Wednesday, 23 November 2016

Teman Sarapan





Gara gara baca artikel perjalanan karirnya Panglima RI Jendral  Gatot Nurmantyo, yang namanya terinspirasi dari pahlawan Gatot Subroto itu , saya ketemu dengan komentar mantan Kepala Angkatan Perang RI Letnan Jenderal TB Simatupang, di bukunya yang berjudul "Report From Banaran : Experiences During People's War

"Saya tidak tahu mengapa, pimpinan militer banyak dari Banyumas dan Kedu. Seperti Sungkono, Sadikin, Bambang Sugeng, Gatot Subroto, dan tentu tak boleh dilupakan, Pak Urip"

Lantas dia bilang, "Pada masa itu muncul pembicaraan bahwa dialek Banyumas memang terdengar lebih militan dibanding dengan dialek masyarakat jawa lainnya.

"Saya kerap bercanda, menganggap orang orang itu (Para pemimpin militer  asal Banyumas) sebagai "Prussian of Java"

Kebetulan Pak Gatot Nurmantyo berasal dari Banyumasan bagian Utara.
Wah! Jadi penasaran dengan sejarah Prussia yang mempangaruhi Eropa di abad 16 hingga 19, dan apa hubungannya dengan para jendral kita?
Jadi browsing deh! Dan nggak lupa mencatatnya.

Saat sarapan pagi adalah saat paling enak mencatat informasi, istilah baru, dan ilmu apa saja. Buku kecil di meja makan selalu menemani saya sarapan.
Otak masih segar, sesegar sisa embun di luar.
Lagi pula suasana sepi. Pak suami dan anak-anak lapernya jam 10an.



Tentang Prussia

Wilayah Prussia sekarang, ada di antara wilayah Rusia dan Polandia,
Dahulu dia negara terkuat di Eropa. Berhasil menguasai Jerman negri asal nenek moyangnya (Arya Jerman), Polandia, spanyol, Prancis. Selisia, Bavaria, Frankfurt, Nurenburg dan  Austria. Hingga  Austria memberinya julukan "Negara Perampas"

Tentara Prussia terkenal kuat dan pemberani. Darah nenek moyangnya suku Barbaarian dan Suku Vandalis yang tinggal di tepian sungai Rhein - Jerman mengalir dalam tubuh mereka.

Unik juga alur ceritanya. Peranakan Jerman yang mengembara, balik memerangi Jerman, tapi ahirnya menyatukan negri pecahan Jerman sampai jadi Jerman besar.

Jumlah tentara sedikit, tapi punya tehnologi senjata terbaru saat itu, bernama Dreyse Needle Gun.
Memiliki keunggulan, pendek, mudah disimpan, nyaman dipakai ketika sembunyi atau tiarap, tapi memiliki jarak tembak jauh.


Suku Baarbarian.


Istilah "Orang Prussia" sering digunakan terutama di luar Jerman, untuk  menguatkan kesan dari profesionalisme, militerisme, dan konservatisme.

Raja pertama Prussia,Frederic The Great I. Saking hebatnya orang Prussia sampai-sampai  suksesor kemerdekaan Amerika atas Inggris pun dari imigran Prussia.

Yang bisa menyaingi Prussia hanya Rusia dan Turki Usmani.
Ketiganya kelak gagal, namun Prussia bisa dibilang sirna! Tersobek bagian negara itu ke negara tetangga (Polandia dan Sovyet) sejak Hitler berkuasa dan ingin mendirikan negara kesatuan Jerman, tahun 1941.

Asik  baca tentang Prussia ini. Sejarahnya nyambung ke penaklukan negeri-negeri Eropa oleh tentara muslim dari bani Utsmani hingga koalisi eropa yang menyerang Jerussalem dalam perang Salib.

Ada yang tragis dalam perang itu. Pasukan Eropa yang menjalankan serangan darat menderita panas dan kehausan. Mujur, di tengah gurun mereka dapati Oase.
Panglima perang amat gembira,  langsung turun berlari menuju air. Sampai ia lupa beratnya baju besi. Panglima mati dalam air.

Begitu ceritanya...
Teh manis saya dengan roti panggang yang rada-rada angus enak ini tinggal sedikit. Habisin dulu ah!
Kamu punya teman sarapan juga,kan?




















2 comments:

  1. teman sarapanku banyak mak :) depan laptop itu wajib hahaha

    ReplyDelete
  2. kalo aku temen sarapannya nongton tipi hihihi

    ReplyDelete