran? Datang saja ke Pasar Jatinegara. Masuk gang kecil sempit yang berseberangan dengan Kali ciliwung-Bukit Duri Kampung Melayu.

















Selain Combro...




















10 comments:

  1. Wiw hebat ya dari usaha kecil menjadi besar.
    Tentu ini bth kerja keras ya Mba..
    Syg tempatnya jauh dr rumah sy :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...kalau dipaketkan tidak rusak, saya kirimin deh, buat Mak Pipit :)

      Delete
  2. Uwaaaa mauuuu..duh mbk.disini mn ada huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...Dulu waktu sy tinggal di Kaltim jg gitu! Biar mau bikin sendiri pun nggak bisa, karna oncom betah di P.Jawa saja, Nggak tau kalau sekarang (?)

      Delete
    2. Jajanan favoritku Mak Mutia, apalagi yang oncomnya banyak, pedes pula..hmm, jadi pengeeen

      Delete
    3. Mak Ety... makanya dikasih ranjau utuh, puwwedessnya minta ampun. 2 rawit utk 1 combro!

      Delete
  3. Wah... baru tahu saya nih. Kapan-kapan main ah ke sini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuu Mak... beli buat kasih ke orang pun nggak malu2in deh!

      Delete
  4. aku sukaa banget combro, tapi di semarang ngga ada, ngga tau deh ada yang jual oncom ngga ya di sini

    ReplyDelete
  5. Waktubsy tinggal di Kaltim hopless,Mak...krn oncom nggak nyebrang pulau. Mdh2n selama dlm P.Jawa, ada yg jual.

    ReplyDelete