Thursday, 5 February 2015

Kesenangan Ada Dimana-Mana



      Sumber Gambar


Waktu saya masih punya 2 anak usia kelas 1 SD dan TK, beberapakali dalam seminggu saya ajak mereka jalan-jalan sore. Saya perhatikan kalau seminggu full main di rumah terus mereka rewel, mungkin karna bosan.
Maklum rumah tangga baru, semua masih serba irit, serba minim, piknik yang mahal-mahal dan jauh untuk menyenangkan hati anak perlu persiapan lama.

Mereka saya ajak melihat sawah yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah. Kami berjalan  di pematang sambil  liat orang-orangan sawah. Matahari sore tak panas lagi, membuat mereka makin asik.

Dalam perjalanan ke rumah kakeknya di Jakarta pun bisa tiba-tiba saya turun dari kendaraan umum karna ada obyek menarik untuk mereka. Waktu itu kami sampai di jalan raya Cipinang  yang  bersisian dengan rel kereta.  Dari jauh kelihatan beberapa gerbong angkutan barang tua tak terpakai.

Saya tak kan pernah lupa mata riang  mereka!  Memandang kagum pada benda yang selama ini mereka lihat  di majalah mewarnai. Lebih gembira lagi setelah saya izinkan untuk naik. Berlari bebas sepanjang lorong, memanjat , dan  berdiri dekat jendela. Akh...sayang, belum bisa selfie waktu itu. HP pun masih hitam putih tanpa kamera.

Kesenangan bisa didapat dimana saja dan kapan saja. Tanpa rencana, tanpa uang banyak, tanpa bekal.
Piknik kagetan malah berkesan.
Sering ya, di dalam kendaraan saat perjalanan kita lihat tempat yang menarik. Tempat teduh di pinggir sungai bebatuan, kebun sejuk menghadap bukit cantik, hamparan rumput segar dengan sedikit kabut, danau di tengah kebun, jajaran pohon pinus yang kayaknya enak buat jalan di sela-selanya.
Tapi kenapa kita tidak bisa turun  menikmatinya?




         Sumber Gambar




6 comments:

  1. iya Mak, menyenangkan anak itu tidak harus dengan biaya mahal, justru dengan mengajak ke tempat2 seperti itu anak2 merasa sangat berkesan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jadi kenangan sampe sudah besar, Mak :) Semoga mereka melakukannya juga untuk anak-anak mereka kelak.:)

      Delete
  2. Sebagai orangtua yang bijak memang dituntut kreatif untuk selalu bisa menciptakan kesenangan dimana-mana :)

    ReplyDelete
  3. Ya Mak, kadang kita mudah terpengaruh dengan iklan wisata yang bagus dan mahal.Yang menyusahkan kalau dianggap "Ketinggalan" Kalau belum berkunjung ke satu tempat.

    ReplyDelete
  4. meskipun belum diamanahi anak,tapi kalau lihat anak2 diajak main di halaman aja udah senng apalagi kalau jalan2 ke sawah hehe. bahagia itu sederhana

    ReplyDelete
  5. Insya Allah, Mak Zwan dapat menikmatinya jg yaa, semua ada waktunya. :) Doa buatmu dari jauh...

    ReplyDelete