Saturday, 27 May 2017

Ramadhan Praktis



Foto Su Rima.


Saya kapok dengan janji jelang ramadhan tahun lalu. Tekad untuk menggunakan waktu sebaik mungkin demi ibadah yang berkwalitas, menguap jadi hayalan.
Begitu ramadhan tiba saya sibuk berkutat di dapur pada jam-jam 4 sore hingga magrib. Padahal itu saat-saat mahal, semua doa bisa terijabah.

Ramadhan hadir kembali, akan kah janji cuma jadi catatan kaki? Tidak boleh!
Alhamdulillah, di event Philips tanggal 15 Mei 2017, saya dapat satu jalan yang bisa meraih beberapa keuntungan. Pakar gizi Rita Ramayulis  menerangkan bagaimana menyediakan asupan yang baik selama berpuasa.


Foto Su Rima.

Ternyata menu buka puasa dan sahur selama ini menghabiskan waktu pembuatannya cuma memenuhi selera mata alias "Lapar Mata". Hidangan kurang memenuhi syarat gizi, asal kenyang asal senang, besoknya badan lemas.
Pendapat lama orang-orang tua zaman dulu yang saya yakin  bisa menanggulangi rasa haus nyatanya tidak berpengaruh.

Memang ya, segala sesuatu harus diiringi dengan ilmu. Saya membaginya dalam 2 hal yang harus diketahui. Bagaimana keadaan tubuh saat berpuasa dan bagaimana menyiapkan makanan sehat tanpa kehilangan waktu beribadah.

Prinsipnya berpuasa itu memberikan kesempatan kita untuk hidup sehat. Organ tubuh beristirahat dari kerja kerasnya selama 11 bulan. Detoksifikasi  atau pembuangan zat racun dalam tubuh pun akan terjadi  secara alami. Akibatnya di awal awal puasa biasanya badan jadi lemas, pusing, sulit konsentrasi,ada juga keluhan kadar gula darah.

Siapa yang tidak mau tetap bugar saat puasa?
Rahasianya ada pada makanan apa yang dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur. Makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air serta serat sesuai dengan kalori masing-masing. Hindari makanan kalori tinggi, mengapa? Sebab akan menyebabkan dehidrasi dan seterusnya mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi.

Tidak usah payah payah menyiapkan makanan. Pepaya, semangka, dan pisang bisa menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh. Esok hari kita tidak terlalu kehausan. Selain itu gula darah akan stabil.
Makan buah-buahan ini jelang tidur atau sesudah sahur.


Gorengan paling asik dimakan saat berbuka, apalagi kalau minumnya teh manis hangat suam-suam kuku! Risoles, bakwan, pisang goreng, bisa ketemu di satu meja. Tapi ketahuilah, makanan nikmat itu harus melalui proses panjang sebelum sampai ke pencernaan. Enzim mulut, usus, empedu dan hati akan bekerja keras mengolahnya. Padahal jatah badan kita hanya cukup kira-kira  5 jempol minyak satu hari.

Yuk, kita ciptakan menu cepat saji yang memenuhi syarat sehat, dan sesuai sunnah (Thoyyiban).
Misalnya menyediakan buah-buahan yang manisnya mampu jadi pengganti gula.
Hindari gorengan yang berlebihan. Kurangi makanan bersantan, apalagi makanan yang berkali kali dipanaskan.


Event Philips yang penyambutannya selalu aduhai baik soal tempat, makanan, dan kesigapan panitianya ini, mengadakan demo memasak praktis juga.
Produk alat rumah tangga Philip  yang selalu berinovasi sering bikin ibu-ibu penasaran . Lihat saja  Philips Air Fryer, Fuzzy Logic, Dan Philips Blendder. Semuanya memudahkan ibu-ibu dalam menyiapkan makana sahur dan berbuka.


Foto Su Rima.
Foto Su Rima.
Foto Su Rima.
Add caption


Jangan sedih dilarang makan menu gorengan! Philps air fryer yang saya taksir ini memasak tanpa minyak. Saya dan teman mempraktekkannya langsung di meja per kelompok.
Kami masak Bola-Bola Ayam Sayur. Sama sekali tak beda rasa dengan yang digoreng menggunakan minyak. Aman, tidak perlu diremas dengan tisu sebelum dilahap.

Produk Philips disainnya apik dan langsing. Hasil tehnologi eklusif  hingga mudah digunakan. Seperti blender yang kami coba juga untuk membuat energizer Juice. Paduan beberapa buah seperti Melon, Mangga Manalagi, perasan Jeruk Pontianak, dan es batu. Si segar yang siap membentuk energi untuk esok hari.


Foto Su Rima.


Bapak Yongki Saputra sebagai Head Of Personal Health Philips Indonesia Sentosa Healthy menjelaskan bagaimana usaha Philips memudahkan pekerjaan ibu-ibu. Apalagi ibu-ibu yang sibuk dalam karirnya.


Ah, senangnya...  Bisa beribadah dengan tenang dan banyak waktu. Benar-benar ramadhan praktis!

















38 comments:

  1. Aku bisen juga janji manis selama ini....krn yang manis manis membuat saya semakin manis kesamping.lebar...hahaha

    ReplyDelete
  2. aku juga naksir air fryernya, mba oti. pengen bisa bikin makanan sehat dan praktis di rumah

    ReplyDelete
  3. Hindari gorengan dan teh manis, tp kl goreng pk air fryer blh...Ok kita beli air fryer dulu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Bener banget! Biar abis makan nggak merasa bersalah sama body :)

      Delete
  4. Nah penting nih. Buka puasa tanpa gorengan mana enak. Untung ada airfryer ya, aman deh makan gorengan

    ReplyDelete
  5. Demen banget kalo bedug dhuhur ngeliat makanan buat puasa. Syndrome lapar mata euy. Btw, baru tau kl air fryer-nya bs dipake buat masak tanpa minyak *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ayya, kita sama sama mupeng dulu yaa..

      Delete
  6. Air fryernya keren banget blendernya juga. Philips keren top.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blendernya agak berat mbak, jadi nggak ada getar samsek saat digunakan.

      Delete
  7. Naksir sama peralatan philips, awet soalnya. Btw saya nih mbak yg gak bisa ngerem menu gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... Gigi 3 kalau ibarat mobil mah!

      Delete
  8. Mungkin salah satu bentuk syukur adalah pilih makanan sehat, agar tubuh juga sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah diingatkan,Mbak , *Noted

      Delete
  9. Aku jg suka gorengan nih. Kalau pakai air Fryer Philips jadi lebih aman ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aman banget insya Allah, cuma kalau saya nggak boleh sering-sering juga. Listriknya itu lhooo...hehe

      Delete
  10. Biasanya kan menggoreng tanpa minyak itu ngga krispi ya. Tapi sepertinya pakai Air Fryer hasilnya tetap krispi ya.

    ReplyDelete
  11. Air fryer iya mendukung pola hidup sehat ya, jadi gak perlu banyak konsumsi minyak goreng 😊

    ReplyDelete
  12. Philips emang top kalo menyuguhkan produk utk mempermudah memasak, naksir deh sama air fryernya, di rumah kalo gak ada gorengan berasa ada yg kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah peralatan dapur saya yang jadul2 itu bermerk Philips, jadi nggak ragu lagi.

      Delete
  13. Philips semakin berinovasi ya. Bahkan sekarang udh ada airfryer. Thumbs up buat philips

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita tunggu kejutan lainnya dari dia yaa..

      Delete
  14. Kemarin dikasih tau harganya gak mbak philips air fryer. Tertarik banget. Spy bisa makan gorengan gak khawatir kolesterol naik.

    ReplyDelete
  15. Huwaaa mau bgt nih air fryer nya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoain deh, bakal punya, insya Allah :)

      Delete
  16. Pengen banget punya alat-alat masak Philips. :)

    ReplyDelete
  17. Peralatan masak elektronikku Philips semua tapi belum punya deep fryernya. Silakan buat yg mau menyumbangkan deep fryernya ke aku heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...Saya juga mau, hayuu silahkan!

      Delete
  18. Makin canggih aja alat masak. COcok buat mama yg sok sibuk kayak akyuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak terlalu sibuk, tapi bandel, pengen juga! :)

      Delete
  19. saya ngincer air fryer sama hand blendernya, tp sampe skrg blom kesampean :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapan kan doa juga ya,Mbak. Percaya deh! Mari sama sama pasang harap :)

      Delete