Saturday, 23 April 2016

Banyak Hafal Lagu, Tapi...


Lagu apa yang paling anda cinta dan hafal?
Kalau lagu pop jadul, saya cinta berat dengan nada dan syair lagu "Melodi Air Hujan"
Penyanyinya Broery dan Christin Hakim. ** Yaah...ketebak deh!
Nggak gitu sik! Saya hafal lagu itu sejak masih kecil. Korban selera Ortu.

Kalau mau susun daftar, paling nggak, kita hafal seratus lagu. Lagu daerah, anak-anak,dewasa, Barat, Pop Indonesia Dangdut dll.
Saat santai, sedih,gembira, ada kejadian yang pas, sering bermunculan patahan syairnya.
Dengar musik intro yang mirip-mirip langsung nyambung ke memory simpanan, menebak, dan benar!

Bahkan kalau ada lawan bicara mengucapkan kalimat yang sama, langsung teringat utuh lirik  lagu, dan niat  akan putar dan nikmati lagu itu.

Hal yang sama pada hafalan quran.
Jika menelusuri firman Allah tak semua hati sama reaksinya. Tapi saya berani memastikan pasti ada 1 surat yang punya keindahan tersendiri di hati anda.

Di awal awal, saya jatuh cinta dengan surah Arrahman. Karna ngeri! Allah menceritakan langit berwarna merah mawar saking panasnya jelang qiyamat. Lalu Allah menghibur dengan warna kehijauan dalam syurga, lambang sejuk segar, indah, bikin ademmm..
Selain itu, ada yang misterius. Kenapa Allah mengulang ayat sampai 31 kali?

Ketertarikan membawa semangat menghafal. Kebetulan saya hamil anak ke dua waktu itu.
Orang bilang bagus! Supaya anaknya cinta Quran, dan terbebas dari pikun, kelak.
 Ok... Tapi saya benar benar karna cinta surah itu.

Berangkat dari ayat kecintaan, akan Allah tawarkan lagi surah selanjutnya pada anda.
Seperti guru yang puas melihat murid mengerjakan semua soal dengan benar. lalu dengan cinta dan bangga ia mencoba lagi muridnya dengan soal lain.

Cling!! Potongan ayat akan muncul saat anda milihat  masalah atau kejadian.
 Air mata meleleh bersumber dari air hati begitu dengar imam sholat  membacakan ayat itu dengan suara parau , bergetar. Apalagi kalau ia berhenti, menunggu isaknya usai!
lalu bayangkan itulah sholat terakhir anda. Ahhh....Hati makin terseok seok rasanya!

Entah dari menara mesjid mana, sayup sayup terdengar ayat itu, hati refleks menyambung.
Tapi terputus di tengah, begitu sadar anda ada di kamar mandi.

Jadi mencobalah menghafal meski ayat pendek. Bukan menghafal karna ada kepentingan.
Nanti Allah cuma kasih sebatas kepentingan, tak lebih!
Menghafal dengan berharap, semoga ayat ayat itu yang menemani kita saat sakarat.

Perlu malu pada Allah...
Masak sih, Nebak lagu bisa, menghayati lagu bisa, menghadiahkan orang dengan  lagu bisa, nangis karna lagu bisa. Setelah itu tak berbekas. Lenyap dikegersangan!

Hayuuu, dicoba!
Saudara saya bilang, dari dulu bacaan sholatnya Cool In The Gank melulu *Nama group Jazz
Maksudnya Surah Ihlas, Annas, dan Falaq.
Nah, kenapa nggak dicoba dengan ayat pendek juga? Kapan lagi? Perlu dialami, bagaimana bantuan Allah datang saat menghafal.
Dan Insya Allah nyaman, kalau tercatat mati saat hafalan belum usai.










2 comments:

  1. Bener nih, kudu sering dilakukan mba, kalau sudah hafal terus nggak dipake suka ilang.
    Makasih udah diingatkan mba
    Blognya makin keren euy, ada pideonyah

    ReplyDelete
  2. Terimakasih juga mbak, atas hadirnya :)
    Hehe..Pidionya sudah lama mbak, karna mudah. Infografis yang kudu belajar :)

    ReplyDelete