Thursday, 16 April 2015

Undangan Dari PBB





Kita tak pernah tau, dimana kita berada beberapa hari ke depan?
Ulah komunitas Fun Bloger yang sering bikin kejutan buat anggotanya, hari ini saya dibikin terkesima! Berdiri di depan gedung PBB- Menara Thamrin Jakarta jam 11 siang tepat waktu undangan. Wah! saya tak pernah berfikir akan berurusan dengan badan dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang akan saya munculkan di pertemuan itu belum terancang dengan baik. Karna melihat penjagaan yang ketat, dan itu lhooo... naksir sama Satpam, eh! seragam satpamnya... mirip seragam polisi USA di film-film.

Masuk pintu 1 salah seorang perwakilan tamu diminta KTP nya, lalu serentak kami pakai tanda pengenal khusus, tas-tas  melewati alat detektor. Pintu 2 semua tinggalkan KTP dan  mengisi buku tamu sambil diberi peringatan tak boleh mengambil gambar. 




Senang bisa datang tepat waktu, sebab bukan hanya bisa ambil kue-kue cantik  dan pilihan minuman yang masih utuh, tapi peserta bisa bincang langsung dengan aktifis kemanusiaan dari beberapa negara. Seperti Miss Dinna dari Jerman, Naho dari Japan,  Marshi dari Iran, dan 2 pemuda dari Indonesia. Mereka adalah kaum muda yang konsern pada permasalahan sosial dunia. Seperti Kematian Ibu melahirkan, Kekuarangan Gizi, Narkoba, penyakit TBC, Pendidikan, dan lain-lain. Katanya sih, mudah jika ingin seperti mereka. Hanya menulis lamaran dan mengikuti test yang biasa diadakan per periode via net. Harapan besar untuk yang muda-muda,tuh! Saya mah, munduuur teratur! :)



Layaknya acara-acara luar negri, Launching Bloging Competition ini tak menunggu undangan hadir lengkap. Semua berjalan lancar , tak formil, apa adanya saja. Sambutan oleh Miss Dinna hanya beberapa menit. Ia menerangkan dalam rangka apa kami diundang,  dan apa tugas PBB di pundak dia dan teman-temannya selama di Indonesia.

Masalah Sosial Di Indonesia

PBB punya beberapa rencana perbaikan di negeri ini, Indonesia yang semula punya 8 goals, lalu berkembang hingga 17 goals. Tujuannya tak lain adalah demi mensejahterakan rakyat yang jauh dari jangkauan tangan pemerintah. Kerja PBB terukur sukses, kalau lihat  data dari masyarakat Pulau Jawa dan Sumatra. Namun daerah-daerah yang tersebar di  Papua dan Nusa Tenggara Timur,  masih sedikit yang  terjangkau. Kendala informasi dan  geografis penyebab utamanya.





Pertanyaan Audience

Di awal, nampaknya peserta masih ingin lebih kenal dengan kerja badan ini, dan sejauh mana efektifnya. Menyusul pertanyaan bagaimana pemerintah Indonesia dalam menerima amanat itu? Apakah ditemui kecurangan? laporan manis yang sekedar bikin senang? Apakah menggunakan dana APBN? Apa ada sanksi bila Indonesia bekerja tak sesuai dengan harapan?

Jangan khawatir! Namanya juga MDGs, Millenium Development Goals, organisasi  besar yang jadi pusat perhatian negara-negara dunia, jadi punya

- Planning yang teratur
- Pengawasan
- Laporan
- Dan Evaluasi

Indonesia sudah cukup baik dalam menjalankan program, namun khusus untuk daerah bagian timur harus mendapat perhatian lebih. PBB mengharap para bloger dapat menulis tentang daerah-daerah atau masyarakat yang belum tersentuh program. Bukan tulisan bersifat teori atau memunculkan jargon-jargon PBB, Tapi kenyataan di lapangan yang luput dari perhatian. Bukan tidak mungkin di Pulau Jawa juga  masih ada yang butuh pertolongan.

Tulisan bloger akan dilombakan. Lumayan lho! karya 2 pemenang akan diabadikan dalam catatan perjalanan proyek mereka. Apalagi kalau nulisnya dalam bahasa Inggris, tentu lebih baik lagi! Hadiahnya jalan-jalan selama 5 hari atas biaya PBB. Kemana? Kedaerah-daerah sasaran amal mereka. Asik kan? Travel yang punya nilai tinggi.
Mau ikutan? Tinggal klik saja informasi lombanya di webnya UN. Tema lomba adalah :

Keterlibatan Pemuda Indonesia Dalam Penerapan Agenda Pembangunan Post-2015"

Karya yang orisinil tentu jadi pilihan juri-juri dari UN itu.

Acara ditutup dengan makan siang bersama, alhamdulillaah... pertemuan ini bukan cuma nambah  ilmu/wawasan dan semangat membangun negeri, tapi juga senang dapat souvenir dan  bisa foto bareng! Ternyata diizinkan kalau hanya dalam ruang acara. Yeey!!

Mbak Ani Berta, terimakasih... saya sudah diberi kesempatan.



Bagi-bagi souvenir...












12 comments:

  1. Asiiikkkk ya mak. nanti jalan bareng lg ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih...kengen deh, pengen jalan bareng lagi. Hihi terimakasih ya, udah mau nunggu saya waktu barang bawaan ketinggalan.

      Delete
  2. Kereeen, terus berbagi, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah... semoga kata diberi semangat berbagi terus yaa..

      Delete
  3. Waaa senengnya bisa ikut acara sekeren ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...Mak, pas ada kesempatan yg ditawarkan grup FB , Fun Blogging.

      Delete
  4. wah, udah nulis reportasenya
    lengkap euy :)

    kalo saya masih ngulik2 website resminya dulu
    belom dapat inspirasi buat nulis
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak sempat ngulik2 webnya,Mbak...hehe :)

      Delete
  5. yuhuuui rajiin, punyaku belum selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...mumpung masih segerr,Mbak. Hayuuu!...

      Delete
  6. Pengalaman berharga ya, Mba. Keren. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... acara Fun Blogging selalu penuh kejutan dan manfaat :)

      Delete