Friday, 13 November 2015

Resep Dan Manfaat Si Manis Kolang Kaling


Dok : Pribadi



Di Jakarta dan sekitarnya sudah biasa lihat kolang kaling waktu ramadhan. Dia bisa jadi teman es campur, temannya kolak, atau dia sendirian terendam dalam air syrup, tetap enak!
Syrup tanpa ada yang dikunyah-kunyah rasanya kok kurang komplit!

Tak disangka, si pelengkap yang orang Belanda sebut  Glibbertjes ini mengandung air 93% , protein sebesar 0,69 % dan  karbohidrat 4%, selain itu ada zat besi, potasium, gelatin, Kalsium, Vit A,B,C
Kandungan banyak tentu banyak pula khasiatnya, antara lain;

- Pencegah dan mengobati sakit tulang ( Osteoporosis)
- Memperlancar proses metabolisme yang bikin badan jadi segar
- Gelatinnya menimbulkan rasa kenyang, cocok buat yang diet
- Memperkuat tulang
- Obat radang sendi
- Menyembuhkan sembelit karna seratnya cukup tinggi
- Menghaluskan kulit wajah dari vitamin A dan C nya



Dok: Pribadi




Cukup 1 hari 10 butir, dimakan rutin bagi yang berniat menjadikannya obat, tanpa pemanis dan pewarna. Kalau penikmat seperti saya, boleh laah !
Teman saya banyak beranggapan, tak ada ramadhan tak ada  kolang kaling. Padahal nggak tuh!
Selama masih ada penjual es campur atau es teller, si buah Atep ini pasti ada.

Memang cuma 2 orang yang jual, tapi 1 penjual punya 10 baskom. Duh! sampe pegel deh, pilah pilih yang bagus sambil berdiri.
Paling asik ketemu  penjual kolang kaling yang punya inisiatif, kreatif, seperti di Pasar Bogor.
Sambil tunggu pembeli dia sudah pisahkan kolang kaling berkwalitas. Jadi tanpa pegel dan tanpa berlama-lama kita sudah bisa tenteng bawa pulang.



Manisan kolang kaling bikinnya mudah dan pasti pas buat hidangan tamu di musim panas. Karna stok saya banyak di kulkas dan sudah dalam kemasan, jadi siap bawa untuk menjenguk yang sakit, atau bikin suprise buat tetangga atau teman yang sedang puasa senin kamis.

Seperti  teman saya ini! Saking senangnya dapat kejutan jelang magrib, dia kirimkan foto ini. Hehe...  kolang kaling yang beda rasa itu  dia campur jadi satu. Kayak apa rasanya ya?





RESEP MANISAN KOLANG KALING PRAKTIS


Bahan :

-  1  Kg Kolang Kaling
-   225  mg syrup rasa buah apa saja.

Cara Membuat:

- Pilih kolang kaling yang baik. Tidak tipis, berukuran sedang dan sama besar, empuk, warna putih susu lebih baik dari pada yang bening, tak ada titik putih, terendam dalam air yang masih bening ( Tak berlendir)

- Kolang kaling dicuci bersih lalu rendam dalam air cucian beras selama 2 jam supaya kolang kaling  kenyal dan tidak berlendir. Orang Betawi punya cara lain , yaitu mencuci kolang kaling bersamaan dengan daun bambu.

-  Masak Air hingga mendidih lalu masukkan kolang kaling. Sesekali saja diaduk. Bila sudah mendidih diangkat.

-  Setelah kolang kaling disaring dan didiamkan hingga hilang panasnya, masukkan syrup lalu aduk rata. Beri air es secukupnya saja, tak melebihi permukaan kolang kaling. Lalu masukkan dalam kulkas.

- Kira kira 2 hari, baru warna dan rasa sirup menyerap. Makin lama didiamkan makin enak.1 bulan pun masih bagus. Tapi kolang kaling akan menipis bila terlalu lama. Karna ia mengandung air juga,bukan?

- Jika terlalu manis, atau lebih suka kolang kaling yang berkuah, maka bisa ditambahkan air es sebelum kita makan.


RESEP MANISAN KOLANG KALING ORIGINAL

Caranya sama dengan yang di atas. Cuma kolang kaling asli seperti orang-orang tua jaman dulu bikin ini memakai bahan yang lebih alami dan murah.

Bahan :

- 1 kg Kolang Kaling
- 125 gram gula pasir
- 1/2 sdt pewarna
- 1/2 butir biji pala
- 1 ruas ibu jari Kayu Manis
- 4 lembar daun pandan

(Tanpa biji pala dan kayu manis pun tidak apa-apa, jika berniat memberi esens buah)

Cara Membuat:

- Setelah di cuci, kolang kaling dimasak 1/2 matang, sekedar hilangkan bau dan sisa air rendaman saat di pasar.

- Setelah ditiriskan, masak kembali bersama rempah-rempah dan daun pandan hingga mendidih

- Angkat, diamkan hingga hilang panas, lalu masukkan dalam lemari es.





*SELAMAT MENCOBA!



























14 comments:

  1. Di Bogor namanya, Caruluk...eta namina Belanda keren bingit ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Caruluk! Unik yaa.... apalagi kalo disebut berulang-ulang :)

      Delete
  2. Mantep mak resepnya, wajib dicoba nih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mbak Titis! Senang kalau bisa bermanfaat...:)

      Delete
  3. baru tahu manfaatnyaa, biasanya cuma tinggal selurup dan makan, kenyaang hahahaha
    yakk suka banget sama warnanyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...kalau tinggak makan pasti enak dong :) Btw ini aman karna bukan dengan pewarna tekstil yang di jual murah di pasaran.

      Delete
  4. Suka banget kolang-kaling. Tapi udah jarang bikin. Seringnya beli jadi. Tar mau bikin ah pake resep ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mencoba,Mbak Nia... Mudah sekali caranya, pokoknya nggak repot deh!

      Delete
  5. Klo ingat kolang-kaling berasa pas bulan Ramadhan, ibu saya biasanya buat kolak pisang kolang-kaling.
    Tapi kolang-kalingnya tak berwarna alias putih.

    nah klo liat yg di foto itu kok berasa seger aja ya? Warna-warni euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Arinta, Ini di rendam dalam gula dan bumbu, atau bisa juga di rendam dalam syrup..

      Delete
  6. kabarnya bisa juga untuk mengobati penyempitan saraf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat Mbak Fida! Karna mengandung gelatinnya tadi..

      Delete
  7. makasih sharenya mbak..saya suka kolang kaleng

    ReplyDelete
  8. Aku suka makan kolang kaling di luar ramadhan. Setahu saya memang bisa untuk obat nyeri sendi

    ReplyDelete