Senin, 18 November 2019

Allah Selalu Mengganti


Pikir-pikir, singkat benar kebersamaan dengan anak-anak. Lepas Sekolah Menengah mereka sudah punya keinginan sendiri demi masa depan dambaan. Kesibukan beruntun, banyak yang harus dipenuhi bikin orang tua lupa kala itulah jatuhnya  masa-masa kebersamaan secara utuh berakhir.
Berasa-berasanya pas beresin tempat tidur mereka di hari pertama kost... Kenapa sprei rumah ada di tempat asing gini?

Apalagi waktu meninggalkan anak di Asrama Pesantren. Meski luar biasa bahagia karna ada salah satu anak memilih jalan agama, tapi tetap saja sedih meninggalkan dia di tempat paling jauh dengan waktu tidur yang sedikit, sementara apa apa harus antri.
Perjalanan pulang di Bis ngerembeng air mata sambil menatap jendela Bis.

Sekarang setelah 2 berumah tangga makin jarang lagi bertemu. Jangan berharap lebih, yang penting mereka sehat dan baik baik saja rumah tangganya.
Rumah besar jadi lengang. Lihat kamar kosong paling nggak asik meski tetap rapih bersih. Kenapa dulu cerewet ya kalau liat kamar mereka berantakan?

Alhamdulillaaahh..
Allah masih izinkan anak no 3 masih bersama. Jadi pengobat sepi. Nikmat rasanya masih ada yg salaman rutin setiap dia mau berangkat ke kajian. Tetap ada kangennya juga sih, kalau dia  bermalam di gunung atau pantai dengan teman2 pecinta alamnya .

Allah pasti mengganti sesuatu jika ada yang berkurang. Hari kehari berdatangan terus ilmu baru, perasan baru, pengalaman baru.
Makin jelas pembuktian firman Allah yang intinya...

"Dulu kamu sendiri, kemudian  berpasangan dan Allah jadikan beranak pinak, lalu akan kembali sendiri sebelum dihimpun"

Kelak kita akan kembali sendiri meninggalkan yang ramai. Kepergian tak pernah sia-sia karna pasti Allah ganti dengan hikmah/nasehat  buat anak keturunan.
Anjuran berumah tangga sampai2 Rasul bilang bukan ummatku bila menolak untuk menikah.
Bisa jadi karna hasil dari berumah tangga akan jadi jalan atau alat yang Allah gunakan untuk "Mengganti" bila kita sirna. Doa-doa mereka jadi kendaraan terindah bagi orang tua dalam meraih ridhoNya.


Hiburan Allah selalu hadir. Ahlak anak yang cinta agama, cinta Allah dan RasulNya adalah anak yang Qurrota A'yun. Cahaya mata bagi kedua orang tuanya. Amiin ya Rabb.








2 komentar:

  1. Alhamdulillaaahh mbak, masih ada anak no 3 masih menemani. Masih merasakan ada yang menyalami saat mau kepengajian.. Semoga dua anak yang lain dan cucu sering main ke rumah ya mbak, biar gak sendirian terus. Aku juga membayangkan masa tua nanti yang akan kembali 'sendiri" lagi...

    BalasHapus
  2. Amiin ya Rabb. Terimakasih doanya,Mbak. Kita saling doa ya, semoga ada sesuatu yang membuat kita bahagia di masa "sendiri" nanti.

    BalasHapus