Saturday, 25 March 2017

Belajar Quilt Gratis Bersama Brother Dan Kriya Indonesia

Foto Su Rima.


Menjahit itu membosankan dan melelahkan! Dengar saja monoton suara mesinnya, lihat wajah ibu saya seminggu sebelum lebaran.
Saya temani ibu begadang sambil menggunting limbah bahan menjadi baju boneka kertas, persis di dekat kakinya.

Waktu tingkat SMP saya mulai kenal pola dasar menjahit. Bikin baju bayi bisa sukses karna simple dan demi nilai raport. Tapi begitu dapat PR  bikin kemeja, nyerah! Pasang kerah baju ternyata njelimet, akhirnya ibu yang menyelesaikan.

Hingga berumah tangga saya cuma bisa  jahit kruistik, sulam, crochet, sulam pita dan smock.
Cinta pada Quilt harus dipendam karna berurusan dengan masin jahit. Jenis kriya yang seperti kain tambalan itu selalu mengingatkan suasana alami desa Eropa dengan rumah sederhana bercerobong asap di antara barisan pinus segar. Dapurnya berbau roti, dengan segelas susu perahan sendiri di tas meja. Horden, taplak meja hingga perlengkapan kamar tidur, semuanya dari kain perca berjahit.


Hari sabtu tanggal  4 Maret 2017, gaung Quilt yang selama ini bisu memanggil manggil mesra. Kriya Indonesia bekerja sama dengan Brother mengadakan workshop kursus  gratis di Musium Tekstil Jakarta. Pendaman cinta telah pecah. Puncak-puncaknya saat  menyentuh mesin jahit modern bersuara halus itu. Sungguh rancangan cermat yang sangat membantu pengguna.
Kapan lagi mau mencoba? Semua bahan dan perlengkapan sudah tersedia. Cuma bawa diri doang!
Iyess! Berangkat dengan penuh suka cita karna sempat ditolak saat mendaftar pertama

Makan Pecel Dulu

Aih, ketemu lagi dengan si Mbok penjual pecel gendong. Beliau senang diajak ngobrol. Salut deh! Dagangannya selalu dibutuhkan  setiap event musium musium Jakarta.
Selesai santap pecelnya yang maknyus rasa ndeso itu, kami sholat di mushola bangunan tua. Sementara 20 mesin jahit sudah bersih, menunggu di beranda.

Proses Quilt.

Kalau mau mengasah sifat sabar, teliti, hati hati, dan rasa seni, belajar jahit quilt!
Bagaimana tidak sabar ? Sebelum menjahit, kita harus padu padankan dulu warna dan motif. Bila model yang diinginkan  sudah terbentuk, pertahankan  dengan menyemat jarum pentul pada lajur yang akan dijahit agar tak bergeser.



Potongan segi tiga ini sebetulnya bisa ditata dengan bermacam posisi. Maklum masih basic banget, jadi new comers mau tidak mau membuat  sama bentuk. Model baling baling.
Strika bagian depan hinga jahitan tidak ada lagi yang menggelembung. Tahap akhir gabung dengan kain bagian  belakang.


Foto Su Rima.

Foto Su Rima.

Kesalahan pasti ada, saya terlalu mepet meletakkan jarum pentul penahan, salah posisikan benang dan strika puring kurang merata.
Secara umum, pekerjaan ini sangat mudah karna ditunjang  mesin jahit canggih Brother GS 2500 yang punya banyak kelebihan.

Jam 1 lewat saya mulai berkeringat. Lihat beberapa teman sudah rampung sementara saya masih strika pelapis sarung bantal  setengah jadi. Untung saja mereka ibu ibu yang sudah akrab dengan mesin jahit, jadi saya tak perlu minder. Tetap dengan hati-hati menyelesaikan dan... Jreeengng!! Sempurna terjahit.

Alhamdulillah terima koment positif. Buat ukuran pemula hasilnya termasuk rapih.
Tahu kah? Saat membalik bahan usai jahitan akhir adalah puncak kenikmatan menjahit. Saya puas sampai membuka lagi berkali kali sarung bantal yang sudah terlipat dan siap masuk tas. Pantas, almarhum ibu rela begadang menjahit dibanding beli jadi. Pagi hari ibu bahagia lihat anak anak gembira mendapati  baju baru bergantungan di dinding.

Kelebihan Mesin Jahit Brother

1. Punya Banyak Jenis Jahitan
Kalau diperhatikan variasi  jahitan tiap  baju tak selalu sama. Ada jahitan lurus dan bergelombang untuk mempercantik tampilan. Mesin jahit ini punya 25 variasi.

2. Sistem 4 Lubang Kancing
Hanya dengan mengganti sepatu jarum maka kita bisa pasang kancing sesuai keinginan.

3. Pemasangan Sepatu Yang Mudah
Saya baru tahu kalau sepatu jarum bisa berbeda fungsi. Untuk pemasangan resleting, lubang kancing dan lain lain. Cara melepas dan mengganti dirancang mudah, tinggal  menekan bagian atas sepatu. Pokoknya tanpa obeng!

4. Hemat Listrik
Waktu melihat 20 mesin jahit berjejer dengan stop kontaknya masing masing, saya jadi berfikir, berapa biaya listrik yang harus panitia bayar ke Musium Tekstil? Apalagi belajar gratis ini sampai 2 session.
Jawaban panitia sangat menyenangkan, ternyata mesin cuma butuh 51 watt saja. Aman ... Kita bisa begadang tuntaskan jahitan.

5.  Pengaturan Jahitan
Ada 6 baris gigi bisa diatur sesuai tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit. Demikian juga panjang pendeknya jarak jahitan hingga 4,00 cm.

6.  Built In Free Arm
Kalau membuat tali bentuk silindris pada mesn jahit lama, kita harus hati-hati dan konsisten menahan kain agar tidak melenceng. Di mesin canggih ini, kain bisa berjalan sendiri.

7.  Pisau Pemotong Benang
Dekat sepatu jarum ada semacam pengait menghadap ke atas. Gunanya untuk memotong benang. Jika jahitan sudah sampai batas ahir, benang akan putus tanpa repot repot ambil gunting.

Dan yang paling menyenangkan buat saya, mesin ini berlampu dan bisa dengan cepat memasukkan benang ke lubang jarum. Cocok untuk ibu-ibu berkaca mata plus seperti saya.

Foto Su Rima.

Kembali ke Quilting, ia adalah seni menggabung kain perca. Letak kecantikannya ada pada kepandaian dan cita rasa pembuatnya dalam memilih pattern, warna, kain, dan pengelompokkan motif kain.

Textilezy.com kaya akan koleksi motif, kita tinggal pilih dan pesan online. Mau bahan apa? Golden Rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble  Crepe, Titanium Saten? Kunjungi saja webnya.
Jangan hawatir soal harga. Toko kain online pertama kali yang ada  di Jakarta ini punya harga kompetitif dan bahan berkwalitas.

Mesin jahit canggih plus bahan mudah didapat bikin saya kepincut. Menjahit kegiatan yang menyenangkan, ternyata.
Suara mesin , bau kain, berhadapan dengan gunting dan jarum pentul, seperti bermain kembali dekat kaki ibu. Ah, jadi kangen!

Saya berharap memiliki benda ini suatu saat. Untuk berkarya dan jadi jalan amal.
Wah, asiknya ... Kalau bisa memberdayakan ibu ibu dhuafa dengan quilt!
Terimakasih Brother GS 2500 dan Kriya Indonesia.


Image result for quilt kitchen bread


Image result for kitchen and quilt




































4 comments:

  1. langsung praktek di rumah ya mbak. AKu diajari dong mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap ...Buat Mbak Lidya dan siapa saja. Asal mau ke Bogor yaa..:)

      Delete
  2. Hingga berumah tangga saya cuma bisa jahit kruistik, sulam, crochet, sulam pita dan smock.
    Cuma? cuma mak? :D
    Hiks hiks, saya jahit aja belum pernah nyoba :(

    ReplyDelete
  3. Kenapa cuma? Sebab jahitan handy craft itu puluhan,Mbak. Bicara 1 jenis saja, akan ditemui banyak ragam dari beberapa negara. Tehnik, media, warna, akan beda. Ada croche Turki, Italia, Jepang, Arab, dll. Indonesia kaya akan kerajinan Sulam . Tiap daerah punya ciri dan benang masing-masing. Yang saya bisa itu hanya basic...sic..!

    ReplyDelete