Tuesday, 16 June 2015

Saat Lidah Pahit


Alhamdulillah, saya baru saja sembuh dari sakit. Sekarang lagi enak-enaknya makan.
Mengingat 2 minggu kemarin, rasanya sengsara banget. Bener yaa, dengan sakit kita jadi diingatkan untuk terus bersyukur dan harus selalu sayang badan.

Minum dingin saat keringat mengucur di udara panas sudah tentu paliiing nikmat! Apalagi selesai bawa mobil keliling-keliling dan bermacet ria pula. Tidak terasa sudah minum 3 botol.
Tapi setelah itu, tenggorokan saya sakit. Flu menyerang setelah 5 tahun tidak terkena.

Mata berair, hidung mampet, badan sumeng, kepala berat, nafsu makan hilang. Pagi hari batuk beruntun. Begitulah, kalau mbela-belain kenikmatan sesaat! Tinggallah meringkuk gaya pistol di tempat tidur yang terasa panas.
Lebih suka memilih lapar, dari pada kecewa makan makanan yang semula dibayangkan enak.

Inginnya sembuh dengan obat yang ada, tidak perlu ke dokter! Tapi batuk beruntun bikin otot perut jadi kaku, mengganggu tidur, dan sholat jadi cepat batal. Akhirnya ke klinik 24 jam saja yang obatnya ringan.

Mengatasi Lidah Pahit Saat Sakit

Penyebab lidah terasa pahit adalah karna produksi air ludah dan oksigen dalam mulut kita berkurang.
Biasanya efek dari kita meminum obat antibiotik, ibuprofen atau steroid. Bahkan ada yang meningkatkan asa, lambung hingga mual dan muntah.

Untuk melawan penyakit tentu badan harus kuat. Saya merasakan batuk berkurang kalau perut terisi meski tak kenyang. Jadi putar akal sendiri mencari makanan yang bisa mengalahkan rasa pahit.

1. Menyediakan biskuit marie manis, atau biskuit gabeng tawar. Cemilan apapun kalau yang asin rasanya hanya akan menambah mual.

2.  Minum air putih hangat beberapa waktu sekali

3. Menyikat gigi dan berkumur. Sebab mulut dalam keadaan kering akan mempermudah bakteri masuk.

4. Untuk menyenangkan hati dan menghibur mulut, saya minum susu coklat hangat/teh manis






Makanan Yang Berkuah

Kalau sudah sakit begini, biar di hadapan terhidang lauk padang semeja penuh pun, nggak bakalan nafsu! Makanan kering atau bersantan tak lagi menggoda.
Pernah disuguhi sup-sup instan dengan kuah bercampur susu, tapi rasa gurihnya bikin mual.

Alhamdulillah... saya temukan makanan yang bisa diterima perut, kuahnya dengan sedikit garam akan memperlancar masuk, seperti

- Sayur bayam bening segar dengan tempe goreng
- Bakso dengan caysim bening
- Soto bening
- Jus Buah alpukat, melon dll.



Masa Penyembuhan

Biasalah emek-emak, nggak boleh merasa sehat sedikit, pekerjaan yang lama terbengkalai sudah menanti. Kepengennya mengerjakan sendiri biar cepet-cepet hilang dari pandangan mata. Karna maksain diri bebenah, akhirnya keluar keringet dingin, lemas, dan limbung.

Ternyata tubuh memerlukan waktu untuk memperbaiki diri ke kondisi semula. Dengan beristirahat akan mengizinkan badan konsentrasi penuh untuk pemulihan. Tapi bukan berarti tidur terus! Karna badan pun jadi lama pulih. Supaya bergerak mari kita,

-  Membuat jus sendiri
-  Merapihkan kamar
-  Pindah ruangan untuk selonjoran
-  Ngobrol dengan keluarga
-  Keluar rumah untuk berjemur pagi hari

Bagaimana dengan baca atau menulis ? Wah, kepengen banget tuh! tapi baru beberapa lama sudah pusing lagi! Jadi sabar saja deh...

Naaaa kalau  ini ...  makanan pilihan favorite saya saat pemulihan! Hihi, "Mamayu" kalau kata orang sunda mah! artinya Nafsu makan setelah sakit. Tapi kalau keseringan namanya "Mayu-mayu in" dong yaa... :)






10 comments:

  1. aih,habis sakit mbak..beberapa bulan yg lalu juga saya kena flu,batuk gara2 panas2 makan es teh,udahlah ya teler hampir sebulan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Maak....makanya saya kapoook ! :)

      Delete
  2. Allhamdulillah Mbak Mutia sudah sembuh ya sekarang. Terima kasih tipsnya ya mbak, aku juga kadang merasa pahit lidah jadi gak nafsu makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...teirmakasih mak Lidya. Memang krn sakit jadi musti nyari2 yang enak di lidah. Intinya jangan yg gurih gurih, bikin mual. smg kita sehat terus yaa...biar puasanya poool ! :)

      Delete
  3. saya lagi flu..minta resep air lemon pake sirup apa mbak

    ReplyDelete
  4. Mbak een, semoga cepat sembuh ya... Resep lemon cuma perasan lemon di tamah sirup Marjan rasa lemon mbak, memang jarang sirup itu, tapi di supermarket ADA depan masjid Raya Bogor selalu sedia. Di Giant kadang2 ada.

    ReplyDelete
  5. Kacau dweeeh, pagi-pagi lihat sayur bening sama puding enak-enak begituuh

    ReplyDelete
  6. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...Terimakasih tipsnya yaa.

      Delete
  7. Hahaha... Masa rawan ya Mbak, apalagi pas puasa :)

    ReplyDelete