Monday, 22 August 2016

Resep Apple Pie Yang Simple



Sudah berbulan buku resep kue Serba Pie, hilang.
Tanya sana-sini tetep nggak ada yang merasa pinjam. Gitulah, kalau nggak  mencatat buku yang keluar. lebih lebih lagi, saya sering lupa (Males sebenernya) bubuhkan nama dan sign di halaman cover.

Bisa sih, cari di toko buku atau browsing, tapi resepnya beda takaran dan terlalu banyak pilihan.
Banyak jenis kue pie, memang. Ada yang pakai tambahan susu, minyak olive, susu cair, dan telur.
Saya tetap inginkan resep Apple Pie klasik. Selain berbahan  sederhana, takaran pas, kulit pie masih renyah meski disimpan dalam kulkas. Ini ciri pie yang bagus dan anak anak menyukai rasanya.

Yang membedakan pie klasik ala emak emak eropa dengan pie kekinian, bahan dasar pie klasik diberi  shortening atau mentega putih, agar pie lembut renyah.

Setelah dipikir pikir...
Fanatis pada sesuatu itu nggak baik, ya kan? Kadang ilmu baru muncul dari sesuatu yang kita hindari.
Jadi saya coba resep Pie modern dengan tambahan telur. Dan karna saya baik hati, senang berbagi *Uhuk! Saya tampilkan di sini deh!
Bahannya sederhana,kok!


Bahan Kulit

250  Gram Tepung Terigu Segi Tiga
100   Gram Butter, setelah disimpan di kulkas
1      Bungkus vanili bubuk. Bila cair, cukup 1/2 sendok teh
1/2   Sdt garam
2      Butir kuning telur
1/2   Sdm gula halus, kalau senang manis.
2      Sdm air es. Harus dingin banget yaa!

Cara Membuat






-  Setelah terigu dalam wadah, masukkan Butter yang sudah dipotong-potong dadu. Menyusul bahan bahan lain, kecuali air es.

-  Aduk dan tekan tekan dengan garpu jika tak punya pisau Pastry

-  Setelah adonan keliatan kering dan berbiji, masukkan air es.Tekan dan aduk lagi.

-  Bila adonan keliatan sudah halus, tumpahkan semua di atas plastik wrap, lalu bungkus, satukan/genggam dengan kuat hingga kelihatan bulat padat. Kenapa demikian? Sebab bila adonan kena tangan, pie bisa jadi keras dan mudah hancur.

-  Potong adonan, bagi dua. Sebagian agak besar untuk pie bagian bawah.
Sisanya untuk penutup pie.

-  Diamkan dalam kulkas sampai 30 menit.



Selama menunggu, kita membuat isian Pie.

Bahan Isi

4       Buah Apel Malang, kadang saya pakai 2 Apel Granny Smith
5       Sdm Palm Sugar
2       Sdm  Tepung Tapioka yang sudah diaduk dengan air secukupnya.
1/2    Sdt  bubuk kayu manis
1/2    Sdt  Pala bubuk
1/2    bagian jeruk lemon yang sudah diperas.

Cara Membuat






-  Buang biji apel, dikupas, lalu iris-iris tipis (Sesuai selera)

-  Masukkan dalam panci, aduk  semua bahan (Kecuali Tapioka) dengan air secukupnya, pokoknya asal terendam irisan apelnya.

-  Bila apel kelihatan sudah setengah  empuk, siram dengan tapioka cair. Aduk perlahan sampai kental. Angkat lalu sisihkan.




-  Keluarkan adonan Pie dari kulkas. Kalau cukup empuk, pipihkan selebar loyang atau pirex yang sudah dilapisi mentega.

- Letakkan lembar pie menutupi loyang, tusuk tusuk permukaannya dengan garpu agar panas oven mudah tembus.

- Tuangkan isi Pie, ratakan.

-  Sisa adonan pie kedua di pipihkan dan potong panjang. Kita mudah membentuknya jadi  anyaman bila adonan masih dingin.

-  Tutup adonan, lalu kwas permukaan anyaman dengan kuning telur. Lalu panggang dalam oven dengan api sedang.

- Bila sudah setengah matang, keluarkan sebentar untuk diolesi mentega. Supaya Pie tak pucat warnanya. Panggang kembali hinga matang.

Selamat mencoba! Simple,kan?



Add caption
-











10 comments:

  1. aw pas liatnya belun sarapan. jadi laperr...

    ReplyDelete
  2. keceeee maakk, kayak yg di masterhef australia,
    duuhhh jd pgn bikiiinnnn,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, ini mah masih belajar. Ke rumah Mbak, klo mau dibikinin :)

      Delete
  3. aduh itu.. saus pai nya.. bingin ngiler.. slurp..

    ReplyDelete
  4. Hehe... Sausnya memang lumayan, Mbak. Selain manis sedang, ada aroma gula palm dan kayu manis.

    ReplyDelete
  5. maaak aduh pingin bikin ini kok ga kelakon kelako. itu lama manggangnya berapa menit mak? taunya udah mateng dalemnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuu... Semangat mencoba,Mbak Alvina! :) Manggangnya kira-kira setengah jam kalau pakai oven biasa. Tandanya mateng kalau adonan terigu bagian atas atau bagian samping sdh berubah jadi berwarna kuning kecoklatan. Terimakasih atas hadirnya .

      Delete
  6. Wah enak banget keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak arni, sudah hadir di sini...

      Delete