Monday, 13 July 2015

Si Google Analytic (GA) Yang Teliti


*Dapat Ilmu Gratis Dari B-Blog, lewat acara NGOBROL CANTIK
 





Waktu datang undangan Ngobrol Cantik dengan komunitas B-BLOG, jadi mikir, Wuuih... umur segini apa masih bisa ke acara yang membahas soal IT?  Tapi nggak apa-apa deh ...  Itung-itung test kemampuan memahami.  Kan nggak disetrap juga kalau nggak bisa.

Lalu pagi-pagi menuju Kantor Telkom_Bogor. Gedungnya bersisian dengan gedung telkom tempat saya biasa protes soal modem yang sering lemot tapi ke PD-an mengaku cepat itu!

Prestasi banget bisa sampe tepat waktu. Boleh dong, bersuka cita saat nyebrang jalan, pasti jadi tamu pertama,nih!
Eeeeh! Nggak taunya sudah ada 3 blogger di pintu gerbang. *gagal maning!
Setelah masuk lebih parah lagi, Mbak Shinta Ries sang guru malah sudah ada di dalam. Lhaaa... Orang Jakarta malah sampe lebih dulu! Jadi maluu..

Seperti biasa di tiap copdar, saya minta teman-teman foto duluan, Mumpung masih seger, dinginnya mandi masih terasa, muka sumringah habis sapa-sapa penuh ramah dan suprise ke setiap yang datang. Niii hasilnya...





Mulai Belajar

Perhatian penuh saat Cik Gu Mbak Almazia Pratita mengisahkan cita-cita Komunitas B-Blog yang ingin membuat Blogger perempuan Indonesia maju. Untung pas puasa yaa...jadi perhatian saya nggak pecah ke konsumsi :)

3 perempuan penggagas dan mesin komunitas yang lahir tahun ini,

- Mbak Shinta Ries. Lulusan Master of Management UGM ini sebagai Founder, strategic Planner
- Mbak Almazia Pratita sebagai Lead Designer
- Mbak Dyane D Aurora yang tak sempat hadir, SEO specialist dan Digital marketer



Baru mulai belajar saja sudah terang benderang kelihatan kekurang tahuan saya tentang fasilitas yang sudah disiapkan Mbah Google.
Saya sudah tau tentang Google Adsense , program affiliasi untuk bisnis internet. Kalau Google menyetujui kita pasang iklan miliknya di blog kita, maka blog kita menghasilkan duit!

Kali ini dapat ilmu tentang Google Analytics. Namanya saja analytic, mesin google ini menganalisa secara detil tentang blog kita.
Biasanya saya cukup  menggunakan ALEXA. Dari sana saya bisa tau tentang, posisi rangking saya dibanding blog lain,  berapa lama pengunjung  membaca , jumlah link yang masuk, dan apa password yang harus dipakai jika ingin postingan terjajaki mesin google. Tapi setelah kenal si GA ini, luaarrr biasa!!

Si Teliti, Google Analytic

Dia canggih dan detil menganalisa. Selain grafik, ada banyak item tersedia utk  menjawab keinginan tau kita tentang tamu-tamu blog ( Visitor). Baik asalnya, jenis kelamin, jam  datang dan pergi, berapa lama dia baca, postingan yang mana, dan banyak lagi. Pokoknya kita bisa tau karakter sang tamu dengan lengkap, apa adanya !

Huuhuuu... Mesin aja bisa detil, jujur, dan rinci begini. Gimana telitinya mata Allah dan catatanNya Malaikat yaa...??? Jadi takuut !!

Jika  sahabat ingin bekerja sama dengan satu perusahaan, atau dapat tawaran Job Review, maka data GA ini amat diperlukan! So, mau tak mau kita wajib pasang kode GA di blog kita. *Saya juga belum pasang nih! Kan baru belajaaarr :)

Caranya,

Buka web Google analytic ---->  ke tab admin ---->KLIK tracking code ----> dapat kode tracking ID

Jika sudah selesai tinggal mengcoppy ke kolom kosong di blog kita. Dalam waktu 1 hari akan muncul grafik statistik blog. Atau dari kontent langsung klik ke Behavior dan all pages. Di sana lengkap  informasi  tentang visitor.
Sedangkan "My Dashboard" adalah data yg diminta agent sebelum bekerja sama.



Apa pertemuan dari jam 10 sampai jam 13 cuma ngomongin itu?
Nggak bangett! Ada lagi yang diberi mbak shinta yaitu tentang peniliaian agent, namanya DA (Domain Authority) dan Page Rank. Plus ilmu yang di luar rencana karna pertanyaan emak-emak terus  beranak. Mbak Shinta yang sabar itu cuma senyum-senyum maklum.
Kadang malu deh... saat bertanya, nggak taunya itu belum waktunya dipertanyakan. *Rasanya pengen keluar kelas!









Teruskan yaa...
Page Rank juga mempengaruhi penilaian agent. Umumnya blogger sudah tau posisi blognya, meski ada juga yang belum. Misalnya sahabat saya mendadak mengeluh,

"Yaaa....kok rank saya cuma 1 jt?" 

Lhaa, padahal makin kecil berarti makin bagus! Kayak anak sekolah saja, rangking 1 lebih bagus dari pada  10.

Untuk mengetahui Alexa Page rank, tinggal klik  di sini , langsung keluar datanya. Mau tau rank nya blog teman pun bisa. Ketik saja nama blognya dalam kolom, setelah halaman Alexa terbuka!
Saya seringkali mendapatkan blog yang tampilannya baguss, 1 postingan dengan banyak kata, tapi ranknya kecil. Itu karna pemilknya kurang mengekspos halamannya di medsos, atau tak punya komunitas.

Sementara DA, sangat berkaitan dengan kwalitas web/blog kita. Mesin pencari Google akan mudah menemui postingan kita dan mendongkraknya ke peringkat tinggi asal berdasar 3 faktor yaitu, usia web, popularitas dan banyak berhubungan dengan link lain.

Maka perlu tukar menukar link dengan web/blog lain. Bukan cuma Blog walking.
Bagaimana caranya? Harus pasang Banner dulu di halaman depan blog kita! Itu yang akan diajarkan Mbak Shinta dan Mbak Alma di pertemuan berikutnya...




















4 comments:

  1. wah sayang sekali aku gak bisa ikutan ya mbak. semog anext time bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mak! Ada acara nimba ilmu lagi, emak emak belajar motret. Ikutan yaa..:)

      Delete
  2. seruuu..seneng banget akhirnya bisa ketemu mba muthia dan teman2 emak blogger Bogor, sayangnya ngga bisa ikutan yang bikin banner..huhu semoga nanti bisa kopdar lagi ya mbaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga Happy bisa lihat langsung yang namanya Mak Dewi. Rejeki banget! selama ini cuma menatap tulisannya doang... Semoga bisa ikutan lagi ya mak...:)

      Delete