Minggu, 04 September 2022

Dapat Nasihat Hari Ini

 Jangan pernah percaya bahwa kamu sudah tua. Jasadmu hanyalah wadah. Tempat diletakkan ruhmu, sedangkan ruh tak kan pernah renta dan tua.


Ruh itu, wahai saudaraku
Berasal dari alam yang berbeda. Tak serupa sedikit pun dengan alam kita.
Tadi ada yg mengetahuinya kecuali Allah swt.

Jangan sekali kali wahai saudara muslimku, kamu membatasi ruhmu hanya di lingkungan jasadmu!
Berkelilinglah di alam optimis dan harapan. Yakinlah pada Allah di setiap langkah yg kamu tempuh

Bahagiakan semua orang
Tebarkan cinta, tanamlah kebaikan di mana saja.
Istirahatnya seorang mukmin hanya ketika bertemu dengan TuhanNya.

Saudara2 yang mulia..
Banyak di antara kita yg keliru memahami ungkapan ini...

Kematian bukanlah syarat pertemuan dengan tuhanmu!
Sholat itu adalah pertemuan dengan Allah.
Munajat itu adalah pertemuan
Zikir itu juga pertemuan
Bertafakur itu juga pertenuan
Sedekah adalah pertemuan
Mrmbaca quran adalah pertemuan
Berbakti kepada kedua orang tua adalah pertemuan.

Menjalin silaturrahmi adalah pertemuan
Berjihad di jalan Allah adalah pertemuan
Berkasih sayang kepada orang lain adalah pertemuan

Ilmu adalah pertemuan
Beradab kepada orang lain adalah pertemuan
Qiyamullail adalah pertemuan
Menjenguk orang sakit adalah pertemuan

Melapangkan kesulitan orang2 muslim adalah pertemuan

Tahukah kamu wahai saudara2ku seiman,
Berapa banyak kesempatan untuk bertemu dengan Allah?

Dan Maha Benar Allah
Yang Maha Agung
Yang berfirman...

" Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya, maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan.
Janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu apa pun dalam beribadah kepada Tuhannya ( QS Al Kahfi : 110)

Sabtu, 06 Agustus 2022

Bentuk Amal Tak Sama


Di TPU Kober Rawa Bunga saya menunggu rombongan pengantar jenazah datang.
Sesekali 4 Odong2 beruntun melintas di aspal pemisah 2 lahan makam. Speaker lagu anak2 itu terlalu keras bersaing.
Jadi di sini ada 2 suara sebenarnya. Suara keriaan dan suara ghaib menggetarkan dalam tanah. Sekitar makam penghuni pemukiman padat tengah sibuk jalankan peran di bumi.

Dari depan kantor pengurus makam kelihatan gundukan tanah merah siap terima jasad hamba Allah. Tadi malam ia hembuskan nafas ahir di atas motornya saat menunggu lampu hijau menyala.
Sekian mata pengguna jalan melihat proses kematian, meluncur darah dari hidung dan mulut.

Keluarga tentu kaget terima telepon dari nomor yang dikenal tapi yang bicara petugas kepolisian.
Adik bungsu ternyata lebih dulu berpulang. Adik yang sejak pernikahannya sering menyusahkan.
Kalau datang pasti mau pinjam uang! Untuk modal usaha lah, uang sekolah lah, Paling sering pake alasan buat berobat. Badan seger buger kok berobat?
Orang2 punya usaha jatuh bangun. Kalau dia...jatuh dan jatuh lagi. Hidup kok kerjanya nyusahin anak bini terus, merepotkan saudara terus?


Yang bikin naik pitam, ibu bapak mereka pun jadi sasaran. Anak yang paling kaya sampai berkeputusan jatah orang tua dikasih seperlunya, sisa ditahan. Kalau tidak... pasti mengalir ke lain tempat.

Tapi dasar hati orang tua . Setua apa pun umur anak, di matanya tidak ada yang berubah.
Wajah mereka masih sama ketika dalam buaian. Sebobrok apa pun anak tetap dikangeni. Selalu berusaha membagi sayang dengan rata. Kebahagiaannya jika anak2 akur, bisa saling membantu. Maka teriris hati lihat salah satu anak yang paling susah datangi rumah anak yang makmur sambil tahan malu dan sedih.

Tidak heran jika makin lama makin lihai mereka sembunyikan jatah harian atau rejeki kagetan di beberapa tempat, menunggu si bungsu datang. Ngobrol bisik2 sambil curahkan sayang sembunyi2. Terserah anak berbohong atau ngarang cerita! Pokoknya dia pulang tangan tidak kosong. Kalau lama tak muncul mereka resah, apa dia masih punya beras?

Dalam keadaan sakit pun masih memikirkan. Tahan sedih tanpa kunjungan 1 anak yang pasti malu karna tak bisa bantu apa2 . Selamatkan diri dari tatapan sumbang saudara.


Berita duka selepas Isya itu mengagetkan semua kakak. Entah kenapa tiba2 kebencian dan kekesalan bertahun lenyap! Fitrah titipan ilahi karna 1 rahim, 1 tempat asal, 1 darah yang sama, mendadak muncul. Kemana pergi kelembutan cinta yang harusnya ada?

Semua ingin menerima jenazah tapi Allah seolah mau bilang.
"Selama ini kalian tidak menerimanya bukan? Kuambil nafas ahirnya tanpa kalian 1 pun yang hadir.
Tiap rumah Kubuat ada yang sakit hingga tak memungkinkan menerima orang banyak.
Dan benar...Keputusan ahir kifayah disemayamkan di rumah kosong milik kerabat. Sangat dirahasiakan hawatir sang ibu yang baru selesai rawat inap karna serangan jantung akan shock.

Aneh, keadaan jenazah bikin pelayat takjub. Wajanya bersih bersinar tenang dengan senyum paling indah yang tak pernah terlihat.

Jam 11 jenazah turun ke lahat. Isak tangis mengandung 2 makna. Tangis kehilangan dan sesal. Sebab laporan hasil visum menyatakan penyebab kematian hingga mengeluarkan banyak darah itu bukan karna benturan tapi karna satu organ tubuh pecah. Penyakit menahun!

Sakit betul nasehat dari Allah. Bentuk amal seseorang tidak 1 warna dan terlaksana bukan atas maunya hamba.
Kalimat laa haulaa walaa quwwata illa billah bisa berlaku pada hal ibadah.
Allah pilih bentuk amal almarhum dengan kemiskinan dan penyakit menahun yang ia rahasiakan. Boleh jadi Allah angkat derajat seseorang lewat kesabaran dia menahan hati dan lidah saat diremehkan. Atau dari tangis pedih rahasianya.
Pahala sabar memang tak terbatas..

Tiket masuk syurga bukan cuma dari amalan wajib atau sunnah. Allah terlalu kaya dengan model ibadah. 

Selasa, 26 Juli 2022

Dia Adalah Petir


Bukan sahabat dekat sebenarnya. Muhammad Ali kenal host beragama Yahudi itu di salah satu wawancara TV. Lalu pernah olah raga lari bareng lewati salah satu taman.

Mereka kaget lihat larangan di sana "Yahudi Dilarang Masuk" 

Dengan gaya khas menghiburnya Muhammad Ali bilang : "Tenang saja, saya muslim!" Dan sejak saat itu Muhammad Ali tak pernah lewat di jalan yang sama hingga wafatnya.

Billy Crystal tak pernah melupakan kesan pertama yang amat berarti. Ia ungkapkan lagi peristiwa tersebut dia sisi peti jenazah sahabat hatinya.

Sedikit saja perbuatan dan kata sejuk bakal jadi tunas kebaikan dan kenangan kekal untuk banyak orang. 

Kata tanpa perbuatan bertunas keburukan yang menikam diri sendiri. Penyesalan panjang.

Muhammad Ali bukan ulama. Tinju pun sebenarnya diharamkan. Namun logika tak akan mampu menerka bagaimana cara Allah menyebar hikmah.  Kita tahu setelah  kesan indah tertinggal.  

Berikut  tulisan host tenar itu mewakili banyak hati rakyat US.

Dia Adalah Petir.

( Billy Crystal)

Dia adalah petir yang luar biasa, diciptakan oleh alam secara misterius. Sebuah kombinasi fantasis dari kekuatan dan kelembutan /keindahan.
Kita semua pernah lihat foto dari petir. Sangat kuat dan elegan.
Dan saat petir terjadi seluruh area di sekitarnya menjadi terang benderang. Sehingga kita dapat melihat segalanya dengan jelas.

Muhammad Ali menyambar di saat Amerika mengalami masa kegelapan.
Di tengan badai yang sangat mengancam.

Kekuatannya menjungkal musuh terkuat, dan cahayanya menerangi Amerika.
Sehingga kita dapat melihat dengan jelas ketidak adilan, ketidaksamaan derajat, kemiskinan, kesombongan, realisasi diri, keberanian, tawa, cinta,kegembiraan, dan kebebasan agama untuk semua.

Ali memaksa kita untuk melihat diri kita sendiri. Pemuda kurangajar yang menyenangkan, membikin marah, bingung, serta menantang kita semua pada ahirnya jadi pengantar pesan perdamaian dalam hening.

Yang mengajarkan bahwa hidup adalah tentang membangun hubungan antara sesama, bukan tembok penghalang.

Hanya sekali kita dalam setahun mampu mendengar Mozart, atau melihat Picasso, membaca Shakes Peare. Ali adalah salah satu dari mereka.

Namun di dlm hati ia masih seorang bocah dari Louisville, yang berlarian dengan para dewa dan berjalan bersama dengan org2 lumpuh dan tersenyum akan ketololan itu semua.
Dia telah pergi namun tak pernah mati.
Dia adalah kakak besarku.







Sabtu, 04 Juni 2022

Sebuah Pesan

 



Ni lukisan maknanya apa?

Kok dominan hitam dan warna emas doang.

Ceritain doong!


Adik no 4 itu cuma ketawa. Entah malas menerangkan atau ingin jadi rahasianya sendiri?

Oooh .. coba saya pikir2 dulu! Kata saya sok tahu.

Ini hitam bermakna sunyi...diam.. Emas lambang harta.

Mungkin mau kasih pesan buat suaminya adek bontot kita.


"Diam itu emas, jadi..kalau istri minta emas, diemin aja!"


Potongan canda kecil yang sesekali muncul sejak sama sama begadang  temani bapak.


Sakit bapak yang menyatukan anak anak hingga yang jauh.  5 anak perempuan tidur di sekeliling  bapak. Masing2 dg doanya.  Yang sama  adalah minta bapak diberi husnul khatimah. Bila saatnya datang hati kami dikuatkan, mulut terjaga dari kata sesal yang akan menggugurkan keihlasan.


Bada  zuhur ketentuan Allah sampai. Tangan kami terlalu kecil dan lemah untuk menahan kehendak pemilik nyawa dan waktu. Suara pengumuman di masjid menyatu dengan kericik air bersihkan badan bapak,  suara seretan kursi dan bisik2 mengatur apa yang harus dilakukan sebelum tamu datang.


Kata seorang nenek..." Jangan sesali gelas pecah karna segala sesuatu ada umurnya" 


Rasanya baru kemarin satu2 anak datang lihat bapak masih duduk anteng buka lembar  peta2 bumi, menghafal lambang negara dengan warna benderanya.

Setelah itu Allah satukan untuk dipisah kembali.


Di koridor Bandara hening dingin adik bungsu berjalan sendiri . Gundah sudah tentu sebab kembali sendiri genggam kedukaan. 

Gulungan lukisan dalam selonsong akan dibingkai sesampainya di Paris..

Lukisan kenangan dari kakak yang sarat pesan.


Bagi saya bermakna..

Kematian adalah ghaib (Hitam)

Kusudahan hamba rahasia Ilahi.

Kesedihan, kehilangan, akan selalu ada. 

Tapi, jadikanlah harta hikmah.

Kembali pada ilahi dengan  hati emas.


Si bungsu memahaminya..

Black and gold..

Kedukaan akan melahirkan sesuatu yang berharga.


Sementara menurut pelukisnya..


" Seperti perjalanan Ami yang jauuuuh di sana. Meski berat insya Allah dari sana akan tumbuh pohon pohon emas. Aamiin"

Kamis, 02 Juni 2022

Ketakutan Di Medsos

 Ada pihak  yang menyebarkan ketakutan di mana mana. Tujuannya agar kita...

Khawatir.
Tergesa gesa , was was,
Lalu pekerjaan syaithon itu pun beranak pinak menjadi ..
Suuzon pada Allah
Mengutuk zaman
Bersandar pada akal dan mahluk

Jika berhasil dia sombong.
Jika gagal putus asa


SOLUSI :
Sabar
Ilmu
Musyawarah
Tawakkal.

Cara fikir..
Tidak sabar apa manfaatnya?
Bisakah mengatasi masalah?
Bisakah mengubah keadaan?

Suuzon muncul? Ingat saja
Jika betul tak menambah pahala
Jika salah berdosa.

Ah, bahagia betul mereka yang hatinya dapat hiburan dari Allah swt.
"Laa takhaf wa laa tahzaan"

*Menasehati diri.

Kamis, 12 Mei 2022

ILMU DARI RISKA

 Ni gara gara RISKA saya jadi kecemplung di tempat2 tidak terduga.

Di pinggir bukit sampah lah saya dan dhany ngajarin bu ibu bikin keset + cempal. Bahkan dia antara pasien sakit jiwa di Rawa Lumbu Bekasi saya kok bisa2nya jalin limbah kain itu sambil dengar curhatan dan guyonan mereka. Hilang rasa takut dan meremehkan.

Model2 ketua Riska dari baru meletak gayanya sama, penuh percaya diri. Bang Ical..Bang Molla. Ini yang menular ganas.

Lagi bangga2nya saya bisa panggil Dr.Sarlito psikolog kondang saat itu, langsung ditebas kebanggaan saya sampe jadi ampas oleh Bang Ical dg 1 kata.
Kalau kata Abu nama singkatnya Paimo ( Faisal Motik).

"Ngapppaaiin manggil pembicara orang ngantuk!!"

Iiihhh...Bang Ical, keterlaluan! Tapi emang iye sih!😁

Jadiii...Mulai saat itu saya jadi biasa biasa saja hadapi orang tenar.
Datang ke rumah Kak Seto nggak malu malu lagi. Sebelum acara seminar dimulai bisa ngobrol sama bintang film Tuti Indra Malaon. Dan... mahluk2 penting di Radio Prambors yang sebelumnya cuma lihat di majalah Gadis, ternyata mereka biasa biasa saja. Mereka juga butuh kita.

Bahkan berani2nya naik Bajay ke rumah Mbak Tutut di Jl.Cendana . Temen temen jail pake tanya, "Mau ke mana? Cing Ato yee??

Pernah sih rada deg2an, justru sama orang masjid sendiri. Pak Kosasih ketua MASK yang kalo lewat depan sekretariat nggak pernah nengok apalagi senyum!
Liat beliau dari jauh muncul, gagal deh minta air dispenser seberang meja Pak Hamid yang baik hati itu.

Saya ke rumahnya terpaksa karna nggak ada teman lagi yang bisa diminta tolong. Surat izin ke Kapolsek untuk mengadakan acara harus pakai tandatangannya.

Bekas menteri era Soekarno itu rumahnya adem di pengkolan Jl.Mangun Sarkoro, banyak tanaman full sampe dinding. Di suruh tunggu lamaaa banget, tapi sabar aja. Mungkin lagi istirahat... Sarapan..atau lagi telepon urusan penting?

Tiba2
"Sini, kata bapak masuk saja! Kata seorang ibu"

Nggak taunya beliau dari setadi main kreta2an! Tu kreta pake remot keliling susuri kolam ikan sampee ke dinding2 ruangan terbuka.
Hadeehhh😂😂

Selasa, 10 Mei 2022

SAAT ULAMA MENJAWAB



Saya suka klik speed video ke angka 1.5 atau  lebih kecepatannya kalau dengar jawaban ulama yang bicaranya lamaaa betul.

Kan dia faqih, kalau dokter tu spesialisnya. Kenapa kesannya ragu-ragu amat sih?

Ternyata itu lah taufiq. Sering dengar  istilahnya di penutup doa/ceramah sebelum salam.
Taufiq adalah KETEPATAN dalam bicara, mengambil keputusan, memberi jawaban, dll.

Alat ukur kedalaman dan keberkahan ilmu seseorang adalah semakin takut dia pada Allah swt. Bukan makin berilmu makin banyak menilai orang, atau seperti karateka ban putih yang bawaannya mau cari lawan terus. Sementara yang ban hitam malah tenang merahasiakan ilmu.

Syaikh Fauzan meski sudah jadi ulama besar tetap berdoa tiap hari mohon diberi taufiq. Beliau bilang..

"Orang yang berdoa minta rahmat perlu taufiq. Begitu juga minta hidayah..perlu taufiq:

Taufiq adalah KETEPATAN. Jika apa2 tepat maka jauh dari penyesalan.

Ulama menjawab di atas taufiq.
Bagi mereka...
Jangan fikir keselamatan orang yang bertanya di depannya!
Tapi keselamatan diri sendiri di depan Allah nanti.

** Definisinya.
Taufiq adalah kemudahan dan bimbingan Allah yang memudahkan seseorang untuk melaksanakan petunjuk Allah.

Wallahu a"lam.

Sabtu, 30 April 2022

Tak Usah Kecewa


Kenapa Allah izinkan mahluk pendusta dan adu domba hadir di hadapan kita ?

Kenapa Allah biarkan mulut bebas bicara sebelum Yaumu laa yanthiquun (Hari mulut terkunci?)

Penyebabnya adalah..
Doa kita sendiri!
"Allahumma Nawir Qalbi binuuri haidayatika abadan abadaa. Birahmatika yaa Arhamrrahimiin"

(Ya Allah ..Terangilah hati kami dengan petunjukMu sebagaimana Engkau telah menerangi bumi ini dengan cahaya matahariMu, selamanya dengan rahmatMu, wahai zat yang Maha Pengasih)

Sebagai pencipta hati ,
Jauhar , maha tepat pilihannya
Ia turunkanlah sample ini
Tercium busuknya
Meski dibungkus dg kelembutan

Sampel pahit tapi penambah kedekatan pada Maha Pencipta baik dan buruk.

Tumbuhlah akar yakin sekaligus alarm

Dusta itu biang bau yg memunculkan varian2 baru. Fitnah, gibah, suuzon, pertikaian, penyesalan dll
Allah perkenalkan agar kita jijik tak mau tiru.
 Tak usah kecewa!
Kehadirannya adalah pembuktian kebenaran Quran.

Terjawab
Kenapa ada kalimat "Fabiayyi 'alaai robbikumaa tukazziban"
Padahal Allah sedang menerangkan tentang sifat buruk jinni wal insi (Jin dan manusia).

Bahkan dalam penciptaan iblis pun ada ni'mat bagi mata yg jeli.

Wallahu a'lam

Jumat, 29 April 2022

Allah Tak Pernah Mengambil



Ada 1 keluarga yang pedih ditinggal ibunya. Baru terasa nasehat2 agama almh ibunya banyak yg blm diamalkan. Mau membuatnya senang dlm hal ibadah sdh terlambat.


Waktu duka  itu datang di bulan ramadhan.S alah satu anak beri usul menghibur diri bersama di rumah Allah.

Jadilah hari itu hari pertama merasakan nikmatnya itikaf sekeluarga sampai bocah2 pun ikut blajar itikaf. Pengalaman berubah jadi kegiatan rutin yg dinanti nanti.


Tahun2 berikutnya sang Ayah wafat.



Proses wafat  dikelilingi anak cucu menumbuhkan tanya besar tentang   "Sakratul Maut".  Perkara besar perjalanan hidup manusia.


Allah mengganti lagi dengan hikmah. Sangat takut bila masa kematian itu menjemput.  Ilmu persiapan kematian jadi perhatian khusus keluarga tsb.


Sepertinya Allah tak pernah "Mengambil"

Selasa, 22 Maret 2022

HATI SESAK

 


Kami kakak adik sempat beradu ego waktu merawat bapak. Yang 3 orang ingin bapak rawat rumah sesuai saran dokter IGD. Karna hasil cek darah ok semua. Cov Omicron bisa isolasi mandiri, sembelit sudah teratasi, masalah syaraf paska jatuh harus ke ahlinya

Yang 2 orang ingin ihtiar maksimal, kekurangan dana nanti diusahakan. Pokoknya bapak harus ditangani ahli,  dibawa ke RS PON jalani pemeriksaan detil. Ya Allah...Dibawa ambulance lagih??

Perjalanan dengan ambulance ke RS pertama saja sudah bikin bapak susah. Bukan cuma guncangan dan antri berjam di parkiran, tapi tempat tidur tak selebar ukuran badan bapak. Beliau sabar luar biasa dan 3 orang ini tdk akan tega bapak dibawa lagi dg ambulance.

Saya lihat sakit bapak beda dengan sebelumnya maka begitu adik bungsu di Paris minta saran, tegas saya bilang.."Harus Pulang!" 

Andai bapak masuk RS pasti di ruang covid sambil tunggu pemeriksaan syaraf entah sampai kapan? Membiarkan orang tua 98 th itu sendirian? Justru buang waktu yg Allah tawarkan. Setelah negativ cov kan kita bisa banyak dekat, hibur, sambil mencoba muroja'ah hafalan bapak. Banyak jalur ihtiar insya Allah.

Cukup panas lah pembicaraan via ponsel jelang magrib itu. Sementara bapak sudah mulai menolak makanan. Minum cuma sedkit. Hati perlahan mulai tidak enak. Wajah bapak mulai beda.

Allah sudah banyak kasih kesempatan bersama dg anak2nya yang  mulai  beruban. Baiknya ihtiar semampunya dan gunakan kesempatan emas.

"Yuk, kita sholat mutlak. Mudah..cuma 2 rakaat di sembarang waktu. Minta petunjuk Allah"  Tiba2 suara ajakan adek no 4.

Bertiga berderet kami sholat masing2. Baru saja beri salam ke kanan ponsel saya berbunyi. Dari seberang suara Bu dokter Lutfi sahabat setia

" Tadi waktu saya habis ngaji, kok tiba2 ingat oty, bagaimana  kabar bapak?"

Ya Allah..Kenapa tdk terpikir? Biasanya selalu konsul dengan dia setiap ada musibah sakit. 

Mengalir lancar bu dokter terangkan resiko2 yang akan bapak alami jika terjadi  tindakan a...b..c.. Akan ada alat yang dimasukkan ke dalam mulut bikin sengsara apalagi untuk usia sepuh.

Alhamdulillah...wasyukurillah. Jawaban dan alasan yg mudah bikin pandangan 2 adik saya berubah frontal. Alhamdulillah. Jazkillahu khairr bu dokter shalihah.

Setelah negative hari hari bapak  dikelilingi anak cucu. Bergantian suapi dan kasih minum bapak. Kalau malam Si 4 putri tidur di sekeliling bapak. Yg 2 suka nekad 1 tempat tidur. Saya ngalah pada si bungsu dari negeri jauh jarang ketemu bapak.

Satu hari dalam kesadaran yang cuma sebentar bapak tanya..

"Siapa yang akan bimbing saya?"

"Siapa yang akan talkin saya?"

Bayangkan jika ucapan itu menguap di ruang ICU! Kami dadah2 cuma 1x habis itu tdk pernah ketemu lagi kecuali dengan peti putih?

Saat bapak sakit itulah  sholat mutlaq pertama saya. Solusi dari Allah yang puluhan tahun saya salah fahami. Firman "Jadikan SHOLAT dan SABAR menjadi penolongmu"  ternyata bukan cuma sholat 5 waktu.

Coba deh ! Rasakan nikmat khusyu sholat mutlaq. Terimakasih ya Allah, telah beri kita tempat bersandar yang Maha Kokoh, menyejukkan dan melapangkan hati.

Alhamdulillah. Wallahu a'lam.