Saturday, 20 June 2015

Ngabuburit Sambil Belajar (1)

Semula mau buka kelas  cuma untuk 15 anak yatim dan dhuafa. Tapi
yang datang ternyata berlebih. Rupanya para ortu senang kalau liburan yang bertepatan ramadhan ini diisi dengan kegiatan keagamaan. Mau tak mau harus beri tempat juga untuk anak yang tergolong mampu.

Kegiatan ini diharap akan menghalangi anak-anak dari membuang waktu percuma, meski ramadhan sudah selesai. Seperti tujuan awal, saya dan teman teman ingin anak-anak itu punya banyak keterampilan, berani berpendapat, berani punya mimpi. Mereka harus tau  bahwa agama bukan mengajarkan mereka pasif, tapi aktif dinamis. Itu yang dibutuhkan jika benar-benar ingin jadi khalifah di  bumi dan jadi hamba yang dibanggakan malaikat di akhirat nanti.

Hari ini cuma pengenalan dengan 2 guru mereka. Salah satu gurunya adalah sahabat blogger saya Mbak Neferteti.Sedang satunya anak saya sendiri yang ingin membagi ilmu pesantrennya. Diharap anak anak dapat terbantu pelajaran sekolahnya, kreatif, tak bicara kotor lagi, dan mampu berkata yang halus pada orang tua.

Acara selingan supaya mereka tidak bosa antara lain, buka puasa bersama, membagi bagikan makanan buka untuk penunggu pasien di Rumah Sakit yang dhuafa, makanan buka untuk pejalan kaki dll. Agar mereka pandai merasa, bahwa memberi itu nikmat.Mereka tidak harus menerima terus.

Semoga berkah...
Ngabuburit sambil belajar, sebenarnya bukan mereka saja yang belajar, ini ajang kami belajar juga...

4 comments:

  1. Subhanallah, positif sekali kegiatannya Mak Mutia. Sy seneng kalo adik2 ikut kegiatan semacam ini. Waktunya bisa bermanfaat secara positif. Semoga membawa berkah dan manfaat bagi semua ya, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cuma menjalankan niat teman-teman saja, Mak Vhoy ...Amiiin ya Robbal 'alamiin, terimakasih ya, senang dapat doanya.

      Delete
  2. ngabuburit yang bermanfaat ya mbak

    ReplyDelete
  3. Maunya begitu, Mal Lidya ... kadang harus putar cari cara terus supaya mereka nggak bosen . Minta doanya ,Mak..

    ReplyDelete