Wednesday, 29 April 2015

Tongkrongan Kuliner Bogor


Kota kecil seperti Bogor ini mudah dibaca selera kuliner penduduknya. Ini kita bicara tempat yaa... bukan masalah menu.

1. Warung Tenda

Jalan Padjajaran
Sumber Gambar

Tahun kemarin masih banyak berjejer warung tenda di  jalan Pajajaran. Mulai dari depan terminal Barang Siang sampai jembatan dekat Gedung serba guna Balai Binarum. Jam 5 sore mereka buka lapak, pelan-pelan tanpa terasa sisi jalan itu sudah ramai padat saat lampu jalan menyala. Parkiran ilegal bikin lalu lintas merayap, terutama di hari jumat, sabtu dan minggu.

Tenda seragam pedagang Soto dan lauk sunda berkelompok di depan terminal. Tempat strategis, mudah diserbu penumpang Bis  malam.
Sayang... Tenda-tenda  berhiaskan petai dan lalap poh-pohan gantung itu, sekarang sudah lenyap. Satpol menggiring mereka ke Jalan Bina Marga, di jalan menuju kompleks Vila Duta, Turunan Tugu Kujang, bahkan ada yang sampai ke Daerah Sentul.


2. Warung Lesehan



Ini tujuan empuk  anak-anak muda yang hobby touring, atau nge-trek. Mereka menyewa halaman toko yang tutup jam 5 sore.
Banyak yang datang sama pacar nikmati makan malam. Biasanya menu Pecel lele, bandrek, mie rebus dll. Harga makanan murah karna pedagang cuma bayar tempat 1 juta per bulan ke toko. Nasi boleh ambil sendiri. Nggak malu-maluin deh, yang punya duit sedikit tapi kepengen nraktir kekasih hati! :)

3. Warung Angkringan


Sumber Gambar


Tidak banyak jumlahnya. Yang nge-top di depan Bioskop President Jl. G.Sumeru. Banyak disebut jalan Mawar krn ada Swalayan Mawar dulunya disitu. Lauknya kebanyakan ditusuk. Sate jengkol, sate telur puyuh, sate udang goreng, sate kikil, mungkin biar gampang ngitungnya,kali yaa..

Kelihatan akrab si Mbok penjual dengan anak-anak motor. Stiker-stiker group motor banyak ditempel di tempat seadanya. Maklum jualan tanpa dinding dan atap. Saking pelanggannya sudah banyak dan akrab, jadi si mbok sedikit melayani. Cuma mengawasi lalu ngituuung saja! Soal duduk, terserah! Disana cuma ada 1 kursi panjang. Tapi kebebasan itu yang bikin mereka betah. Sesekali mereka acungkan jempol untuk group motor lain yang lewat.
Punya uang 12 ribu sudah bisa 2 orang makan kenyang. Bener-bener dambaan yang kekurangan duit karna mengutamakan bensin. Buka mulai jam 19 sampai  tengah malam.

3.  Jajanan Gerobak


Sumber Gambar


Kebanyakan bergerombol di Jembatan merah. Tidak seperti warung lesehan atau angkringan yang berbekal lampu jalan dan lampu kendaraan lewat. Disini terang benderang, dan pedagangnya berseragam sekarang.
 Jajanannya kebanyakan  martabak telor, sate, martabak manis dan bubur ayam. Pilihan sedikit, tapi lakuuu aja sejak tahun 80-an.

4. Stand depan Outlet

Tempatnya tidak jauh dari pintu utama masuk kebun Raya. Lewati Hotel Pangrango sedikit.
Rumah tua berubah jadi bangunan minimalis. Duh... Meuni maleus ngeliatnyah!
Weekend rame yang belanja dan makan di terasnya, karna  Pilihannya asik-asik! Beberapa makanan daerah seperti Kue Bingka dari Kalimantan.


5. Resto Romantis



Banyak ditemui di jalan Taman Kencana. Siang adem, malam romantis. Ada Macaroni MP, Toko coklat, Pia Apple, macam-macam kue cantik, dll. Mantep buat oleh-oleh, pokoknya!
Itu tempat baheula (Lama). Mau tau tempat yang baru dan menu unik? Ada di Jalan Ahmad Yani yang wilayahnya dijadikan hutan kota itu tuh! Kalau lewat situ bermunculan tempat makan baru terus, malah sekarang berdiri hotel dan resto SAHIRA  di sana.

 Ih! Kebayang view nya pasti keren. Karna berhadapan dekat dengan Kebun Raya,  Gunung Salak, Gunung Gede, Lembah Sempur, dan waktu malam bisa lihat  cantiknya bukit-bukit sentul yang berlumuran kilau lampu perumahan elite. Hhmmm... Glek!

6. Resto Jadul / Tradisional

Ada yang kangen makanan daerah  dengan interior asli ?  Bisa melepas kangennya juga di Bogor. Gitu juga yang susah move on dengan  jadul yang penuh ketenangan, waktu  harga beras masih murah. Letaklnya di Jalan Pajajaran 5 no R5, sejajar dengan Rumah Sakit BMC. Tidak jauh dari masjid raya-Terminal Baranang Siang. Ada juga Kampung Wisata Joglo, tapi tempatnya agak jauh , di Ciampea. Kalau resto rumah jadul banyak di kota Bogor. Salah satunya yang masih anget dikenal orang, Resto Lumpang Kayu daerah Tajur. Serasa makan di rumah sendiri . Karna interiornya rumahan, tidak ada yang diganti ala - ala resto!



Sumber Gambar


Sumber Gambar




18 comments:

  1. banyak ya mbak, tinggal pilih sesuai selera

    ReplyDelete
  2. Dan sesuai isi dompet juga,Mbak hehe...:)

    ReplyDelete
  3. wah harus dijadwal nih mbak....dicobain satu2.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuu Mak Ninik, Silahkan mampir kalau datang ke Bogor. :)

      Delete
  4. akhir-akhir ini suka makan di angkringan, menikmati sate bakso dan mie instant :D

    Tapi karena saya makannya banyak, sama juga bayarnya seperti di resto :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. bayar maal tapi hanya dapat rasa tanpa suasana yaa.. :)

      Delete
  5. Bogor emang juaranya kuliner nih, banyak pilihan tempat makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak, tapi sesungguhnya warga Bogor sendiri kurang suka mencoba makanan baru, seperti warga Jakarta. Bogor ramai kuliner karna tamunya :)

      Delete
  6. Kalo pas ke Bogor, seringnya diajak makan di SS atau Bebek Pak Slamet...
    Padahal pengen banget makan toge goreng atau soto kuning...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...dua-duanya belum saya coba tuh.. jadi penasaran! :)

      Delete
  7. bogor emang paling top soal kulineran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... namanya juga turiscantik,ya, sudah keliling disini yaa..:)

      Delete
  8. warna warni ya hehe...saya suka angkringa,asik aja gitu hehe. kalau nggak warung tenda,resto jarang,soalnya kadang nemu nggak sesuai rasanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angkringan juga langganan saya,Mak... saat itikaf di Istiqlal. Sederhana tp rasanya asik yaa...:)

      Delete
  9. Indonesia memang surga kuliner...di mana pun berada hehehe...jadi kangen Indonesia niiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo... lagi jauh ya? Hayuuu, liburan pulkam atuh! :)

      Delete
  10. jujur ya mba, aku lbh suka wisata kuliner di bogor drpd bandung :D.. Makanannya lbh enak kalo mnrt seleraku ;) ..ihh jd pgn wiskul k bogor lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh...tersandung, eh! tersanjung. Selama ini suka minder sama Bandung,euy! Thanks Mba Fanny

      Delete